033. Inovasi Negeri dibawah Permukaan Laut

Penulis : Rahmad
Tema : Water

==========================================================================================================================================================

Belanda adalah sebuah Negara yang mempunyai permukaan rendah, dimana 20% wilayah dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut dengan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Lalu apakah mereka hanya akan menerima semua keadaan begitu saja ? tentu tidak, lewat pemikiran – pemikiran yang kreatif dan inovatif membuat negara ini mampu hidup diantara sisi – sisi air. Bagaimana semua itu bisa terjadi ? kekuatan apa yang membuat belanda mampu bangkit dari sebuah masalah.

image001

https://sofaners.wordpress.com/category/uncategorized/page/3/

Salah satu sistem yang digunakan untuk meminimalisir arus air adalah Sistem Polder. dimana Sistem ini telah ada sejak abad ke 12. Lalu apa itu Sistem Polder ? Polder adalah dataran rendah yang membentuk daerah yang dikelilingi oleh tanggul. Pada daerah ini air buangan seperti air kotor dan air hujan dikumpulkan di suatu badan air (sungai, kanal) lalu dipompakan ke badan air yang lebih tinggi posisinya, hingga pada akhirnya dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara ke laut. Polder juga bisa diartikan sebagai tanah yang direklamasi. Sistem polder banyak diterapkan pada reklamasi laut atau muara sungai, juga pada manajemen air buangan (air kotor dan drainase hujan) di daerah yang lebih rendah dari permukaan laut dan sungai.

Penerapan sistem polder dapat memecahkan masalah banjir perkotaan. Suatu subsistem-subsistem pengelolaan tata air tersebut sangat demokratis dan mandiri sehingga dapat dikembangkan dan dioperasikan oleh dan untuk masyarakat dalam hal pengendalian banjir kawasan permukiman mereka. Unsur terpenting di dalam sistem polder adalah organisasi pengelola, tata kelola sistem berbasis partisipasi masyarakat yang demokratis dan mandiri, serta infrastruktur tata air yang dirancang, dioperasikan dan dipelihara oleh masyarakat. Sedangkan pemerintah hanya bertanggung jawab terhadap pengintegrasian sistem-sistem polder, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan sungai-sungai utama. Hal tersebut merupakan penerapan prinsip pembagian tanggung jawab dan koordinasi dalam good governance.!! That’s Right.

image003
Sistem Polder
(Sumber : Laporan Akhir ” Pengembangan Teknologi Bangunan Air Pengendalian Banjir Perkotaan Menuju Waterfront City”)

image005

Apa saja tipe-tipe polder yang dibangun ???
Ada beberapa tipe polder menurut asalnya, tujuannya, maupun bentuknya, diantaranya :
1. Polder diperoleh dengan cara reklamasi suatu daerah rawa, air payau, dan tanah-tanah basah,
2. Polder yang dilindungi tanggul memanjang searah sungai,
3. Polder akibat pembendungan atau penanggulan pada muara sungai,
4. Polder akibat pengendapan sedimen pada muara,
5. Polder yang terbentuk dari proses land subsidence perlahan-lahan dari muka tanah menjadi tanah rendah di bawah muka air laut rata-rata.

Pompa-pompa yang menggerakan air ini digerakan oleh kincir angin. Maka dari itu Negeri Van Oranje ini mempunyai banyak kincir angin. Menggunakan tenaga angin dalam menggerakan kincir menjadi salah satu solusi juga untuk menghemat energi, terlebih lagi di negara tersebut juga memiliki potensi tenaga angin yang sangat besar. That’s Good Inovation!!!

image007

http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/05/kincir-angin-persembahan-dari-tanah.html

image009

http://www.kanisiusmedia.com/post/detail/262/7-Kali-Gagal-8-Kali-Bangkit

Pepatah ini tidak akan pas buat Negeri Van Oranje karena negara ini tak pernah berhenti berupaya melahirkan inovasi. Perjuangan melawan banjir telah dilakukan Belanda hampir selama satu milenium. Lebih dari seratus bencana banjir pernah menyerang Belanda dalam kurung waktu tersebut. Salah satu bencana banjir yang paling memakan banyak korban adalah yang terjadi pada tahun 1953. korban jiwa akibat banjir ketika itu sangat besar, yakni lebih dari 1800 korban. Puluhan ribu sapi dan ternak tenggelam bahkan ribuan rumah juga lahan pertanian menjadi rusak. Sungguh sebuah bencana yang membuat penduduk Belanda tidak ingin mengalaminya lagi hingga menyebabkan lahirnya “Delta Works”. Inovasi terbaru Pemerintah Belanda membuat Proyek Delta (Delta Works/ Deltawerken), yaitu pembangunan infrastruktur Polder strategis untuk menguatkan pertahanan terhadap bencana banjir. Secara konsep, Proyek Delta untuk melindungi area yang luas di barat daya Belanda dari hempasan air laut di sebelah utara sehingga air yang akan memasuki Belanda menjadi tertahan di bendungan yang dibangun di mulut-mulut sungai.

