040. Inovasi Negeri Van Oranje: Jangan Takut Akan Gelap!!!

Penulis : Musa Rustam
Tema : Fire

==========================================================================================================================================================

Bingung!!!
Takut pulang malam sendirian, atau dihantui ketakutan dijalan??

Meningkatnya keresahan masyarakat terhadap aksi kejahatan dimalam hari. Kini salah satu solusi yang ditawarkan oleh Negeri Van Oranje.

image001

Yaitu dengan menggunakan :
1) Teknologi glow-in-the-dark
Diharapkan dapat mewujudkan rasa aman pengguna jalan, dan memberikan manfaat di masa depan yang lebih cerah serta hemat energy.

Seorang desainer asal Belanda, Daan Roosegaarde, dan sebuah firma teknik sipil, Heijmans, menjadi pusat perhatian karena membangun jalan glow-in-the-dark pertama di dunia. Jalan futuristik yang dibangun di Belanda ini dicat dengan menggunakan cat yang dicampur dengan serbuk luminescent yang menyerap sinar matahari di siang hari dan kemudian memancarkan cahaya hijau di malam hari selama lebih dari 10 jam. Jalan ini dibangun oleh Roosegaarde sebagai jalan yang interaktif, ramah lingkungan dan aman, terutama di daerah pedesaan yang kurang penerangan jalan.

image003

Walaupun jalan yang menjadi model percontohan ini mendapat banyak pujian, ternyata masih ada beberapa kendala yang muncul beberapa saat setelah peresmian jalan tersebut. Cat glow-in-the-dark yang digunakan sensitif terhadap kelembaban dari curah hujan yang menyebabkan pudarnya pancaran cahaya hijau dari cat tersebut.

Hal tersebut tidak menjadi kendala bagi Heijmans yang mengatakan bahwa isu tersebut hanyalah sementara dan diharapkan tidak menjadi penghalang bagi model percontohan ini. Hasil ujicoba pada model percontohan jalan glow-in-the-dark ini akan menjadi pembelajaran yang sangat berharga untuk pengembangan kedepan, yakni Glowing Lines 2.0, yang diharapkan bisa dirilis pada musim panas ini.

Sementara tim Smart Highway mencari solusi agar jalan raya tersebut rata dan mulus, Roosegaarde terus bereksperimen dengan teknologi glow-in-the-dark untuk sebuah penemuan yang dapat menggantikan lampu jalan; pohon luminescent.

image005

Bekerja sama dengan Bioglow, sebuah firma bioteknologi Amerika yang di awal tahun mengembangkan tumbuhan pertama di dunia yang mampu memancarkan cahaya, Roosegaarde dan rekannya Alexander Krichevsky membayangkan jalan-jalan raya yang disinari pohon-pohon bercahaya. Dengan prinsip biomimikri, tumbuhan yang memancarkan cahaya ini diciptakan dengan cara menggabungkan DNA dari bakteri laut luminescent.

Masih belum jelas secepat apa teknologi glow-in-the-dark akan menggantikan sumber pencahayaan konvensional, namun penemuan ini dengan perlahan telah membawa ide inovatif menjadi kenyataan. Inovasi telah membawa kita ke jaman dimana generasi jaman dulu bahkan tidak pernah membayangkannya. Sekarang bagaimana dengan teknologi glow-in-the-dark?

Para ilmuwan yang berpendapat bahwa teknologi luminescent berpendar dapat menjadi jawaban untuk membangun sebuah kota yang lebih berkelanjutan.

Mulai dari tanaman yang disuntikan DNA luminescent hingga cat hijau berpendar di jalan adalah beberapa penemuan material glow-in-the-dark. Namun, hasil penelitian terbaru semakin menunjukan bukti yang kuat untuk kemungkinan mengganti penerangan listrik dengan penerangan glow-in-the-dark yang bebas emisi dan terbarukan. Akan tetapi, berbagai penelitian masih terus dilakukan untuk menemukan bagaimana teknologi glow-in-the-dark dapat mewujudkan masa depan yang lebih cerah dan lebih hemat energi.

