068. Hidup di Bawah Permukaan Laut

Penulis : Astutik
Tema : Water

=========================================================================================================================================================

Sekilas mungkin ketika membaca judul tulisan saya muncul pertanyaan “Bagaimana bisa hidup di bawah permukaan laut? Kecuali kalau memang makhluk hidup itu bukan manusia atau karena memiliki teknologi canggih yang digunakan untuk bisa bertahan hidup di bawah air”.

Adalah Belanda merupakan negeri yang sebagian besar wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Dikutip dari weekendnotes.com sekitar 2/3 dari wilayah Belanda rentan terhadap banjir dengan 25% di bawah permukaan laut dan 50% kurang dari 1m di atas permukaan laut. Ya, tulisan saya akan mengajak pembaca sekalian untuk mengenal Belanda lebih dekat, membongkar rahasia Belanda dan apa yang bisa kita pelajari dari negeri yang terkenal dengan 1000 kanal.

1

Kata lain dari Belanda adalah Netherland yang memiliki arti tanah rendah. Terletak di Eropa bagian barat yang berbatasan langsung dengan Jerman, Belgia, dan Laut Utara serta menjadi aliran muara-muara sungai yang ada di Eropa. Letak yang sangat strategis ini membawa keuntungan tersendiri bagi Belanda salah satu di antaranya yaitu sangat mudah untuk berkunjung ke negeri kincir angin, namun di sisi lain hal ini membawa kerugian yang besar pula untuk Belanda. Pengalaman teman saya yang telah lulus dari kuliah di Perancis menceritakan bahwa:

“Cuaca di Belanda cenderung lebih ekstrim kalau dibandingkan dengan Perancis, karena memang letaknya lebih utara daripada negara Eropa lain (kecuali Finlandia, Denmark, dan Eropa utara lainnya)”.

Ya tentunya hal ini membawa dampak buruk bagi kelangsungan hidup warga negara Belanda. Berbatasan dengan Laut Utara tidak menutup kemungkinan Belanda akan diserang ganasnya deburan ombak lautan yang setiap saat bisa menenggelamkan Belanda. Seperti yang pernah dialami oleh Belanda,

banjir pada tahun 1953 telah menyebabkan ratusan warga Belanda meninggal dan kerugian yang cukup besar.

2

Hundreds die in Dutch floods 1953

Belajar dari tragedi ini, Belanda tidak lantas tinggal diam membiarkan air dengan mudahnya meluluh lantakkan negerinya. Warga Belanda mulai membuat infrastruktur yang bagus, semua di tata dengan rapi, tertib, dan saling berkesinambungan satu sama lain. Kemudian mulailah Belanda membuat manajemen air, penghalang laut, membangun banyak bendungan untuk melindungi wilayahnya agar tidak tersapu oleh ganasnya ombak lautan.

3

Kanal Belanda dibuat membentuk setengah lingkaran.

4

 

5

There are still around 1,100 working windmills – essentially ships rooted to the land – across Holland

Selama bertahun- tahun kincir angin belanda berfungsi untuk memompa air ke laut agar daratan Belanda mengering. Banyak tanah rendah dikawal dengan tanggul dan beberapa kawasan di Belanda harus direklamasi yang disebut polder. 19 polder pengeringan kincir angin dari Kinderdijk menjadi situs UNESCO. Bendungan pertama selesai dibangun tahun 1958 di Sungai The Hollandse Ijssel. Dan salah satu konstruksi yang terkenal adalah Afsluitdijk (Penutup Tanggul) yang memisahkan danau Ijssel dengan Laut Wadden.

6

Port of Rotterdam

Rupanya usaha dan kerja keras dengan kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh Belanda untuk berperang melawan kondisi alam yang membawa petaka bagi warga Belanda dan bertahan demi keberlangsungan hidup negara Belanda tidak sia-sia. 

7

Kerja kerasnya telah membuahkan hasil yang sangat hebat dan menakjubkan. Kini dunia mengakui kehebatan orang-orang Belanda dan ada beberapa hal yang identik dengan Belanda, yang pertama yaitu karena di Belanda banyak kincir angin maka negara ini mendapatkan julukan Negeri Kincir Angin. Kedua, Rotterdam telah menjadi pelabuhan terbesar ke-2 di dunia dan pelabuhan terbesar di Eropa yang merupakan pelabuhan tersibuk di dunia sebelum adanya pelabuhan terbesar ke-1 yang ada di Shanghai. Serta bendungan terbesar dan tercanggih di dunia itu berada di Belanda. Sungguh sangat membanggakan bukan.

8

Rotterdam-Flood-Barrier-Gate

Belajar dari Belanda maka yang perlu kita contoh adalah usaha dan kerja keras yang pantang menyerah melawan nasib. Dengan tidak melupakan sejarah di masa lalu untuk kemajuan di masa mendatang dan menghargai apa yang sudah dilakukan untuk kemajuan Belanda oleh pendahulunya. Sehingga pelajaran yang dapat kita petik adalah kita harus berusaha, berjuang, dan berperang untuk kemajuan negara Indonesia yang lebih baik  dengan terus berkarya, berkreasi dan melakukan inovasi menciptakan hal-hal baru yang masih fresh dan original. Mengenai hal-hal yang menjadi kelemahan kita, itu kita harus berusaha untuk mengubahnya menjadi kelebihan, daya tarik, contoh dan pelopor bagi bangsa lain.

 

Referensi:

https://diaryviviana.wordpress.com/home/mengenal-belanda

http://emprorerfaisal.blogspot.com/2011/12/cara-belanda-membangun-daratan-buatan_31

http://id.wikipedia.org/wiki/Rotterdam

http://www.telegraph.co.uk/travel/destinations/europe/netherlands/9948261/The-Netherlands-by-bike-and-barge.html

www.weekendnotes.com/interesting-facts-about-netherlands/

www.youtube.com