025. Tanah Warisan Aeilko Gans Zijker untuk Belanda

Penulis : JANU MUHAMMAD
Tema : Earth

==========================================================================================================================================================

Ada yang pernah kehabisan bensin saat naik sepeda motor ? Atau, ada yang sempat shock karena harga bensin di Indonesia terbilang mahal ? Pasti berefek ke harga-harga yang lain kan ? Ujung-ujungnya ada demonstrasi di jalanan. Coba kita berpikir lebih kreatif seperti Aeilko Gans Zijker, pria kelahiran 31 Mei 1840 di Nieuw beerta, Groningen Belanda yang pernah menetap di Indonesia pada era 80an. Aeilko Gans Zijker adalah pendiri Royal Dutch pada tahun 1890, sebuah perusahaan energi (minyak dan gas) yang saat ini kita kenal dengan Shell. Penasaran dengan penemuannya ?

image001
Gambar 1. Kantor Utama Royal Dutch Shell di Den Haag, Belanda
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Shell_kantoor_Den_Haag.JPG

Pada saat itu Aeilko Gans Zijker melakukan eksplorasi minyak di daerah Sumatera. Pada tahun 1890, Ziljker mengubah “Provisional Sumatra Petroleum Company” miliknya menjadi sesuatu yang lebih substansial, dan pada tanggal 16 Juni 1890, piagam perusahaan Royal Dutch Petroleum Company didirikan di Den Haag. Sejak itulah Royal Dutch Shell plc/Shell Group of Companies ada di Indonesia dalam berbagai aktivitas bisnis.

image003
Gambar 2. Logo Shell Yang Berbentuk Kerang
Sumber: http://www.shell.com/global/aboutshell/who-we-are/our-history/history-of-pecten.html

Berkat penemuannya, pada tahun 1907, Royal Dutch, Belanda (60% saham) bergabung dengan Shell, Inggris (40% saham). Hal ini menyebabkan Royal Dutch menjadi pesaing Standard Oil.
Tahukah kawan-kawan ? Shell kini menjadi perusahaan energi utama di dunia, di samping ada Total, ExxonMobil, dan BP. Shell adalah perusahaan yang terintegrasi secara vertikal dan aktif dalam setiap bidang industri minyak dan gas, termasuk eksplorasi dan produksi juga memiliki kegiatan besar seperti energi terbarukan termasuk di biofuel, hidrogen, tenaga surya dan tenaga angin. Perusahaan ini beroperasi di lebih dari 90 negara yang menghasilkan produksi minyak sekitar 3,1 juta barel perhari dan memiliki 44 ribu stasiun layanan diseluruh dunia. Tahun 2011 saja pendapatan Royal Dutch Shell sebesar 378,152 juta dollar dengan keuntungan 20,127 juta dollar serta memiliki 101.000 karyawan.
Bagi Bangsa Belanda dan dunia, Royal Dutch Shell memegang peran penting untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, terutama untuk keperluan memasak, berkendara, dan aliran listrik. Konsumsi gas alam di Belanda hanya sekitar 2/3 dari produksinya, sedangkan sisanya diekspor. Belanda saat ini menjadi eksportir gas alam terbesar kelima di dunia. Pada tahun 2012 saja, ada sekitar 85 miliar meter kubik yang berhasil diproduksi sedangkan di Indonesia hanya sekitar 82 miliar meter kubik.

Ada yang tahu ? Ladang gas alam terbesar di Belanda dan Eropa bagian barat ternyata ada di Groningen, sebuah provinsi di bagian utara Belanda. Tanah Groningen yang cukup luas ini ternyata dulu adalah tempat kelahiran Aeilko Gans Zijker !

image005
Gambar 3. Natural Gas Field in Groningen
Sumber : https://www.stratfor.com/analysis/netherlands-conditions-are-ripe-protest

Belanda secara bertahap mengganti seluruh kebutuhan bahan bakarnya dengan gas. Hampir setiap rumah tangga menggunakan gas alam, dan lebih dari sepuluh ribu rumah kaca serta sekitar lima ribu perusahaan mempunyai saluran gas alam. Bagi pemerintah Belanda, gas alam adalah sumber pendapatan. Negara mendapatkan keuntungan. Harga gas alam dikaitkan dengan harga minyak, dan jika harga minyak terus naik, maka naik pula pendapatan negara dari gas alam.

