088. Krisis Energi Melahirkan Inovasi, Memberikan Inspirasi ; Belanda, Negeri Jutaan Sepeda

Penulis : Christifanny Hannalinda Taralandu
Tema : Earth

=========================================================================================================================================================

Akhir-akhir ini sering terjadi demonstrasi besar-besaran yang  tidak jarang menggunakan kekerasan dan merusak sarana dan prasarana yang ada. Para demonstran yang sebagian besar anak muda ini memprotes kebijakan pemerintah Indonesia yang dinilai merugikan rakyat. Salah satunya apa? Ya, kenaikan harga BBM. Daripada kita ikut-ikutan berpanas ria, berteriak-teriak bahkan yang lebih parah, merusak fasilitas yang dibangun dari hasil pajak kendaraan kita sendiri, lebih baik mari kita belajar dari inovasi hebat dan keren karya Negeri Van Oranje, Belanda.

Masalah yang sama, krisis energi. Tetapi Belanda mengambil langkah pencarian solusi dengan menciptakan inovasi, bukan hanya sekedar rakyatnya berdemonstrasi. Berawal dari krisis minyak bumi pada tahun 1973 dimana harga minyak bumi meningkat empat kali lipat dan meningkatnya kematian akibat kecelakaan lalu lintas, rakyat belanda turun ke jalan-jalan menuntut perubahan. Kejadian-kejadian ini mendorong pemerintah belanda mengeluarkan kebijakan baru untuk mengatasi permasalahan yang ada. Perdana Menteri pada masa itu kemudian mendeklarasikan bahwa Belanda akan berusaha  mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi. Inilah cikal bakal adanya Car Free Sundays di beberapa kota di Negeri Belanda. Perlahan, pusat-pusat kota di Negeri Belanda menjadi car free alias bebas kendaraan bermotor. Ternyata, komitmen mereka tidak berhenti di care free saja.  Pembangunan sarana dan prasarana untuk kenyamanan rakyatnya bersepeda mulai dilakukan, mulai dari pembuatan jalur-jalur sepeda, papan penunjuk jalan, tempat-tempat parkir sepeda, jalan-jalan pintas hingga lampu lalu lintas. Toko-toko sepedapun mulai bertebaran dimana-mana.

1

Salah satu jalur sepeda
(en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands)

Semua infrastruktur yang dibangun ini mengedepankan keamanan, kenyamanan dan efisiensi bagi pengendara sepeda. Contohnya bagaimana? Jalur-jalur sepeda seminimal mungkin dibuat tidak bersinggungan dengan kendaraan bermotor. Ada lampu lalu lintas khusus juga loh bagi pengendara sepeda, ukurannya lebih kecil dari lampu lalu lintas pada umumnya. Selain itu, pemerintah menciptakan jalur-jalur sepeda yang memungkinkan bagi para pengendara sepeda untuk cepat sampai tujuan. Kalau di Indonesia, mungkin namanya jalan tikus ya. Menyenangkan bukan? Bahkan pada tahun 2012 lalu, Belanda membangun proyek jalan layang khusus bagi pengendara sepeda yang berlokasi di Provinsi North Brabant. Nama jalan ini adalah Hovenring, dan yang membuat kagum, ini jenis proyek pertama didunia yang dibangun untuk para pengendara sepeda. Wow!

2

The Hovenring
(en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands)

Bagaimana ya dengan pengendara kendaraan bermotor? Tentu mereka tetap diperbolehkan beroperasi tetapi mereka harus berhati-hati karena jika terjadi kecelakaan dengan pengendara sepeda, yang cenderung merugi adalah pengendara kendaraan bermotor. Mengapa? Karena hukum di negeri asal pemain sepak bola Wesley Sneijder ini lebih melindungi pengendara sepeda. Jika terjadi tabrakan dan pengendara kendaraan bermotor terbukti  bersalah, mereka harus membayar semua kerugian termasuk biaya berobat si pengendara sepeda. Kalau yang ini biasa ya. Yang tidak biasa adalah, apabila si pengendara sepeda secara tidak sengaja menabrak mobil atau kendaraan bermotor lainnya, si pengendara kendaraan bermotor tetap harus membayar setengah dari kerusakan yang dialami pengendara sepeda. Lain halnya kalau si pengendara sepeda masih berumur 14 tahun kebawah. Ganti ruginya bukan cuma setengah lagi, tetapi seluruhnya! Pro cyclists banget kan? Tetapi ini tidak berarti para cyclists boleh semena-mena di jalan. Jika mereka tidak mempedulikan lampu merah, menyalahi rute atau tidak menggunakan lampu di malam hari, mereka juga di denda kok.