Delta Works sebagai awal mula lahirnya teknologi pengelolaan air di Belanda yang dikenal sangat hebat. Proyek tersebut merupakan proyek raksasa pembangunan tanggul penahan gelombang laut. Meskipun Proyek Delta telah selesai tahun 1997, masih ada ancaman kenaikan muka air laut akibat perubahan iklim yang mendorong Belanda untuk terus-menerus menyempurnakan sistem Poldernya. Ini adalah perjuangan berat jangka panjang bangsa Belanda dalam menaklukan air.

image011
Sumber: http://www.cityguiderotterdam.com/uploads/pics/deltawerken_01.jpg

Delta Works juga salah satu dari Seven Wonder Word Modern oleh American Society of Civil Engineers , walaupun menghabiskan cukup banyak dana dalam risetnya, terutama dalam hal meriset teknologi dan cara-cara baru dalam menangani permasalahan banjir di masa datang. Bukannya melakukan analisa terhadap bencana banjir yang telah berlalu, Delta Works justru membuat suatu konsep baru dalam penanggulangan banjir, yang dinamakan “Delta Norm”. Secara garis besar, Delta Norm bekerja dengan melakukan identifikasi awal terhadap daerah-daerah yang utama yang harus dilindungi dari banjir menggunakan perhitungan statistika atas besar kerusakan terhadap properti, lost production, juga jumlah korban jiwa. Pembangunan awal bendungan dan tanggul pun kemudian difokuskan di daerah-daerah tersebut. Terbukti, hingga saat ini, proyek rumit yang diselesaikan dalam kurun waktu 50 tahun tersebut, berhasil “mengamankan” Belanda dari bahaya banjir dan membuat sistem pengelolaan air di Belanda menjadi yang terbaik di dunia. Bahkan dapat dikatakan bahwa Delta Works berhasil “menciptakan” Belanda itu sendiri. Ya, Delta Works secara tidak langsung memberikan arahan terhadap tata kota Belanda: kanal-kanal yang indah, jalur air yang sangat berguna bagi transportasi, dan lain sebagainya. Wawww,, It’s amazing right.. “Patut banget di contoh”

image013

http://home.online.nl/ed.vos/belanda-nederland/

image015

http://uniqpost.com/96797/di-belanda-jembatan-gantung-khusus-untuk-pesepeda/

Terkait dengan pencapaian tersebut, dapat dirasakan bahwa semangat membangun dan berinovasi Belanda sangat tinggi. Inovasi adalah instrumen utama dalam pembangunan Belanda menjadi sebuah bangsa yang sejahtera secara ekonomi, kaya akan budaya dan memiliki reputasi tinggi dalam bertoleransi. Ekonomi pengetahuan (knowledge economy) telah menjadi pijakan bagi Belanda melejitkan diri dan mengambil posisi penting dalam percaturan global. Ini adalah ekonomi dimana pengetahuan dan kreativitas menjadi faktor produksi penting, sehingga setiap orang ditantang untuk menggunakan talenta serta mengembangkan diri sebesar mungkin.

image017

http://naranua.blogspot.com/2014/06/kata-kata-mutiara-bijak.html

Ada pepatah Belanda yang mengatakan bahwa “Tuhan menciptakan seluruh muka bumi kecuali Belanda. Karena Belanda diciptakan oleh orang Belanda sendiri”. Memang terkesan angkuh jika kita mengartikan pepatah itu secara lugas. Tapi, jika kita meninjau sejarah negeri van oranje tersebut beratus tahun yang silam, mau tidak mau kepala kita akan mengangguk-angguk tanda setuju. Ya, orang Belanda berhasil “menciptakan” negerinya sendiri melalui teknologi pengelolaan air yang hebat, walaupun kembali motivasi di atas selama kita masih punya tekad yang terpelihara dalam semangat, maka tiada kata terlambat untuk memulai sebuah awal yang baru seperti hal nya belanda terus ber inovasi menciptakan sesuatu yang baru.

image019

https://plus.google.com/communities/107482838235046380943/stream/479571f6-3596-44bc-9945-45c55d0e3c06

Sebuah inovasi teknologi yang dahsyat menjadikan sebuah metode pembelajaran untuk dunia, bagaimana mampu mengatasi masalah yang ada di sekitar dengan mencari solusi disertai sebuah inovasi, Belanda mengajarkan kepada dunia untuk tidak menerima semua rintangan yang ada dengan pasrah tetapi bagaimana memecahkan rintangan itu dengan inovasi dan kreatifitas. Sebuah negeri yang berada dibawah permukaan laut tetapi mampu mempertahankan keindahan di setiap titik – titik arus air. Semoga dengan perkembangan ini membuka mata seluruh dunia, kehidupan bukan hanya sebuah kerja keras tetapi bagaimana sebuah kreatifitas dan inovasi mampu menompang di atas bahu sebuah Negara. Jika kita mampu memperbaiki lebih cepat mengapa kita menunda karena antisipasi lebih baik dengan pemeliharaan disetiap sistem. terima kasih belanda menjadi sebuah Negara yang mampu menjadi Negara inspirasi bagi dunia.

Referensi

https://moniqblueprint.wordpress.com/2012/page/2/

http://anggunsugiarti.blogspot.com/2012/02/belajar-dari-sistem-polder-negera.html

britannica.com, cruquiusmuseum.nl, fao.org, tribunnews.com, tempo.co / iamexpat.nl, beauty-places.com

http://ecoyouthtoyota.com/ecofeatures_detail.php/83/submit

http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/05/kincir-angin-persembahan-dari-tanah.html

http://feydesign99.blogspot.com/2013/03/belanda-ahli-pembuat-bendungan.html