009. Keajaiban Munculnya Daratan Atlantis di Belanda

Penulis : ERNY AGISTIYAR PRIYATNI
Tema : Earth

==========================================================================================================================================================

Mitos tentang Peradaban Atlantis yang hilang masih misterius sampai saat ini. Plato seorang filsafat dan ahli matematika Yunani kuno yang pertama kali menulis Atlantis pada tahun 360 SM. Lewat bukunya Timeous dan Critias, menjelaskan tentang keberadaan Atlantis dan bagaimana bangsa Atlantis yang super dapat hidup dengan kemajuan peradabannya pada masa itu. Selain itu Plato juga menceritakan dalam bukunya, bahwa bangsa Atlantis yang maju membangun kehidupannya menggunakan empat elemen kehidupan. Elemen-elemen tersebut yaitu air, api, angin, dan tanah. Awal mula kehancuran benua Atlantis adalah Ilmuan yang berasal dari Barat Atlantis dikalahkan oleh kekuasaan dan keserahakan pribadi mengendalikan 4 unsur pokok di dalam kehidupan.

image001

Dengan memaksimalkan kemampuan mereka dan membuat keseimbangan alam tidak lagi stabil bangsa Atlantis kemudian hancur akibat melanggar hukum alam. Belajar dari kemusnahan peradaban Atlantis yang dikemukakan oleh Plato filsuf Yunani kuno, telah mengingatkan kita agar tekhnologi yang dibuat jangan sampai menganggu ekosistem bumi dan merusak keseimbangan alam. Dan manusia yang merupakan khalifah di bumi menjadi bijak dalam membuat tekhnologi dan mencegah dampak negatif apa yang akan terjadi jika tekhnologi itu diaplikasikan pada kehidupan manusia.

image002

Mungkinkah benua dan peradaban Atlantis yang hilang dapat ditemukan?Jawabanya mungkin saja, bila kita dapat mengumpulkan berbagai bukti ontentik yang dapat mengantarkan kita pada kebenaran yang hakiki. Cara menemukan kebenaran bahwa Atlantis benar adanya dengan melakukan pendekatan dan pembuktikan bahwa manusia pada dasarnya dapat membuat sebuah peradaban. Dengan berpedoman pada hal tersebut kekuatan sesungguhnya pada sebuah peradaban merupakan kemampuan manusia-manusia di dalamnya untuk memaksimalkan pemanfaatan elemen-elemen kehidupan.

Dimasa saat ini perabadan yang dibangun oleh Atlantis bangsa cerdas sama halnya seperti negara kincir angin (Belanda). Dengan kemampuan yang dimiliki, mereka menundukan lautan menjadi daratan. Luas wilayah Belanda saat ini sebesar 41.526 km2, wilayah dibawah permukaan lautnya sebesar 24%. Coastral Contruction Project yang mereka namakan untuk membendung air laut menjadi sebuah daratan. Bendungan dibuat untuk menambah luas daratan negara Belanda yang karena letak geografis berada kurang dari satu meter di bawah permukaan laut sebesar 50% tanahnya, 21% populasinya, dan 20% wilayahnya. Merealisasikan mega proyek (Coastral Contruction Project) yang mereka buat mengantarkan mereka pada mimpi besar mempunyai daratan yang luas. Coastral Contruction Project (bendungan) adalah tembok besar yang dibangun untuk menahan laju air yang mengalir. Bendungan pertama dibuat pada tahun 1250-an di sungai Rotte, dengan adanya bendungan tersebut muncul daerah baru yang dinamai kota Rotterdam.

image003

Salah satu syarat yang terpenting diakuinya sebuah negara adalah wilayah (elemen tanah). Oleh karena itu elemen tanah (wilayah) yang berdiri secara independent dan juga memiliki sebuah sistem pemerintahan serta peraturan didefinisikan sebagai negara. Untuk itu elemen tanah (wilayah) menjadi lebih penting dibanding elemen lainnya seperti air, angin dan api. Dengan memunculan daratan dari dasar laut merupakan awal mula peradaban negeri kincir angin dibanggun. Daratan yang mereka munculkan lantas tidak mereka diabaikan begitu saja. Walaupun daratan negara Belanda berada dibawah lautan, mereka menanami dengan bunga-bunga tulip yang cantik sebagai ciri khas negaranya. Dengan jumlah daratan yang bertambah saat ini, pada sektor pertanian yang kurang dari 4% populasinya mampu menghasilkan surplus eksport pada industri makanan. Kemajuan pada teknologi di sektor pertanian itulah yang membantu negeri kincir angin (Belanda) unggul. Peradaban Belanda seperti peradaban Atlantis yang berada di zaman modern saat ini. Negeri kincir angin itu telah mengajarkan kepada kita semua bahwa setiap permasalahan yang kita hadapi pasti akan ada jalan keluarnya.