Meskipun sepeda berasal dari Jerman, namun saat ini Belanda menduduki posisi pertama sebagai negara dengan jumlah pengguna sepeda terbanyak di dunia. Menyadari hal tersebut, pemerintah Belanda merespon positif untuk memberikan dukungan tidak hanya sekedar kata-kata tapi juga berupa dukungan fisik yaitu pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan kemudahan para pengguna sepeda. Lihat saja, teknologi glow in the dark yang sangat heboh. Sementara negara lain di dunia disibukkan dengan isu kemacetan yang tak kunjung usai, pemerintah Belanda justru fokus menemukan solusi praktis dari setiap tantangan yang dihadapi negaranya.

image007

image009

2) Interactive Light
Selain cahaya di cat gelap, ada juga ide untuk menggunakan lampu sensor gerak. Interaktif Cahaya bekerja dalam hal ini yaitu : ketika sebuah mobil mendekati hamparan tertentu jalan, sensor gerak akan menyala. Lampu akan tumbuh lebih cerah saat mobil mendekat dan perlahan-lahan akan redup lagi saat melintas.

image011

Interaktif Cahaya sangat cocok untuk jalan raya yang kurang ramai atau jarang dilintasi mobil. Lampu Interaktif membantu menyediakan visibilitas malam jika diperlukan.

3. Wind-Powered Lights
Tidak seperti lampu interaktif, lampu bertenaga angin akan menyala sendiri menggunakan pinwheels untuk menghasilkan listrik. Ia bekerja dengan memanfaatkan draft angin dari mobil yang lewat menjadi listrik. Listrik akan digunakan untuk menerangi lampu di pinwheels, pada dasarnya menerangi jalan jalan.

image012

Karena memerlukan angin untuk daya, lampu bertenaga angin ini hanya akan menyala sebagai mobil melewati daerah tersebut. Untuk ini bekerja, generator kincir ini akan didirikan di sepanjang jalan mobil di pinggir jalan, untuk terus menyalakan jalur mobil yang dilewati.

4. Electric Priority Lane
Gagasan lain yang menarik oleh studio yang sama adalah. Electric Priority Lane di mana kendaraan listrik (EVS) pengguna dapat mengisi kendaraan mereka di mana saja. Dan mereka bisa melakukan hal ini hanya dengan mengemudi di lajur kanan. Induksi Prioritas Lane akan tertanam medan magnet yang dapat mengisi kendaraan ketika sedang bepergian. Hal ini sangat berguna di negara-negara seperti Belanda, di mana ada ada banyak EVS di jalan.

image014

Ini akan memastikan bahwa mobil listrik tidak perlu mencari stasiun pengisian, dan bahkan dapat menjaga mobil mereka dikenakan pada perjalanan panjang.

Konsep ini telah mendapatkan penghargaan Smart Highway hasil kolaborasi antara Roosegaarde dan Heijmans pun berhasil meraih Dutch Design Awards untuk kategori Best Future Concept.

image015
Prototipe Smart Highway pada acara Dutch Design Awards

5. Solar Roadways
Ingat dalam intro di mana kami menyebutkan jalan yang dapat menyimpan energi surya? Yah, itu bukan hanya teori. Surya Jalanan adalah sebuah proyek IndieGoGo yang ingin menginstal panel surya di jalan kaca, lengkap dengan LED dan mikroprosesor. Kaca terbarukan, ramah lingkungan, dan kekuatannya bisa ditingkatkan menjadi lebih kuat dari baja.

image017

Meskipun kaca, permukaan dapat direkayasa untuk mobil untuk dapat berhenti dengan aman bahkan ketika bepergian dengan kecepatan hingga 80 mph – seperti di jalan-jalan biasa. Jalan-jalan panel surya bahkan dapat mencairkan salju selama musim dingin dan tentu saja energi surya dimanfaatkan dapat digunakan untuk daya listrik kebutuhan.

So, banyak inovasi yang ditawarkan NVO untuk kehidupan yang lebih baik. Impian menjadikan kehidupan manusia lebih mudah dijalani. Impian menjadikan manusia lebih kuat menghadapi segala rintangan dan tantangan. Sebab impian dapat menimbulkan kemauan keras untuk merealisasikannya. Para pencipta puisi Belanda atau Dutch Poet’s Society mengatakan “Nothing is difficult to those who have the will; Tidak ada sesuatupun yang sulit selama masih ada kemauan.”

Artikel ini berpartisipasi dalam Holland Writing Competition 2015 yang diadakan oleh Neso Indonesia bekerja sama dengan para penulis novel NVO (Negeri Van Oranje).

Referensi :

http://maslisman.blogspot.com/2014/12/5-teknologi-jalana-raya-pintar-di-masa_27.html

http://www.greeners.co/ide-inovasi/jalan-glow-dark-pertama-di-dunia/

http://www.disambung.com/2014/11/keren-jalur-sepeda-glow-in-dark-di.html

http://www.bioglowtech.com/about.html

http://www.autoblog.com/2012/10/27/smart-highways-can-charge-evs-give-weather-warnings/