016. Makhluk Besar Bangsa Belanda ; Go Green !!!

Penulis : MUSA
Tema : Air

==========================================================================================================================================================

BBM naik lagi?? Ehmm itulah yang terjadi, hampir semua orang berkerut dahinya….
Yang pasti biaya operasional juga melonjak!!

Apakah HUBUNGAN BBM Naik sama Makhluk Besar yang saya maksud itu?? PENASARANKAN?? simak selengkapnya yah!

Tapi kini tak perlu khawatir bagi anda pengusaha Cargo ataupun yang berurusan dengan pengiriman barang dengan jumlah besar, ataupun bagi siapa saja yang membutuhkan armada besar untuk proses pengiriman barang produksinya?

Kini ada solusinya, mau tahu apakah inspirasinya itu ?? ayo simak info penting ini!! Don’t miss it, yah?!

Saat ini kebutuhan transportasi semakin meningkat. BBM yang ada saat ini persediaannya makin menipis dan makin mahal. Apalagi BBM atau bahan bakar fosil saat ini dianggap kurang ramah lingkungan dan menjadi penyebab utama pemanasan global. Maka dari itu banyak upaya untuk membuat bahan bakar alternatif mulai dari biodisel, tenaga surya sampai mobil listrik. Hal ini pulalah yang melatarbelakangi ide kreatif Belanda membuat Van dengan bahan bakar solar cell.

Makhluk Besar Karya inovatif dari Belanda ini berupa moda transportasi Van yang lebih kecil daripada ukuran truk biasa ditelurkan. Cargohopper, panggilan van unik ini, yang menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah dari truk biasa yang berbahan bakar fosil.

image001

Cargohopper ini dirancang khusus berbahan bakar solar cell. Cargohopper menggabungkan sistem pengiriman pintar dengan teknologi tinggi.

image002

Cargohopper memiliki dua jenis berdasarkan ukuran kendaraan. Yang pertama berukuran 16 meter panjang 1,25 meter yang kereta distribusi yang luas kecil untuk pengiriman paket. Kecepatannya adalah 20 km / jam sampai dengan 75 kilometer.

Kedua Van yang berukuran lebih besar 9 meter yang Unit traktor trailer panjang yang cocok untuk membawa 10 palet dari 20 trollies gudang. Lajunya hingga 50 km / jam dengan jangkauan 100 + kilometer. Kedua kendaraan tersebut memiliki panel surya di atap untuk rentang yang lebih dengan zero emisi.

Jadi, Cargohopper ? bukannya hanya sekedar Van biasa ??
Cargohopper adalah satu kesatuan sistem. Cargohopper bukan tentang hardware. Ini adalah konsep logistik lengkap, dengan memiliki Rantai pasokan lebar yang dioptimalkan dengan menggunakan stasiun pertukaran hanya 300 meter dari pusat kota untuk Cargohopper kecil. Dengan cara ini, itu tetap di pusat kota, kehilangan waktu saat mengemudi dan mundur ke pusat distribusi di luar kota

Van ini beroperasi di wilayah Utrecht di mana waktu batasan operasional kendaraan dibatasi dan rute pengiriman suplai barang spesifik dialokasikan untuk kendaraan-kendaraan pengangkut komoditas yang diperlukan masyarakat. Cargohopper menawarkan banyak manfaat tetapi dengan kapasitas pendistribusian yang lebih luas.

Munculnya Cargohopper bukannya tanpa alasan. Pemerintah Utrecht menghendaki sebuah langkah lebih maju untuk mengurangi kemacetan di jalan-jalan kota dan memperbaiki kualitas air di lingkungan kota tanpa harus menghambat proses pendistribusian suplai barang kebutuhan masyarakat ke seluruh penjuru kota.

image003

Dewan Kota Utrecht bekerjasama dengan perusahaan transportasi Hoek dan setelah kemunculan dan operasional Cargohopper versi pertama (Cargohopper I), sebuah kendaraan listrik bertenaga surya yang mampu menderek material seberat maksimal 3 ton kubik, disepakati untuk memunculkan Cargohopper II.

image005

Cargohopper II berbeda dari pendahulunya. Cargohopper II ini menyebarkan suplai barang dengan membagi-baginya dari sebuah tempat pengumpulan suplai di luar pusat kota Utrecht. Meski terlihat ramping, Grasshopper bertenaga matahari ini dinobatkan sebagai van bertenaga matahari terbesar di Eropa yang mampu mengangkut suplai seberat 2,5 ton.

image006

Grasshopper ini mungkin bisa menjadi ilham bagi pemerintah-pemerintah kota di seluruh dunia yang menginginkan lalu lintas dalam kota yang lebih tertata dan udara yang lebih layak untuk masyarakat yang tinggal di dalamnya.

image008

Kesuksesan dari teknologi ini tidak hanya sampai pada tersedianya sistem pengiriman barang yang komprehensif dengan memperhatikan kondisi lingkungan yang tetap asri, akan tetapi tetap juga memperhatikan tatanan hidup yang lebih baik sesuai dengan visi smart city, selain itu juga sukses mendapatkan penghargaan, antara lain:
1. ✭ WINNER – Malaga: Interactive atlas of solar irradiation of Malaga city 2009
2. The National Award, for Best Sustainable City Distribution 2009

Bangsa Belanda, menggabungkan permasalahan dan kebutuhan dengan inovasi, modernisasi dan orientasi internasional. Meskipun bangsa Belanda telah hidup dalam kemudahan dan kecanggihan teknologi, semuanya berawal dari instropeksi diri berbagai hal dari kekurangan pada diri sesuai menurut perkataan Johan Cruyff, mantan pemain sepakbola Belanda, yaitu :

“Leder nadeel heb z’n voordeel”

“Setiap kekurangan memiliki kelebihannya”

So, karena sering diulang dan memiliki makna yang dalam, perkataan ini telah dianggap peribahasa Belanda. Peribahasa ini mengajarkan bahwa terdapat kelebihan pada setiap kekurangan.

Itulah pemikiran yang patut ditiru dari bangsa Belanda. Jangan pernah takut dengan segala macam kekurangan yang ada pada diri kita. Bahwa sesungguhnya Tuhan telah menciptakan segala sesuatunya dengan sempurna, dibalik kesulitan pasti ada jalan, dibalik kekurangan disitulah kemampuan ataupun ada jalan yang tak disangka. Begitulah Belanda bisa Terus berkarya dan menjadi pelopor di antara bangsa lain, berkarya dengan segala keterbatasan akan tetapi dapat menjadi kekuatan.

Referensi :

http://www.cargohopper.nl/

http://www.eurocities.eu/eurocities/activities/eurocities-awards/awards2009

http://www.civitas-mimosa.eu/main/index.php?option=com_content&view=article&id=183:mimosa-city-news&catid=47:newsletter-april10&Itemid=309