063. Solaroad: The Road Of The Future, The Road To The Future (FINALIST)

Penulis : CINDHY DWI ASTRIANI
Tema : Fire

=========================================================================================================================================================

Jika saya bertanya apa fungsi jalan menurut anda, maka apa yang akan menjadi jawaban anda? Kemungkinan besar jawaban anda adalah sebagai sarana penghubung dari satu tempat ke tempat lain yang digunakan oleh alat-alat transportasi darat maupun dilalui dengan berjalan kaki. Jawaban tersebut memang menjelaskan fungsi biasa dan utama dari jalan, namun pernahkan terlintas pada benak anda bahwa jalan yang tergeletak di tanah dengan fungsi biasa ternyata bisa memiliki fungsi lain yang lebih luar biasa?

Saya akan mengajak anda ke Belanda, negara favorit saya yang mengajarkan saya tentang bermimpi, untuk melihat bagaimana jalan tidak hanya dimanfaatkan sebagai penghubung satu tempat ke tempat yang lain, tetapi juga menjadi salah satu sumber energi terbarukan (Bahasa kerennya adalah: sustainable energy), satu solusi alternatif dari potensi krisis energi dunia. Belanda sedang mengembangkan sebuah jalan yang dapat menyerap tenaga surya lalu mengubahnya menjadi tenaga listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sistem lalu lintas, bahkan kebutuhan rumah tangga.

Inovasi Belanda yang satu ini dimulai dari sebuah mimpi TNO (Toegepast Natuurwetenschappelijk Onderzoek), sebuah organisasi Belanda untuk penelitian ilmiah terapan yang sudah dibentuk dari tahun 1932, bahwa jalan-jalan di negeri Belanda tidak akan menjadi sekedar jalan saja tetapi menjadi jalan pertama di dunia ini yang mempunyai sebuah panel surya dengan skala besar. Mimpi ini disambut sangat baik oleh para partner mereka, baik itu pemerintah provinsi seperti provinsi Holland Utara (Province of Noord-Holland), juga organisasi lain yang mendukung proyek inovatif seperti Imtech dan Ooms Civiel. Pada tahun 2009 lalu, mereka bersama-sama memulai proyek inovasi perdana ini dan menamainya proyek SolaRoad[2].

1

Proyek SolaRoad
Sumber: http://www.solaroad.nl

Dengan konsep mengubah energi panas dari sinar Matahari yang mengenai jalan menjadi energi listrik, SolaRoad sendiri dibentuk dari beberapa lapisan dan material khusus yang dipilih dengan memperhatikan aspek keamanan dalam berkendara dan daya tahan material sebagai sebuah jalan. Mulai dari lapisan beton yang merupakan lapisan paling bawah, diikuti lapisan sel surya silikon lalu lapisan kaca kira-kira setebal 1 cm sebagai lapisan akhir. Pada permukaan SolaRoad juga ditambah lapisan tembus cahaya yang sedikit kasar sehingga kendaraan yang ada di atasnya tidak mudah tergelincir[5].

2

Material SolaRoad
Sumber: http://wattnow.org

3

Pembangunan SolaRoad
Sumber: http://www.cbc.ca

Saat ini pembangunan SolaRoad berfokus pada jalan sepeda saja. Ya, seperti yang kita tahu bahwa Belanda adalah rumah bagi sekitar 18 juta sepeda dan memang mempunyai jalan khusus bagi para pengguna sepeda sepanjang 35,000 kilometer (kira-kira 35 kali panjang pulau Jawa). Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa proyek ini akan terus dikembangkan sehingga seluruh jalan di Belanda akan masuk dalam proyek SolaRoad. Bisa anda bayangkan beberapa dekade ke depan Belanda mempunyai rumah, sistem lalu lintas, lampu-lampu jalan, bahkan kendaraan yang sumber tenaganya berasal dari jalan mereka sendiri. Bukankah dampaknya sangat luar biasa?

