090. Solar Road, Harapan Baru Pemasok Energi Listrik Terbarukan Belanda

Penulis : Margaret Br. Tobing
Tema : Fire

=========================================================================================================================================================

Setelah Belanda sukses dalam pengembangan program Glow in the dark memanfaatkan cat luminescent yang menyerap energi matahari untuk marka jalan dan pada jalur sepedahnya, kali ini Belanda juga sedang mengembangkan proyek inovatif solar road/solar panel pada jalan-jalannya.

1

2

Proyek Solar road/solar panel ini sudah mulai di rintis sejak tahun 2009. Solar road/solar panel merupakan jalan ramah lingkungan yang di buat dari dari campuran batuan keras dan solar cell (penyerap tenaga surya) yang dilapisi kaca anti pecah. Komponen Solar road sedang dikembangkan sebagai lembaran prefabrikasi yang terdiri dari bahan beton 2,5 x 3,5 meter dengan lapisan atas mengunakan kaca tempered, yaitu sekitar 1 cm dan di bawah kaca tersebut terdapat sel surya dari bahan silikon.

Solar road merupakan siklus jalan yang menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti penerangan jalan dan sistem lalu lintas dan untuk kebutuhan rumah tangga, dan kedepanya diharapkan mobil listrik juga bisa mendapatkan manfaat dari solar road tersebut.

Lokasi percontohan Solar road ini dipilih di daerah Krommenie, karena daerah ini memenuhi kriteria yang penting seperti siklus jalan yang memiliki ruang kosong di kedua sisinya, siklus jalan langsung menghadap matahari, lokasi mudah di akses oleh kendaraan dan masyarakat yang antusias terhadap proyek energi terbarukan.

Tidak seperti pembangkit listrik pada umumnya yang membutuhkan lokasi kusus dan tempat yang luas, Solar road/solar panel  atau jalan surya dapat ditemukan di lingkungan penduduk, dan jalan tersebut tidak akan mengambil lahan yang dibutuhkan untuk keperluan lain. Hal tersebut sangat penting mengingat Belanda merupakan satu negara yang paling padat penduduknya di dunia, dan juga tinggi dalam bertani.

Sumber :

http://www.daisylovesdesign.com/2014/the-worlds-first-smart-highway-glowing-lines-designed-by-daan-roosegaarde/

http://news.yahoo.com/dutch-unveil-worlds-first-solar-powered-bicycle-path-155449520.html

http://www.cbc.ca/news/technology/dutch-test-solaroad-solar-panels-on-bike-path-1.2831630