070. Belajarlah ada Ahlinya Perairan

Penulis : Ikhsan Bani Bukhori
Tema : Water

=========================================================================================================================================================

Negara kecil tapi besar. Itulah julukan yang pantas diberikan pada negara Belanda. Negara yang terletak di eropa barat ini memiliki luas kurang lebih sama dengan provinsi jawa barat. Bandingkan dengan Indonesia yang sangat luas. Minimnya lahan yang ada justru membuat Belanda mencoba memperkenalkan diri mereka kepada dunia melalui beberapa penemuan yang kelak akan membesarkan nama negara mereka. Sebut saja Philips, Frisian Flag dan Shall, yang tentunya kita tidak asing mendengar produk itu.

Disamping produk yang popular , Belanda juga terkenal akan berbagai inovasi yang sangat mengagumkan dan bahkan menjadi sumber pembelajaran bagi negara lain di dunia. Bahkan inovasi itu mencakup beberapa elemen penting dalam kehidupan seperti tanah, udara, api dan air.

Contoh pertama yaitu tanah. Tanah yang subur tentunya cocok untuk ditumbuhi berbagai tanaman dan bunga. Hal ini cocok dengan tanah Belanda yang cocok sehingga menjadi habitat bagi berbagai macam jenis bunga. Bahkan Tulip yang tumbuh subur menjadi symbol pariwisata negara ini disamping Kincir angina tentunya. Selain Tulip, Festifal Keukenhof makin menegaskan kedigdayaan Belanda dalam memanfaatkan kesuburan tanah. Sebuah taman yang berisikan aneka bunga dan diselenggarakan setiap musim semi. Festival bunga terbesar di Eropa atau bahkan di Dunia seperti terlihat pada gambar 1.

1

Gambar 1. Festival Keukenhof selama musim Semi

Negara Kincir Angin? Ini juga merupakan salah satu simbol negara belanda. Di Belanda terdapat leih dari 10.000 kincir angin yang memiliki beragam manfaat diantaranya untuk memompa air, memotong kayu, menggiling biji-bijian dan masih banyak lagi. Mereka mampu memanfaatkan tenaga angin dan menggerakkan kincir untuk kemudian membantu mempermudah kegiatan terutama di bidang pertanian. Hal ini lah yang membuat kincir angin masih banyak dipertahankan dalam bentuk dan fungsi aslinya meskipun telah beratus-ratus tahun lamanya. Salah satu kincir angin di sebuah desa di Belanda dapat dilihat pada gambar 2.

 

2

Gambar 2. Kincir Angin sebagai simbol negara Belanda

Bagaimana dengan api? Elemen api seringkali digunakan dalam pembuatan kembang api dimana perayaan tahun baru adalah waktu terbaik menggunakannya. Semua orang akan berlomba-lomba merayakan tahun baru dengan kembang api terbaik mereka.

Elemen terakhir yaitu air. Walaupun jarang disebut sebagai ikon negara Belanda tapi inilah yang sangat diunggulkan. Pernahkah mendengar julukan negeri Dam? Pantas rasanya jika julukan negeri Dam melekat erat disini. Ada pepatah lama mengatakan, Tuhan menciptakan dunia kecuali Belanda. Hal ini terkesan sangat sombong. Belanda memang terletak dibawah permukaan air, karena itu disebut juga dengan nama Netherland, yang bisa diartikan sebagai negara di bawah permukaan air laut. Lokasi yang sangat rawan banjir dan abrasi air laut, mengharuskan orang-orang belanda untuk membangun tanggul atau dam yang berfungsi untuk menahan air laut masuk ke daratan seperti terlihat pada gambar 3 di bawah. Pengalaman beratus-ratus tahun membuat mereka ahli dalam hal ini dimana sistem pengairan di Belanda dapat dikatakan sebagai yang terbaik. Mereka menjadi sangat bersahabat dengan air. Hal ini terbukti hingga saat ini negara Belanda bebas dari bencana banjir maupun tsunami. Pengelolaan saluran air yang baik menjadi kuncinya. Bahkan di Indonesiapun, banyak saluran air yang dibangun semasa penjajahan Belanda masih berfungsi dengan baik. Hal inilah yang membuat mereka menjadi penguasa air dan pengairan di bumi ini.