Apakah ladang gas alam di Groningen pernah diterjang gempa bumi ? Bahkan sering ! Royal Netherlands Meteorological Institute mencatat, sekitar 1012 gempa telah terjadi di sana sejak tahun 1986 sampai akhir 2013. Yang paling parah adalah pada tanggal 16 Agustus 2012 sebesar 3.6 skala richter yang merusak banyak rumah dan bangunan. Peristiwa itu menjadi pembelajaran berharga bagi Bangsa Belanda, terutama Royal Dutch Shell untuk lebih meningkatkan keselamatan. Pada awal tahun 2014 akhirnya Provinsi Groningen menerima kompensasi sebesar 1,2 miliar Euro.

image007
Gambar 4. Connexxion Bus Berbahan Bakar Gas
Sumber : http://www.nederlandsov.nl/bussen/Connexxion/91

Berkat pengolahan gas alam yang efisien, 16,8 juta populasi penduduk di Belanda menerima manfaatnya dalam kegiatan sehari-hari, untuk aliran listrik, memasak, maupun berkendaraan yang berbahan bakar gas seperti Arriva, Syntus, Connexxion, Breng, DB Regio, NMBS, Veolia dan DB Regionalbahn Westfalen. Kegigihan bangsa Belanda, kerja keras, serta semangatnya dalam terus berinovasi, sekalipun wilayahnya hanya memiliki luas 41.526 km2 ternyata telah member kontribusi besar untuk penyediaan energi di dunia.

Tidak hanya pada natural gas saja, inovasi negeri bunga tulip ini telah kita ketahui dari pemanfaatan panel surya, pengolahan air, kincir angin, bahkan yang baru-baru ini adalah gelombang laut !

Royal Dutch Shell pun kini semakin berkembang dan melebarkan sayapnya di berbagai negara sebagai eksportir minyak dan gas. Ia menjadi tanah warisan berharga Aeilko Gans Zijker untuk Bangsa Belanda dan dunia. Semangat Bangsa Belanda untuk berinovasi, berpikir kreatif dengan memanfaatkan sumber daya tanah, air, udara, dan panas inilah yang perlu untuk kita contoh.

image009
Gambar 5. Belanda yang Menyimpan Sejuta Inovasi
Sumber: http://www.unify.bg/en/2013-09-16-10-07-25.html

Masyarakat Belanda tidak ada waktu untuk mengeluh, bahkan demo di jalanan jika negaranya tertimpa masalah. Mereka berpikir di atas rata-rata, “Apa yang dapat kami kerjakan untuk mengatasinya ?” Mereka pun kemudian melakukan riset dan pemerintah akan memfasilitasinya. Belanda yang sumber daya alamnya terbatas saja mampu, bagaimana dengan Indonesia ?

Mari renungkan quote bijak Frank Westerman ini :
“The Lord has answered our prayers and pointed us to the natural gas under our feet. But first we need to build a harbor with jetties.”

Referensi :

http://migas.esdm.go.id/berita-kemigasan/detail/3489/Sejarah-Penemuan-Minyak-di-Dunia

http://www.shell.co.id/id/aboutshell/shell-businesses/profile.html http://www.indexmundi.com/g/r.aspx?c=nl&v=136

http://en.wikipedia.org/wiki/Royal_Dutch_Shell

http://www.knmi.nl/cms/content/17457/seismologie

http://www.nlog.nl/en/reserves/Groningen.html

http://www.nytimes.com/2015/02/19/business/international/groningen-dutch-gas-field-safety-earthquake.html

http://www.dwarshuis.com/earthquakes-groningen-gas-field/history-groningen-gas/#

http://www.nederlandsov.nl/bussen/Connexxion/91