Kebijakan Belanda tidak hanya sampai disitu saja, teman. Selain mengeluarkan aturan yang ketat mengenai tata tertib lalu lintas, mereka juga melatih pengendara kendaraan bermotor tentang bagaimana caranya meminimalisir kecelakaan dengan pengendara sepeda. Hal ini dijadikan sebagai  salah satu persyaratan untuk memperoleh ijin berkendara. Rakyat Belanda juga melatih anak-anak mereka agar percaya diri mengendarai sepeda di jalanan, tentunya dengan mematuhi aturan-aturan lalu lintas. Latihan ini diajarkan sebelum mereka berusia 12 tahun dan setelah lulus, mereka berhak mendapatkan Traffic Certificate. Yang tak kalah mengagumkan, Belanda juga memasukkan pelajaran tentang keamanan bersepeda kedalam kurikulum sekolah. Komitmen yang luar biasa bukan?

Semua peraturan dan kebijakan yang dibuat ini menyebabkan pengendara kendaraan bermotor lebih memilih memuseumkan mobil-mobil mereka yang memboroskan energi itu ke dalam garasi dan menggunakan sepeda untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, kuliah, berbelanja, atau untuk sekedar jalan-jalan. Beraktivitas dengan mobil juga kini dianggap sulit dan tidak praktis di Belanda, gara-gara desain kota yang lebih mempermudah untuk berkendara dengan sepeda, mahalnya pajak kendaraan bermotor, pembatasan kepemilikan mobil, dan semakin terbatasnya area parkir bagi kendaraan yang bergantung pada energi dari minyak bumi ini.

3

Bersepeda lebih efektif dan menyenangkan
(en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands)

Kini, 31% penduduk Belanda menggunakan sepeda sebagai kendaraan untuk melakukan aktivitas sehari-hari mereka. 27% penduduk kota dan desa juga menggunakan sepeda untuk melakukan perjalanan. Di kota besar seperti Amsterdam, penggunaan sepeda sudah mencapai 38%, bahkan ada dua kota yang penggunaan sepeda mereka bisa mencapai 46% (Kota Zwolle) dan 59% (Kota Groningen) yang memegang rekor penggunaan sepeda terbanyak diseluruh dunia. Coba bayangkan, berapa barrel minyak yang telah mereka hemat!?

Pencapaian yang luar biasa ini bukan hanya hasil kerja keras pemerintah loh. Adanya organisasi besar bernama Fietsersbond (Persatuan Pengendara Sepeda) turut berperan aktif dalam kebijakan-kebijakan dan hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah. Mereka aktif melakukan penelitian dan melobi politisi dan pelayan masyarakat mulai dari tingkat nasional, provinsi hingga lokal sehingga terbentuklah infrastruktur sepeda yang inovatif, sistem parkir sepeda yang terus membaik, dan keamanan berkendara yang semakin meningkat. Selain Fietsersbond, ada juga Dutch Cycling Embassy alias Duta Bersepeda Belanda. Organisasi Public Private Network ini adalah partner Fietsersbond  yang salah satu program kerjanya adalah memfasilitasi negara lain jika ingin belajar mengenai seluk beluk kebijakan, program, dan hukum di Negara Belanda yang berhubungan dengan sepeda. Ternyata sudah banyak negara yang melirik sepeda untuk dijadikan alternatif transportasi  hemat energi. Sebut saja UK, Jerman, Scandinavia, USA, Equador, Brazil, Perancis Colombia, Meksiko, Taiwan, dan Australia.

Inovasi-inovasi luar biasa yang telah dilakukan oleh Belanda secara sustainable demi menghemat energi bumi ini patut kita tiru. Pada saat penjualan minyak bumi mengalami embargo (pembatasan perdagangan), harga BBM di negara kita tentu naik dan berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok. Sebagai negara yang hampir seluruh aktivitas perekonomiannya bergantung pada minyak bumi, marilah kita mulai membuka mata, memulai menghemat pemberian Tuhan yang tidak bisa diperbaharui ini. Kita tidak perlu menunggu untuk menjadi ilmuwan terkenal baru bisa berinovasi. Jika belum bisa mengendalikan sesuatu yang berada diluar kemampuan kita, kita bisa mengubah diri kita terlebih dahulu bukan? Ambil sepedamu dan gunakanlah ke kampus, ke tempat kerja, ke pasar, dan lain-lain, itulah inovasi. Berani?

 

Sumber:

Dutch Cycling Embassy, 2015. (Online). http://www.dutchcycling.nl/, diakses 11 April 2015

Triple Pundit, 2013. “A Brief History of Cycling in Denmark & Netherlands”.  (Online). http://www.triplepundit.com/special/brief-history-cycling-denmark-netherlands/ , diakses 11 April 2015

Wikipedia, 2015. “Cycling in the Netherlands”. (Online). http://en.wikipedia.org/wiki/Cycling_in_the_Netherlands, diakses 11 April 2015