087. Jalur van Bike

Penulis : Muhammad Ainul Yaqin
Tema : Earth

=========================================================================================================================================================

Kamu hobi naik sepeda ? Pengen dong merasakan bersepeda di tempat yang menyenangkan ?  Jika ada kesempatan, negara yang wajib kamu kunjungi adalah Belanda ! Ya, Belanda adalah surganya pesepeda. Tanah yang datar, iklim yang sejuk, infrastruktur yang memadai serta kesadaran masyarakatnya yang tinggi telah membentuk sebuah kultur bersepeda.

1

Sepeda di Belanda

Namun jangan salah, budaya bersepeda di Belanda tidaklah terjadi secara tiba-tiba dalam waktu semalam. Negara ini telah melewati serangkaian proses yang panjang hingga dikenal sebagai negeri untuk pesepeda. Konon, jumlah sepeda di negara ini telah melebihi jumlah penduduknya lho. Salah satu faktor yang menunjang hal itu adalah inovasi tiada henti yang dilakukan oleh Belanda. Tujuannya hanya satu, agar masyarakatnya merasa nyaman menggunakan sepeda.

Terobosan yang dilakukan oleh Belanda tidak terbatas pada sepedanya saja. Kini mereka mulai berinovasi pada jalur-jalur sepedanya. Penasaran kan apa yang Belanda lakukan pada jalur sepedanya ?

Check it out !

Namanya jalur Van Gogh-Roosegaarde. Letaknya di daerah Brabant kota Eindhoven, Belanda. Jalur sepeda yang satu ini sangatlah unik karena mampu bercahaya ketika malam hari.

Ide membuat jalur glow-in-the-dark datang dari Daan Roosegaarde, seorang artis berkebangsaan Belanda. Menurutnya, inspirasi ini berasal dari lukisan The Starry Night karya pelukis terkenal Vincent van Gogh. Lukisan yang menggambarkan suasana kota di malam hari itu diwujudkannya dalam bentuk jalur sepeda.

Ternyata oh ternyata, rahasia jalur Van Gogh-Roosegaarde terletak pada bebatuannya. Ada ± 50.000 batu glow-in-the-dark yang ditanamkan di sepanjang jalur. Pada siang hari, batu-batu ini akan mengisi energinya dan akan memancarkan cahayanya ketika malam.

2

The starry night karya Vincent van gogh

Bebatuan disusun dengan pola melingkar seperti lukisan van Gogh, hasilnya ? Terciptalah jalur sepeda sepanjang 600 meter yang mampu memberikan ilusi di malam hari. Para pengunjung seolah-olah diajak ‘masuk’ ke dalam lukisan van Gogh sambil bersepeda ditemani kilauan bintang.

Proyek ini tidak dikerjakan Roosegaarde sendirian. ia berkolaborasi dengan Heijmans Company dan  didukung oleh banyak instansi seperti pemerintah kota Eindhoven, Van Gogh Brabant, Vrijetijdshuis Brabant, Eindhoven 365 dan Routebureau Brabant.  Rupanya, jalur Van Gogh–Roosegaarde adalah bagian dari proyek Smart Highway yang sedang dikembangkan oleh  Heijmans dan Studio Roosegaarde.

3

Jalur Van Gogh – Roosegaarde yang menyala di malam hari

4

Jalur Van Gogh – Roosegaarde yang menyala di malam hari

Pada November 2014, Jalur Van Gogh-Roosegaarde sudah resmi dibuka untuk umum. Beberapa lokasi sejarah Van Gogh dilalui jalur ini. Keberadaannya menambah nilai wisata dari kota Eindhoven. Pengunjung menikmati jalur sepeda di malam hari, sehingga mereka akan tinggal lebih lama di kota Eindhoven. Dengan jalur ini, manfaat lain yang dirasakan adalah penghematan energi, hal ini dikarenakan tidak diperlukannya pencahayaan di sepanjang jalur sepeda. Roosegaarde mengatakan

“I want to create a place that people will experience in a special way’’

Masih di #JalurvanBike, sekarang ini ada lho jalur sepeda yang bisa menghasilkan listrik. Menjadikannya yang pertama dan satu-satunya di dunia, jalur sepeda ini dinamakan SolaRoad. Lokasinya di Belanda, persisnya di daerah Krommenie yang menghubungkannya dengan Wormerveer ibukota Amsterdam. Ada ± 2000 pesepeda yang melewati jalur ini setiap harinya.

