066. Air dan Belanda

Penulis : Abdul Rokim
Tema : Water

=========================================================================================================================================================

Berbicara tentang Belanda pastinya tidak dapat di lepaskan dari air. Kenapa ? karena letak geografis dataran Belanda yang sebagian besar berada di bawah permukaan air laut. Belanda sadar betul karena letaknya yang di bawah air tersebut sehingga Belanda banyak menciptakan inovasi-inovasi yang tak ada habisnya di bidang pengairan. Pada tahun 1953 banjir besar  melanda Belanda yang menewaskan ribuan penduduknya, berawal dari banjir besar tersebut Belanda melakukan suatu inovasi mega proyek yang bernama Delta works.

1

2

Banjir di Belanda tahun 1953

Delta works adalah mega proyek Belanda yang di kerjakan dari tahun 1953 dan selesai pada tahun 1997. Mega proyek ini menghabiskan dana yang tak sedikit, pemerintah Belanda menggelontorkan dana sebesar 8 Milyar Dollar dan bahkan untuk perawatan delta tersebut di butuhkan dana sekitar 500 juta dollar per tahunnya. Tapi dari kerja keras Belanda tersebut  sangat ampuh menangkal banjir hingga hari ini dan bahkan Belanda patut berbangga karena Delta Works masuk dalam 7 keajaiban dunia modern. Sungguh luar biasa!

 

3

Di belanda tidak ada yang tidak mungkin salah satunya memisahkan laut waddenzee dan danau Ijsselmeer. tanggul ini membentang 30 km di sepanjang laut Zuiderzee. Pada tahun-tahun selajutnya Belanda mereklamasi sebagian wilayah Ijsselmeer menjadikanya sebuah daratan baru yang bernama Flevoland. Tentunya bukan pekerjaan mudah untuk melakukan hal tersebut tapi sekali lagi Belanda bisa melakukanya. Proyek ini di  gagas oleh  H. A. Lorentz dan bernama Afsluitdijk.

4

5

Rotterdam (Rdam/010) adalah kota yang identik dengan Feyenoord dan Erasmus bridgenya merupakan kota terbesar kedua di Belanda dan menjadi  titik terendah Negara Belanda sekitar 7cm Dpl, karena menjadi titik terendah maka Rotterdam sangat rawan terkena banjir yang disebabkan menaiknya permukaan air laut oleh karena itu pemerintah melakukan sebuah inovasi dengan membangun Maeslantkering dua gerbang raksasa yang bisa buka tutup secara otomatis apabila tingkat air naik tiga meter diatas normal.proyek ini pun ampuh mencegah banjir di Rotterdam Untuk total biaya pembangunnya sangat fantastis US$ 1,400. Bangunan ini berukuran sebesar menara Eifel di Paris.

6

Berjalan di jalan yang di atasnya air, bisakah? yup hal ini tentunya sangat bisa di lakukan di Belanda. Masyarakat Belanda menyebut inovasi ini bernama Jalanan Tersembunyi. Jalanan ini semakin menjorog ke bawah akan terlihat semakin hilang seolah putus di dengan sungai. Munculnya inovasi ini karena semakin meningkatnya aktivitas masyarakat Belanda baik yang menggunakan transportasi darat maupun air dan menjadikan kedua transportasi tersebut berjalan bersama dan beriringan. Di Ringvaart (Cincin Kanal), terdapat jalur air penting untuk kapal komersial berlalu lalang dan sebagai tempat rekreasi. Di bawahnya, terdapat dua jalur untuk kereta api. Jalur air Ringvaart di gunakan sebagai rute pelayaran dari Hollands Diep ke Ijsselmeer.

7

8

Rasanya tak akan ada habisnya berbicara mengenai inovasi yang di lakukan Belanda. Belanda adalah salah satu Negara innovator di dunia, Belanda sangat sukses dengan inovasi-inovasinya yang terus mengembangkannnya. Belanda menjadi salah satu Negara yang sukses mampu mengubah kekurangnya menjadi kelebihannya serta tidak pernah menyerah dengan keadaan yang ada. Kesuksesan Belanda dalam berinovasi di bidang air tentunya menjadi contoh bagi Negara-negara lain yang wilayahnya juga berada di bawah permukaan air laut.

 

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/82/Watersnoodramp_1953.jpg/240px-Watersnoodramp_1953.jpg

http://enosrudy-enru.blogspot.com/2012/05/delta-werken-inovasi-belanda-melawan.htmlhttps://yugas12.wordpress.com/2009/10/28/keajaiban-keajaiban-dunia/

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/91/Afsluitdijk2006-1.JPG/250px-Afsluitdijk2006-1.JPG

http://twistedsifter.com/2012/09/ringvaart-aqueduct-highway-overpass-netherlands/

http://yangkiimade.blogspot.com/2010/04/rotterdam-kota-yang-seharusnya.html