035. Keindahan Bunga Tulip di Negeri Van Oranje

Penulis : Rahmad
Tema : Earth

==========================================================================================================================================================

Dilihat dari keadaan alamnya, Belanda terletak pada dataran rendah Eropa. Wilayahnya sempit dan sebagian daerahnya berada di bawah permukaan air laut. Sebagian wilayahnya merupakan hasil pengeringan laut yang dibendung, oleh karena itu sering disebut “Netherlands” yang berarti tanah rendah. Hampir seperlima dari Negara Belanda terdiri atas air dan dua perlimanya terletak di bawah permukaan laut (depresi kontinental). Tetapi jika dilihat dari satu sisi belanda mampu memanfaatkan dari dua perlima yang ada dengan menciptakan sebuah sebuah taman yang penuh dengan keindahan warna Bunga Tulip. Bunga tulip telah menjadi simbol Belanda yang banyak dicintai. Mekarnya bunga-bunga di Belanda dengan warna-warna cerah yang membuat pemandangan di kota penuh warna. Itulah yang membuat belanda menjadi taman bunga sepanjang tahun

Pada abad ke 20, bunga telah menjadi komoditas dan industri di Belanda yang terus mengalami perkembangan. Seiring dengan perkembangan tersebut, banyak bermunculan pusat perdagangan bunga, koperasi petani, dan balai lelang di kota-kota penghasil bunga Belanda. Saat ini Belanda merupakan produsen bunga dalam jumlah besar. Sehingga banyak negara di seluruh dunia termasuk Indonesia mengimpor bunga dari Belanda.

image001

https://hallotourism.wordpress.com/2013/11/24/warna-warni-di-keukenhof/

Kreatiftas menciptakan suasana keindahan terlihat di Negara Kincir Angin ini yaitu jika ada tanah kosong sedikit saja, orang-orang Belanda akan menggunakannya untuk menanam tulip. Keunikan dari bunga tulip ini yaitu memiliki beraneka ragam warna yang mempunyai arti tersendiri.

image003

https://hallotourism.wordpress.com/2013/11/24/warna-warni-di-keukenhof/

Anna Paulowna mungkin tidak asing lagi mendengar nama tersebut salah satu nama kota di negara Belanda yang menjadi terkenal karena keindahan taman-taman bunga tulipnya. Kota ini terletak di bagian Belanda sebelah utara (Noord Holland). “Anna Paulowna” adalah nama yang dimiliki oleh istri raja Willem II dari Belanda yang berasal dari Rusia. Kota ini dinamakan seperti itu karena untuk menghormatinya. Maka dari itu banyak Wisatawan yang berkunjung ke taman-taman bunga di kota Anna Paulowna, dengan menikmati pemandangan yang tidak terlupakan dari keindahan bunga – bunga.

Biasanya Bunga di Anna Paulowna akan memperlihatkan keindahannya pada Bulan Maret, tetapi yang biasnya mulai mekar bunga-bunga Crocus, lalu setelah itu diikuti dengan mekarnya bunga-bunga atraktif yang bernama Narsis/Dafodil (Narcissus). Maka dari itu pada musim semi negara ini dikenal sebagai musim yang paling indah dan romantis, dimulai dari bulan April hingga pertengahan Mei.

Selain Anna Paulowna belanda juga mempunyai taman bunga yang sangat terkenal di dunia yaitu The Garden of Europe atau Keukenhof adalah sebuah tempat dimana bisa melihat jutaan bunga berwarna-warni yang menyejukkan mata. Ya, the Garden of Europe ini adalah taman bunga terbesar dan terindah di dunia. Keukenhof ini berlokasi di Lisse, Belanda. taman bunga ini tepat berada di antara kota Hillegom dan Lisse di sebelah baratnya Amsterdam.

Asal mulanya Keukenhof ini adalah kebun dapur. Kenapa disebut kebun dapur? Karena awalnya Keukenhof ini bukanlah kebun bunga tapi tempat untuk menanam berbagai macam obat-obatan, sayuran dan rempah rempah yang sengaja ditanam sebagai bahan masakan keluarga kerajaan. Taman ini adalah taman dibuka pertama kali di Negara tujuan hanya sebagai arena pameran petani bunga di seluruh Belanda dan Eropa. Hal ini merupakan salah satu upaya Belanda untuk mempromosika Lisse sebagai pusat industri bunga segar. Tapi siapa sangka taman bunga ini bisa menjadi terkenal dan dijuluki sebagai taman bunga terbesar di dunia dalam waktu 50 tahun.

Taman ini didirikan pada tahun 1949 untuk memfasilitasi para petani bunga dari seluruh negeri belanda dan juga beberapa negara di eropa, dimana pada saat itu para petani ini memamerkan bagaimana bunga hibryda yang indah juga menjadi asal muasal keberhasilan Belanda mengekspor hasil industri bunganya.

Keukenhof mempunyai luas sekitar 32 hektar ini dihiasi dengan 7 juta macam kuntum bunga yang ditanam secara manual dan tertata rapi. Di antara bunga-bunga tersebut bunga tuliplah yang mendominasi, mengingat bunga ini lambang Negara Belanda. Ada 100 jenis tulip yang ditanam di Keukenhof.