SolaRoad yang dibiayai oleh Province of Noord-Holland dan beberapa perusahaan komersil Belanda ini mulai dibangun di kota kecil di provinsi tersebut tentunya. Kota itu bernama Krommenie, berjarak kurang lebih 20 KM dan dapat ditempuh dalam 23 menit menggunakan kereta dari Amsterdam. SolaRoad sudah menghabiskan anggaran kira-kira 3.5 juta Euro, jumlah yang tidak bisa dibilang murah namun sebanding hasilnya, diperkirakan setiap meter persegi SolaRoad akan menghasilkan 50-70 kwh energi per tahun. Dan setiap 70 meter SolaRoad dapat menyediakan tenaga listrik untuk satu atau dua rumah di Belanda.

Belanda memang cukup ahli dalam pemanfaatan tenaga surya menjadi tenaga listrik, bukan hanya jalan saja bahkan bubungan atap pun turut dimanfaatkan. Seperti bubungan atap di stasiun pemadam kebakaran NBHW di kota Alkmaar, mulai dibangun pada tahun 2010 dengan konsep penggunaan energi terbarukan dengan tujuan meminimalisasi penggunaan listrik bagi bangunan itu sendiri[3]. Sayangnya implementasi teknologi pada bubungan atap bangunan akan sangat terbatas dikarenakan setiap bangunannya harus tetap terhubung dengan jaringan listrik dan area bubungan atap bangunan biasanya tidak begitu luas[1].

4

Stasiun Pemadam Kebakaran di Alkmaar
Sumber: http://inhabitat.com

5

Bubungan Atap Stasiun Pemadam Kebakaran di Alkmaar
Sumber: http://inhabitat.com

Then, why bother about a glass of water while we can have the ocean? Kenapa tidak memanfaatkan potensi jalan yang sudah nyata terbaring sepanjang berkilo-kilo meter? Sebuah ide cerdik proyek SolaRoad[6].

Keunggulan lain SolaRoad dibandingkan sumber energi lainnya adalah, SolaRoad dapat dibangun berdekatan dengan perumahan dan aktivitas manusia, sebuah sumber energi yang aman dengan lingkungan manusia sehari-harinya. SolaRoad juga bisa dikatakan sumber tenaga lisrik yang hemat lahan karena yang dibutuhkan hanyalah jalan yang ingin dimanfaatkan tersebut. Sebuah teknologi yang benar-benar jenius!

Only the best creates the first.

Melihat Belanda yang tiada henti menciptakan inovasi-inovasi besar, saya sendiri belajar tentang pentingnya mempunyai sebuah mimpi, sebuah visi dan kemampuan untuk mewujudkannya. Saya percaya kualitas pendidikan di Belanda yang baik adalah salah satu faktor utama bagaimana orang-orang hebat dari Belanda bisa memikirkan dan menciptakan inovasi luar biasa dari hal yang biasa, seperti SolaRoad.

Saya ingat sebuah pepatah dari Carl Sandburg, seorang pujangga yang memenangkan tiga Pullitzer Prize[4], mengatakan “nothing happens unless first we dream”.  Hal-hal hebat yang ada di dunia ini berasal dari sebuah mimpi atau visi yang hebat pula. Tidak perlu menunggu menjadi Presiden atau masuk dalam DPR dulu baru bisa memiliki visi yang hebat, baru bisa menciptakan hal-hal luar biasa. Orang-orang sederhana seperti saya dan anda juga bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan negara dan kesejahteraan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik. Oleh karena itu ayo kita, tanpa ragu dan tanpa takut, raih ilmu sampai ke negeri Belanda!

Miliki visi dan ciptakan hal-hal hebat di dunia ini! Ya, untuk Indonesia yang lebih baik!

 

Referensi:

[1]http://www.cbc.ca/news/technology/dutch-test-solaroad-solar-panels-on-bike-path-1.2831630

[2] http://inhabitat.com/solaroad-the-netherlands-unveils-worlds-first-solar-cell-paved-bike-path/

[3] http://inhabitat.com/high-tech-dutch-fire-station-relies-on-innovative-solar-collecting-rooftop-parking-lot/

[4] http://www.pulitzer.org/awards/1919

[5] http://www.solaroad.nl/en/de-techniek/

[6] http://www.solaroad.nl/en/hoe-is-het-idee-ontstaan/