074. Maeslantkering, inovasi pengendali badai

Penulis : Muhamad Muhaimin
Tema : Water

=========================================================================================================================================================

Belanda memang negara yang sangat maju dalam bernovasi, terutama setelah terkena banjir dahsyat pada tahun 1953 silam yang menewaskan jutaan jiwa. Salah satu inovasi Negara kincir angin yang patut di acungin jempol adalah Maeslantkering.

1

Maeslantkering

Maeslantkering, adalah sebuah penahan gelombang badai yang sangat besar. Bahkan Meslantkering ini di sebut sebagai infrastuktur bergerak paling besar di dunia di dunia yang menyaingi Teleskop Green Bank di Amerika Serikat dan Ekskavator Bagger 288 di Jerman .

Bangunan yang diresmikan pada tahun 1997 oleh Ratu Beatrix ini merupakan salah satu tanggul proyek Delta work dan sekaligus tanggul terkahir dari proyek delta work. Delta work sendiri merupakan sebuah proyek yang di bangun akibat banjir besar yang pernah melanda Belanda pada tahun 1953.

Dalam pembangunanya mulai dari tahun 1991 sampai tahun 1997 ini Maeslantkering menghabiskan sekitar 450 juta euro.

Berlokasi di antara kota Hoek Van Holland dan kota Maassluis, Zuid Holland, Belanda. Maeslantkering ini berupa sepasang pintu gerbang penghalang berbentuk busur dengan struktur lengan berupa rangka baja dengan ukuran tinggi 22 meter dan panjang 210 meter. Lebar sungai Maas di lokasi gerbang adalah 360 meter.

2

Maeslantkering ketika dilewati kapal

Maeslantkering sendiri di opersikan sepenuhnya oleh sebuah sistem, yaitu BOS (Beslis en Ondersteunend Systeem), adalah sebuah mesin komputer yang dengan sendirinya bisa menentukan kapan Maeslantkering akan membuka dan kapan akan menutup. Maeslantkering akan menutup jika ketinggian air naik tigameter diatas normal.

Cara kerja Maeslantkering seperti sendi peluru yang menghubungkan tulang lengan atas dan tulang bahu. Bola peluru yang menghubungkan lengan-lengan Maeslantkering memudahkan satu lengan mengirim tekanan air yang begitu besar ke lengan satunya dan kemudian dikeluarkan melalui setiap pintu air yang ada. Bola tersebut ukurannya sangat besar, memiliki diameter 10m dan berat ratusan ton, sehingga tak ada satupun teknisi di Belanda yang mampu membuatnya. Bola peluru tersebut dibuat di luar negeri dan memakan biaya ratusan juta euro.

3

Maeslantkering ketika tertutup

Kekuatan tanggul Maeslantkering ini sudah terbukti pada 8 november tahun 2007 lalu saat badai besar menghantam belanda, dan ternyata benar semua aman, kota Rotterdam yang seharusnya terkena banjir juga tidak terkena banjir, termasuk pelabuhan Rotterdam yang merupakan gerbang eropa.

Ya, memang, Maeslantkering sangatlah hebat, tetapi karena mengingat biaya pembuatan dan perawatan Maeslatkering yang sangatlah mahal, maka pajak air disana juga berlipat ganda. Rakyat Belanda membayar pajak air untuk pemerintah dan juga untuk institusi pengelola air disana.

Itulah Belanda, sangat maju dalam inovasi berbagai bidang kehidupan, yang terutama air. Kini rakyat Belanda tidak hanya berinovasi untuk membangun tanggul-tanggul yang kokoh seperti Maeslantkering, tetapi juga berusaha untuk hidup bersama air.
Sumber Referensi dan Gambar:
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Maeslantkering
http://www.nesoindonesia.or.id/info-praktis/kompetiblog/live-blogging-pemenang-kompetiblog/darmawisata-ke-binnenhof-dan-maeslantkering
http://yangkiimade.blogspot.com/2010/04/rotterdam-kota-yang-seharusnya.html?m=1