021. Masalah Air ? Belanda Adalah Ahlinya

Penulis : Darrel Muhamad Rosyid
Tema : Water

==========================================================================================================================================================

Air sangat akrab dengan kehidupan, akan tetapi di saat yang sama ada bangsa Belanda juga berjuang menaklukan air layaknya menghalau musuh.Seperti yang dikatakan oleh seorang filosofis dari Perancis Rene Descartes, “God created the world, but the Dutch created Holland”,ia menggambarkan bagaimana orang Belanda mengeringkan daratan yang digenangi air agar dapat menjadi permukiman yang layak didiami.

Belanda menerapkan sistem polder untuk mempertahankan wilayah Belanda dari ancaman banjir dan air pasang. Polder adalah dataran rendah yang membentuk daerah yang dikelilingi oleh tanggul. Pada daerah ini air buangan seperti air kotor danair hujan dikumpulkan di suatu badan air (sungai, kanal) lalu dipompakan ke badan air yang lebih tinggi posisinya, hingga pada akhirnya dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara ke laut. Sistem polder mula-mula dikembangkan Belanda pada abad ke-11 dengan adanya dewan yang bertugas untuk menjaga level ketinggian air dan untuk melindungi daerah dari banjir (waterschappen).

image001

Sistem Polder
Perjuangan belanda dalam menanggulangi banjir tidaklah mudah, karena Belanda merupakan Negara yang penuh dengan inovasi pemerintah Belanda pun membangun proyek yang dinamakan Delta Works yaitu pembangunan infrastruktur polder strategis untuk menguatkan pertahanan terhadap bencana banjir. Secara konsep, Proyek Delta ini akan mengurangi resiko banjir di selatan Belanda. Meskipun Proyek Delta telah selesai tahun 1997, masih ada ancaman kenaikan air laut akibat perubahan iklim yang mendorong Belanda untuk terus-menerus menyempurnakan sistem poldernya. Ini adalah perjuangan berat Belanda dalam menaklukan air.

image002

Delta Works
Dengan ketekunan serta kepiawaian orang-orang Belanda dalam menjalankan proyek polder mereka terbukti berbuah manis. Buktinya, proyek mereka didaulat sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia modern oleh the American Society of Civil Engineers. Sistem polder ini pun akhirnya ikut diterapkan di berbagai negara lain, contohnya di Jepang, Inggris dan Belgia. Selain bermanfaat untuk mengendalikan air sistem polder ini juga memiliki manfaat lain contohnya obyek wisata , pertanian dan perikanan.

Referensi

http://anggunsugiarti.blogspot.com/2012/02/belajar-dari-sistem-polder-negera.html

http://www.academia.edu/9375437/DRAINASE_BELANDA

http://1.bp.blogspot.com/-K3sqazkFnQs/T0zOqMdS8xI/AAAAAAAAADU/etSqRE4iHLI/s1600/Delta+works.jpg

http://1.bp.blogspot.com/-59c1xLx69z0/T0zParQ38_I/AAAAAAAAADc/Esl4J4jDwBE/s400/denah+polder.jpg