044. 25 Alasan Mengapa Belanda Adalah Pengendali 4 Elemen

Penulis : Ziadah
Tema : Water

=========================================================================================================================================================

Thales beranggapan bahwa air adalah elemen yang terpenting. Aximenes menyatakan bahwa air dari udara dan jika air diperas lebih keras lagi maka akan berubah menjadi tanah. Aximenes bahkan menambahkan api adalah udara yang dijernihkan. Ini adalah gagasan pilosof awal versi Yunani Kuno, bagaimana dengan teori 4 elemen versi Belanda saat ini? Bagi negeri Belanda sendiri 4 elemen adalah sumber utama yang dikembangkan dalam bentuk ide dan pemikiran baru. Keempat elemen inipun tergambar jelas pada kemajuan teknologi, sejarah, kebiasaan dan tradisi penduduknya. Inilah 25 alasan utama mengapa Belanda layak disebut sebagai negeri pengendali udara, api, air dan tanah.

1. Walaupun Belanda terbentang di atas dataran yang rendah, Belanda mampu mengendalikan air dengan sistem pembangunan kanal dan bendungan terbaik di dunia.

2. Belanda memiliki lebih dari 4000 kanal, sungai dan danau.

3. Belanda sedang mengembangan sistem arsitektur terbaru yaitu arsitektur membangun di atas air.

4. Kanal-kanal di Belanda bisa terbentang lebih dari 100 km.

5. Belanda berhasil mengubah air seni menjadi energi alternatip pengganti BBM. Bahan bakar urin ini telah mampu memasok 110 Megawatt untuk 30 ribu rumah. Sekarang penelitian ini terus dikembangkan oleh ilmuan di Uni-versitas Technology Delft.

6. Setiap orang Belanda minum sekitar 74 liter bir pertahun.

7. Bir adalah minuman yang sangat merakyat di Belanda. Tidak heran Belanda menjadi pengexspor bir terbesar di dunia.

8. Orang Belanda adalah peminum kopi ke dua terbanyak di dunia.

9. Minuman pertama kali diperkenalkan oleh Belanda di Eropa.

10. Belanda memiliki pelabuhan terbesar kedua di dunia yang dikenal dengan nama Rotterdam.

11. Belanda memiliki sebuah kota yang dikenal dengan sebutan Kota Rumah Perahu karena kanal-kanal di kota ini ditempati lebih dari 3000 rumah perahu.

12.Pelayaran yang maju sejak zaman dahulu telah membuat orang Belanda sebagai penemu benua Australia dan New Zeeland. Dulu Australia dikenal dengan nama “ New Holland ” , nama New Zeeland diambil dari nama salah satu provinsi di Belanda dan Tasmania diambil dari nama seorang penjelajah Belanda Abel Tasman.

13.Kincir-kincir angin yang terbuat dari kayu digunakan untuk memompa air lebih dari 600 tahun.

14.Belanda adalah salah satu negara dengan sistem pertanian terbaik di dunia.

15.Belanda berhasil memanfaatkan lahannya yang terbukti dari 75% bunga di dunia berasal dari tanahnya. Tanah Belanda bahkan menanam Tulip yang aslinya berasal dari Turki dan berhasil menasionalisasikannya.

16.Belanda memiliki lebih dari 20 taman nasional.

17.Jalur sepeda di negeri ini panjangnya paling tidak 15.000 km.

18.Pada abad ke 16 wortel jingga muncul pertama kali di Belanda.

19.Taman Keukenhof di Belanda adalah taman bunga terbesar di dunia.

20.Terdapat lebih dari seribu kincir angin di Belanda yang tidak hanya berguna untuk memompa air tetapi juga untuk pembangkit listrik.

21.Royal Dutch Airlines adalah maskapai penerbangan nasional yang paling lama beroperasi di dunia. Maskapai ini didirikan pada tahun 1919.

22.Belanda telah mampu menciptakan mobil terbang. Jangan kaget bila 10 tahun mendatang langit di atas kota-kota di Belanda sudah ramai dengan mobil terbang.

23.Nyala api dari bola lampu bermerek Philip buatan Belanda telah menerangi berbagai tempat di belahan dunia.

24. Pada tahun 2016 Belanda berencana akan segera menerangi jalan raya dengan meluncurkan konsep aspal yang bersinar dalam gelap.

25.Teknologi mikroalga untuk bahan bakar telah digunakan hingga tingkat bahan bakar pesawat.

Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan di atas, bisa dilihat dengan jelas bahwa Belanda bisa mengendalikan 4  elemen klasik tersebut dalam berbagai berbagai bidang baik dalam bidang teknologi, industri, budaya, energi, transporasi maupun pertanian . Walaupun pantas dikatakan sebagai pengendali 4 elemen. Belanda  tetap memiliki kecenderungan.  Apakah kamu tahu apa? Ya Pengendali Air. Ini adalah kekuatan yang paling mendominasi di antara 4 elemen tersebut. Hal ini telah terbukti sejak zaman dahulu di mana Belanda telah mulai membendung air, menakluk samudra dalam pelayaran,  hingga zaman sekarang menjadi perancang kota di atas air dan bahkan mengubah air seni menjadi energi.

References

www.cnn.indonesia , kompasiana.com , weekendnotes.com, visitholland.nl, sciencekids,co,nz, owesomeamster-dam.com, eupedia.com, buku berjudul shopi ’ s world, nationalegeographic.com, viva.news.com, pameranperta-nian.blogspost.com, http://green-blog.org/archives/news/design-architecture, http://teknologi.news.viva.co.id, http://www.idbite.com/artikel/1960/kendaraan-hybrid