007. Mobil Listrik Sebagai Solusi Untuk Polusi Udara

Penulis : Alif Indra Setiawan
Tema : Air

==========================================================================================================================================================

Salah satu masalah lingkungan yang kerap dipermasalahkan oleh masyarakat adalah polusi udara. Menurut penelitian yang dilakukan oleh WHO, polusi udara membunuh 7 juta orang per tahun secara global pada tahun 2012. Peningkatan polusi udara ini disebabkan oleh peningkatan jumlah kendaraan darat yang sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan. Polusi itupun tidak lepas dari perkembangan industri yang semakin pesat karena terdorong oleh jumlah permintaan akan pemuas kebutuhan oleh masyarakat. Maka tak heran jika masyarakat saat ini sudah terganggu kenyamanannya oleh polusi udara.

Di Indonesia sendiri, masalah polusi tidak bisa dihiraukan begitu saja, ribuan kendaraan bermotor tiap hari menghasilkan polusi udara. Salah satu negara dengan intensitas polusi yang cukup rendah adalah Belanda. Meskipun Belanda seperti kebanyakan negara lain yang menjadi korban polusi industri dan emisi kendaraan, tapi tidak sebesar Cina. Baru-baru ini, pemerintah Belanda menandatangani MoU dengan Cina untuk membantu mereka dalam memperoleh udara yang lebih bersih. Di Belanda sendiri, kebijakan mengenai lingkungan sangat diperhatikan.

Salah satu program yang akan membantu Belanda dalam menjaga kualitas udara adalah mobil listrik. Mobil listrik ini merupakan mobil yang bergerak dengan menggunakan tenaga listrik. Diharapkan program ini akan membantu dalam mengurangi polusi udara akibat kendaran berbahan bakar minyak. Program ini dimulai pada tahun 2011, pada saat yang sama, survei yang dilakukan oleh ECN (Energy research Centre of the Netherlands) mengatakan bahwa keinginan masyarakat akan kendaraan bertenaga listrik sejalan dengan keinginan akan tempat pengisian bahan bakarnya. Pada tahun 2014 penggunaan taksi bertenaga listrik meningkat pesat di Amsterdam. Melihat peningkatan penggunaan kendaraan bertenaga listrik ini, sudah pasti diperlukan pembangkit listrik yang cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat. Wilayah Belanda yang banyak dilalui oleh angin sangat sesuai dengan penggunaan turbin angin sebagai pembangkit listrik. Pada tahun 2014 terjadi peningkatan produksi listrik 8% dari tahun 2013 oleh turbin angin. Keadaan ini akan mendukung dalam pembuatan tempat pengisian bahan bakar untuk kendaraan berbahan bakar listrik dan mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Pada saat ini penggunaan kendaraan bertenaga listrik mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun 2013. Penggunaan kendaraan bertenaga listrik dan turbin angin sebagai pembangkit listrik ini dianggap mampu dalam mengurangi polusi udara yang ada. Program mobil listrik ini direspon positif oleh Eric Wiebes, Dewan kota bidang lalu lintas, transportasi, dan kualitas udara. Menurutnya, program ini sangat cocok untuk meningkatkan kualitas udara di Amsterdam (dutchdailynews.com, 2011).

Sumber :
www.dutchdailynews.com, tags : Electric

http://www.iamsterdam.com/en/media-centre/city-hall/press-releases/2015-press-room/electric-transport-in-amsterdam-continues-to-increase

http://www.dutchdailynews.com/wind-power-most-important-source-of-renewable-energy-in-the-netherlands/

http://www.dutchdailynews.com/dutch-economy-greener-but-not-in-all-aspects/

www.government.nl/news/2015/03/24/the-netherlands-helping-china-to-achieve-cleaner-air.html

http://www.who.int/gho/phe/en/

http://www.airqualitynow.eu/comparing_year_average.php

http://www.greencarreports.com/news/1085469_holland-to-have-worlds-largest-electric-car-fast-charging-network