067. Mereka Bilang Belanda Surga Makanan dan Tulip

Penulis : Astutik
Tema : Earth

=========================================================================================================================================================

Negeri van oranje atau yang biasa kita lebih kenal dengan sebutan negara Belanda memancarkan sejuta pesona akan kreatifitas-kreatifitas yang telah diciptakan oleh orang-orang Belanda. Mengapa Belanda disebut juga sebagai Negeri van Oranje di awal tulisan saya? Karena warna oranye telah menjadi warna resmi Belanda dimana pada saat itu House of Orange memimpin Belanda untuk memberontak melawan Spanyol dan setelah itu menjadi bagian dari keluarga kerajaan Belanda. Nah, apa yang kalian tahu tentang Belanda?

1 23

 

4 5 6

 

Hmm… Sungguh sangat menakjubkan bukan. Tahukah kalian Belanda adalah pengekspor terbesar kedua di dunia dengan produk agribisnisnya, keju Belanda merupakan keju terbaik di dunia, Belanda juga pemasok daging sebesar 70% ke seluruh dunia, 4 perusahaan Belanda termasuk ke dalam top 40 makanan dan minuman terbaik di dunia antara lain yaitu Unilever, Heineken, VION, dan Royal Friesland Campina, serta 75% bunga tulip di dunia di produksi oleh Belanda.

7

 

Yang paling terkenal dari Belanda adalah bunga tulip. Taman Keukenhoff adalah taman tulip terluas di dunia dan menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi selama musim semi dari awal Maret sampai akhir Mei. Tulip sekaligus menjadi produk ekspor yang bernilai jutaan Euro. Konon katanya lambang “fleur de lis” juga representasi dari tulip.

Nah yang menjadi pertanyaan adalah Belanda itu negara yang mungil. Lalu, mengapa mereka bisa jadi pengekspor agribisnis terbesar ke-2 di dunia? Bagaimana orang Belanda melakukannya? Tentu yang menjadi alasan semua ini bukan hanya dari tanahnya apalagi tanah di Belanda itu tidak seberapa luas hanya sekitar 41.526km², berikut mari kita telusuri dibalik kesuksesan Belanda.

8

 

Dikutip dari hollandtrade.com pengusaha dan peneliti Belanda sangat ingin memecahkan tantangan global. Sehingga kunci utamanya di sini adalah riset, hasil dari riset digunakan oleh pemerintahan Belanda untuk menjalankan roda pertanian. Oleh karena itu, dibutuhkan biaya penelitian yang sangat besar ditambah kerja sama juga antara petani dan perguruan tinggi untuk menghasilkan produk olahan unggulan dari hasil pertanian. Mereka bekerja secara bersama-sama menemukan inovasi Belanda di bidang agribisnis sektor pangan, efisiensi dalam kerja dan memberlakukan sistem insentif. Jadilah mereka mulai membuktikan pada dunia bahwa mereka bisa jadi produsen terbesar dan terbaik. Dari sistem ini telah menciptakan hal baru dalam pertanian antara lain seperti penggunaan Green House, pembuatan keju, pembuatan coklat, menciptakan lebih dari 3000 varietas bunga tulip dengan variasi warna dan bentuk yang berbeda-beda, pemanfaatan bitoteknologi, manajemen air untuk pertanian, dan banyak lagi lainnya

9

Manajemen efisien, mekanisme pemasaran dan transportasi yang cepat merupakan kunci faktor pendukung lainnya demi usaha pemanfaatan potensi alam pada sektor pertanian. Belanda tidak hanya mementingkan keuntungan semata saja, tetapi juga memperhatikan kualitas dan kuantitas produk, keberlanjutan dan keramahan lingkungan. Kemudian Belanda mulai mempublikasikan dan menawarkan terobosan-terbosan terbarunya pada bangsa lain, dan ya negara-negara lain mulai melirik ke Belanda. Mereka datang ke Belanda karena ilmu pengetahuan dan wawasan yang Belanda miliki.

10 11

 

Rupanya orang-orang Belanda selalu berpikiran maju dan memiliki wawasan luas guna menciptakan inovasi dan kreasi baru, serta peduli dengan masa depan. Sungguh sangat mengagumkan industri kreatif Belanda ini. Tak heran jika Belanda menjelma bak taman surga tulip di dunia dan menjadi pengekspor terbesar ke-2 di dunia dalam agribisnis. Dari penelusuran ini, kalau boleh saya ambil kesimpulan kunci dari kesuksesan Belanda adalah inovasi tiada henti dan kreativitas tanpa batas.

Referensi:

http://agriculture.newholland.com/us/en/About-New-Holland/Innovation/Pages/CR9000-Series-Combines.aspx

www.hollandtrade.com

http://travel.detik.com/readfoto/2014/10/06/095000/2584927/1026/1/keukenhof-karpet-tulip-warna-warni-nan-cantik-di-belanda

http://www.telegraph.co.uk/travel/destinations/europe/netherlands/9948261/The-Netherlands-by-bike-and-barge.html

http://www.telegraph.co.uk/travel/destinations/europe/netherlands/9927284/The-Netherlands-bulbs-that-light-up-the-Dutch-Spring.html

www.weekendnotes.com/interesting-facts-about-netherlands/