3

Gambar 3. Dam Raksasa di Rotterdam

Pemanfaatan air di dalam negeri dapat dilihat dari banyaknya Tap Water yang tersedia di berbagai tempat dimana air yang keluar langsung dapat diminum tanpa meragukan kualitasnya.  Kanal-kanal yang terdapat di Belanda terutama Amsterdam pun sering digunakan untuk transportasi, walupun sebagian besar hanya untuk pariwasata.  Turis mancanegara sering melewati kanal dengan menaiki perahu yang berbentuk seperti perahu gondola di Venezia untuk mengelilingi kota Amsterdam.

Belanda juga memiliki keunggulan lain di perairan yaitu pelabuhan. Pelabuhan Rotterdam seperti pada gamabr 4 bahkan merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Eropa. Rotterdam juga tercatat sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di dunia di belakang pelabuhan Shanghai dan pelabuhan Singapura. Adanya pelabuhan yang besar ini juga menegaskan kemampuan belanda dalam bidang logistik dimana Belanda mampu menjangkau seluruh penjuru dunia. Setiap harinya kapal selalu datang dan pergi untuk melakukan bongkar muat. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan mereka membangun jaringan transportasi laut. Tidak terbayangkan bagaimana negara sekecil belanda mampu menjadi pusat logistik di Eropa yang mampu menghidupkan jalur laur. Kemampuan mereka dalam hal logistik ini sebenarnya telah sejak lama ditunjukkan dimana Belanda menjadi salah satu bangsa Eropa yang mengelilingi dunia untuk mencari rempah-rempah dan berdagang. Hal itu tidak akan tercapai kalau tidak didukung dengan kemampuan logistik dan kelautan yang kuat.

4

Gambar 4. Pelabuhan Rotterdam yang sangat sibuk

Disamping logistik tentunya juga kapal pesiar seperti HAL (Holland American Line) yang cukup terkenal di dunia. Kapal mewah yang menyambungkan Belanda dan Amerika mampu menunjukkan kemampuan inovasi dan perkembangan mereka di dunia pelayaran.

Belanda sebagai salah satu negara kecil di Eropa, merupakan salah satu sumber pembelajaran terdekat mengingat adanya hubungan sejarah antara Indonesia dan Belanda serta banyaknya keturunan Indonesia yang tinggal disana. Hal ini tentunya menjadi jembatan penghubung untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan dan inovasinya. Terlebih Indonesia yang merupakan negara maritim dengan laut yang luas memerlukan adanya kemampuan untuk mengendalikan dan memanfaatkan potensi ini, dimana Belanda telah lama menjadi master perairan.

Berbagai keunggulan dan inovasi dimiliki Belanda dalam hal tanah, udara, api dan air. Semuanya merupakan hal yang patut dicontoh. Akan tetapi keunggulan di bidang perairan merupakan hal wajib untuk dipelajari bagi Indonesia demi pemanfaatn perairan termasuk air tawar, air laut maupun pelayaran.

Seperti kata pepatah mengatakan “Jika kamu ingin belajar sesuatu maka belajarlah pada ahlinya”. Dan tentunya Belanda lah yang merupakan ahli inovasi di bidang perairan.

 

Referensi :

  1. http://www.eurotunnel.com/uk/inspiration/ideas/Keukenhof-Tulip-Festival
  2. http://www.holland.com/uk/tourism/activities/traditional/windmills/types-of-windmills-in-holland.htm
  3. http://www.theguardian.com/public-leaders-network/2015/feb/11/childrens-playground-rotterdam-flooding-climate-proof
  4. http://www.portofrotterdam.com/en/Pages/default.aspx