Taman bunga ini dibuka setiap tahun tepat pada musim semi tiba sekitar akhir bulan Maret sampai akhir bulan mei dan pengunjungnya pun berasal dari berbagai penjuru dunia. Setiap tahunnya taman bunga ini mengadakan berbagai kegiatan yang tidak hanya berhubungan dengan bunga. Misalnya pagelaran parade bunga yang diadakan tahun lalu kemudian ada juga kegiatan pasar bunga, festival music hingga festival pakaian tradisional Belanda.

Pemerintah Belanda sangat memperhatikan perkembangan taman bunga ini. Buktinya adalah pemerintah mengadakan kontes setiap tahun guna mencari peranakan tanaman terbaik dan pemenangnya akan mendapatkan keuntungan besar karena tanamannya akan laris terjual. Selain itu pemerintah juga mengadakan pameran kemajuan teknologi budidaya bunga. Luar biasa perhatian dari pemerintah Belanda ini. Pemerintah mampu mengayomi masyarakatnya demi kemajuan Negara.

Untuk karcis masuk, setiap pengunjung harus membayar 15 Euro (sekitar Rp 160.000) untuk orang dewasa dan anak-anak 7,5 Euro. Memang terbilang cukup mahal tetapi disana kita akan menikmati keindahan warna bunga seperti berada di syurga.

image005
www.FreeFoto.com

image007
file:///F:/gambar-spektakuler-musim-semi-di-taman-dengan-7-juta-bunga-1411-sms.html

Umbi tulip sendiri berwarna coklat cerah dan terlapisi kulit seperti kertas yang mirip dengan kulit bawang bombay, tetapi kita tak pernah mengira jika umbi yang warnanya coklat ini menghasilkan berbagai macam jenis warna keindahan untuk dilihat mata, tetapi menanam bunga tulip dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan umbi atau dengan menggunakan biji. Perbedaan dari Umbi dan Biji kalau Umbi hanya perlu memakan waktu sekitar satu tahun untuk dapat bermekar bunga tulip tetapi jika dengan biji akan memakan waktu sekitar 5 sampai 7 tahun untuk bermekar. Para peneliti pun menganjurkan jikalau bunga tulip sudah kuncup sebaiknya bagian kuncup ditusuk dengan jarum sehingga mengeluarkan gas etilem yang dapat mempercepat bunga mekar. Wawww thats right…

image009
file:///F:/gambar-spektakuler-musim-semi-di-taman-dengan-7-juta-bunga-1411-sms.html

Bunga tulip dapat dijadikan sebagai ilmu pendidikan untuk mengenalkan kepada anak – anak di setiap sekolah di Belanda, antusias dukungan pemerintah belanda dalam pengolahaan lingkungan sehingga tercipta sebuah inovasi – inovasi baru dari para kreator di Belanda, dimana negara ini mampu menciptakan sebuah taman yang internasional dengan keindahan bunga tulip, seperti kita ketahui belanda adalah negara yang hanya berada di bawah permukaan laut tetapi negara ini mampu mengolah sedikit tanah mereka dengan menciptakan sebuah kebun bunga yang dapat menjadi inspirasi buat dunia.

image011

http://tokopramuka.com/regu-tulip-sablon-yes-177.html

Dilihat sisi lain bunga tulip mengingatkan kembali kemasa – masa Sekolah Dasar (SD) dimana di bagian regu yang ada dalam Pramuka sering kali saya mendengar Regu Tulip. masa – masa saya belum mengenal akan arti dari bunga tulip sekarang. Dengan keindahan taman – taman di Negara belanda meyakinkan saya bahwa surga keindahan itu berada pada titik – titik taman yang ditumbuhkan bunga tulip yang menyinarkan mata dengan warna berbeda – beda, negara yang mampu menjadi pelopor dalam segala hal Tanah tanpa ada yang kosong selalu diisi dengan berbagai macam inovasi sehingga negara ini menjadi salah satu tempat yang sangat nyaman untuk dapat dikunjungi.ada beberapa spesifikasi arti dari symbol bunga tulip diantara nya adalah
a. Tanda regu berbentuk bujur sangkar, dengan panjang tiap sisinya 4 cm.
b. Tanda regu bergambar sesuai dengan pilihan anggota regu bersangkutan.
c. Tanda regu untuk regu putri bergambar bunga atau siluet (bayangan) bunga. Warna dasar dan warna gambar diatur sehingga tampak sederhana, indah dan menarik.

Referensi

https://hallotourism.wordpress.com/2013/11/24/warna-warni-di-keukenhof/

http://tokopramuka.com/regu-tulip-sablon-yes-177.html

file:///F:/gambar-spektakuler-musim-semi-di-taman-dengan-7-juta-bunga-1411-sms.html

http://tipspetani.blogspot.com/2013/09/cara-menanam-bunga-tulip.html

http://id.wikihow.com/Menanam-Tulip