5

Yang membedakannya dengan jalur biasa, SolaRoad ini terbuat dari wafer silikon (panel surya) yang bagian atasnya dilapisi kaca-tempered. Untuk memastikan jalur ini aman, kaca-tempered dilapisi pelapis anti-selip. Layaknya panel surya di rumah-rumah, jalur SolaRoad dapat memanen energi listrik dari sinar matahari yang diserapnya.

Henk Kamps Menteri ekonomi Affair yang membuka jalur ini mengatakan bahwa SolaRoad dapat menjadikan Belanda terdepan dalam hal inovasi. Meskipun belum sempurna dalam menghasilkan energi, SolaRoad bisa menjadi contoh untuk transisi transportasi ke arah low emisi.

Ide jalur ini tercetus dari intansi TNO, ia menggandeng perusahaan konstruksi jalan raya Ooms Civiel dan Imtech bekerjasama membangun jalur SolaRoad. Jalur ini bertujuan agar seluruh jalan raya di Belanda mampu menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk penerangan jalan raya, lampu lalu lintas, dan perumahaan.

6

SolaRoad yang berisikan panel surya

Uji coba pertama telah dilakukan di tahun 2010, namun sistem masih belum sempurna sehingga diperlukan riset lebih mendalam. Kemudian batu loncatan terjadi di tahun 2014, SolaRoad menjadi terobosan baru dalam energi yang berkelanjutan. Menurut Jannemieke van Dieren dari SolarRoad, selama 16 hari diuji coba, jalur ini telah menghasilkan istrik 140 Kwh. Diharapkan dari 100 m jalur sepeda akan mampu mencukupi kebutuhan 3 rumah selama setahun.

7

Pembukaan Jalur Sepeda SolaRoad di Krommenie

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sepeda telah menjadi bagian tak terpisahkan bangsa Belanda. Keberadaannya menjadi moda transportasi sentral pilihan warganya. Hal ini telah mendapat perhatian khusus dari pemerintah, komitmen Belanda untuk mereduksi emisi karbon sebanyak 95 % di tahun 2050 tentu perlu mendapat dukungan dari masyarakat salah satunya dari budaya bersepeda ini. Belanda mengharapkan penggunaan energi terbarukan mencapai 3 kali lipat ditahun 2020 dan menjadi ramah energi ditahun 2050. Semoga budaya bersepeda bisa menular yah di Indonesia, selain menyehatkan sepeda juga ramah bagi lingkungan.

 

Referensi Tulisan dan Gambar

www.solaroad.nl/en

http://imtech.com/EN/corporate/Newsroom/Highlights/Highlights—2014/Minister-Kamp-opens-SolaRoad-solar-cycle-lane-in-Krommenie,-the-Netherlands.html

http://www.dream.co.id/news/canggih-jalur-khusus-sepeda-bisa-jadi-charger-mobil-listrik-141114n.html

www.studioroosegaarde.net

http://www.dutchdailynews.com/amsterdam-one-of-the-very-best-cities-for-cyclists-in-the-world/

http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-2836612/Stunning-Starry-Night-inspired-bike-path-opens-Netherlands-celebrate-125th-anniversary-Van-Gogh-s-death.html

http://www.techtimes.com/articles/20337/20141116/glow-in-the-dark-bike-path-van-gogh-starry-night.htm

http://bit.ly/1CJDeMs