Selain membuat bendungan, angin merupakan elemen yang juga penting dari sebuah kehidupan sangat bersahabat erat dengan negara Belanda. Sejak abad ke-13 negara Belanda mengembangkan teknologi kincir angin raksasa. Mari kita bahas berbagai manfaat Elemen angin pada peradabaan negeri kincir angin. Alasan elemen angin di pilih, karena tidak mengasilkan gas buang yang berbahaya bagi lingkungan.

image004

Manfaat yang pertama dari angin digunakan dalam proses perrgerakan kincir angin raksasa yang telah membantu mereka untuk mengeringkan lautan menjadi sebuah daratan. Dengan banyaknya kincir angin yang dibuat di negara Belanda, itulah alasan mengapa negara Belanda disebut sebagai negeri kincir angin. Manfaat yang kedua dengan teknologi kincir angin yang dibangun mampu mengubah kekuatan angin menjadi kekuatan mekanik. Proses mekanik yang dihasilkan itu memberikan kemudahaan manusia yang memerlukan tenaga besar seperti memompa air untuk sistem irigasi sawah atau menggiling biji-bijian. Manfaat yang ketiga bergeser dari fungsi awalnya, saat ini kincir angin modern dibuat untuk diubah menjadi energi listrik. Turbin angin (kincir angin modern) penghasil tenaga listrik telah dibangun empat buah di Desa Kinderdijk. Kapasitas listrik yang dihasilkan sebesar satu megawatt (MW). Listrik yang dihasilkan dapat membantu mereka menerangi rumah-rumah dan menghidupkan alat-alat yang menggunakan listrik untuk menghidupkannya.

image005

Manfaat Elemen angin yang terakhir dimanfaatkan juga untuk memanipulasi udara, dengan metode pergerakan turbin angin efektif menggurangi emisi gas buang yaitu CO2 (Carbon Dioksida) di udara. Emisi CO2 (Carbon Dioksida) merupakan penyebab utama rumah kaca atau pemanasan global. Pemanasan global akan membuat es di Kutub Utara mencair, hal tersebut di kemukakan oleh 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk akademi sains nasional dari negara-negara G8 (Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Rusia, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Uni Eropa). Mereka menyimpulkan jika es di Kutub Utara tepatnya di daerah Greenland mencair maka bumi akan tenggelam.

image006

Manfaat ekonomis yang ditimbulkan dengan adanya kincir angin dan bunga tulip yang berada di negara Belanda saat ini juga menjadi salah satu magnet para wisatawan manca negara yang datang kesana. Mereka ingin melihat bunga-bunga tulip yang cantik dan keajaiban elemen angin yang mempermudah kehidupan di negeri kincir angin (Belanda). Banyaknya wisatawan yang datang akan menambah devisa negara (pemasukan negara).

image007

Manusia dengan akalnya akan berusaha membuat tekhnologi yang dapat meringankan pekerjaan dan memaksimalkan kemampuannya. Berdasarkan berbagai tekhnologi yang dibuat negara Belanda, timbul pertanyaan apakah negara Belanda mengadopsi peradaban yang berasal dari benua Atlantis yang hilang atau hanya sebuah kebetulan belaka? Kebetulan itulah yang mengantarkan saya untuk menganalisisnya.

Berbagai data otentik yang dikumpulkan belum cukup untuk menyimpulkan negara Belanda adalah benua Atlantis yang hilang. Hanya saja kemiripan tekhnologi yang dibuat dan kecerdasan Sumber Daya Manusia (SDM) di negeri kincir angin (Belanda), mendekatkan pada peradabaan bangsa Atlantis. Dapat disimpulkan, bangsa yang besar bukan diukur dari seberapa besar Sumber Daya Alam (SDA) dan luas wilayah yang dimiliki, tetapi bagaimana bangsa tersebut mampu memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, memenuhi kebutuhannya sendiri dengan Sumber Daya Alam (SDA) dan wilayah yang minim, mampu membuat tekhnologi untuk memudahkan kehidupan mereka, dan menjadikan kekurangan mereka menjadi sebuah kelebihan.

Daftar Pustaka Sumber dari Internet:
listrikinindonesia.com. “ Pemanfaatan Energi Angin Di Belanda Belum Optimal. ” http//www.listrikinindonesia.com/ Pemanfaatan¬_Energi_ Angin_ Di _Belanda_ Belum_Optimal.123.htm (diakses 27 Maret 2015)

pasarmalam.com.”Profil Negara.”http//www.pasarmalam.indonesia.nl/id/profil_negara.htm (diakses 27 Maret 2015)

wikipedia.org. “Atlantis.”. http//wikipeedia.org/wiki/Atlantis (diakses 27 Maret 2015)

wikipedia.org.”Belanda.”.http//wikipedia.org/wiki/Belanda (diakses 27 Maret 2015)

wikipedia.org.”Bendungan.”http//wikipedia.org/wiki/Bendungan (diakses 27 Maret 2015)