092. Filosofi Angin, Keluhuran Makna dalam Inovasi Energi Belanda

Penulis : Annisa Fitri
Tema : Air

=========================================================================================================================================================

Para filsuf dari beberapa negara telah mendeskripsikan makna udara dari berbagai pandangan, salah satunya adalah karakteristik udara sebagai mediator antara elemen air dan api. Para filsuf Yunani kuno menggambarkan bahwa karakter udara adalah lembab dan hangat, merupakan jembatan dari karakter air yang dingin dan lembab, dengan karakter api yang hangat dan kering.  Pencarian makna tentang udara berkembang seiring kemajuan zaman, mulai dari doktrin para filsuf hingga bukti-bukti eksperimen yang mampu menjelaskan karakteristik udara hingga tingkat mikroskopis.

1

Gambar 4 Elemen Kehidupan
Sumber : http://penakawan.blogspot.com/2014/06/normal

Angin merupakan unsur pokok dalam kehidupan makhluk hidup di bumi. Berbagai siklus kehidupan berjalan dengan bantuan angin. Siklus alamiah seperti  proses penyerbukan tumbuhan, serta sumber  tenaga bagi para nelayan untuk menggerakkan perahu layar. Namun, saat ini filosofi udara yang dipaparkan oleh para filsuf memiliki korelasi yang kuat dengan manfaat energi angin. Energi angin dapat dikonversi menjadi energi listrik yang identik dengan elemen api, selain itu energi angin juga dapat dimanfaatkan untuk proses pengairan. Selain itu hubungan antara elemen angin dan api ternyata memiliki keterkaitan yang erat. Angin merupakan udara yang bergerak akibat perbedaan tekanan di permukaan bumi, perbedaan tekanan udara dipengaruhi oleh perbedaan suhu yang ada di permukaan bumi karena sinar matahari yang jatuh ke permukaan bumi tidak rata. Matahari disebut seperti bola api raksasa yang meradiasikan energi hingga ke bumi.

Pembahasan tentang manfaat angin di abad 20 belum lengkap tanpa membahas tentang tekhnologi sumber energi tenaga angin. Simbol pemanfaatan tenaga angin di dunia diberikan kepada negeri Belanda. Julukan negeri kincir angin seolah tidak bisa lepas dari kemegahan negara ini. Sejarah kincir angin di Belanda berawal dari abad ke 13, dimana penggunaanya untuk menangani permasalahan banjir, serta tenaga penggilingan makanan. Tahun 1970, Chris Wetra dan tim mengembangkan sistem energi tenaga angin untuk memasok listrik bagi 27 ribu rumah tangga di wilayah Kamperduin.  Belanda mengetahui secara persis potensi energi angin yang dianugrahi Tuhan di negara tersebut, mereka mengembangkan pembangkit listrik tenaga angin didaratan dan di kawasan lepas pantai.

2

Gambar Kincir Angin Belanda
Sumber : http://www.abdolian.com/thoughts/?p=2806

Keunikan bentuk kincir angin di Belanda merupakan suatu bentuk inovasi yang menjadi landasan sumber energi terbarukan dari tenaga angin secara modern. Kebiasaan masyarakat dalam memanfaatkan kincir angin masih tetap dipertahankan sampai saat ini. Mengapa negara Belanda mengunggulkan tenaga angin? Kondisi geografis dari Belanda sangat mendukung untuk memanfaatkan sumber energi ini, kecepatan angin rata-rata di Belanda cukup kencang dan konstan, dengan rata- rata sekitar 4,5 m/s pada tahun 2005. Kondisi ini mendukung Belanda untuk memanfaatkan potensi energi angin secara optimal. Tahun 2010 4% dari energi listrik bersumber dari energi terbarukan, termasuk energi angin. Hal ini masih disayangkan karena potensi energi terbarukan di negara mereka cukup menjanjikan, oleh karena itu Pemerintah Belanda memasang target 14% energi listrik dihasilkan oleh  energi terbarukan.

Belanda mampu membuktikan filosofi udara dengan caranya sendiri, seorang filsuf Tibet mengartikan angin adalah gerakan, sedangkan dalam tradisi China udara dengan istilah Qi dimaknai sebagai energi dari kehidupan atau energi dari perpindahan. Belanda mengubah tenaga angin menjadi sumber energi kehidupan yang lain, permukaan tanah yang lebih rendah dari permukaan laut mampu mereka atasi dengan tenaga angin untuk sistem pengeringan daratan. Pengolahan makanan yang menjadi sumber kehidupan bagi manusia juga tidak lepas dari bantuan kincir angin karya mereka. Inovasi berhasil membuktikan bahwa udara di Belanda hadir tidak hanya untuk kebutuhan bernafas manusia melainkan untuk memajukan peradaban.

Memilih angin menjadi sumber energi bukan pilihan yang salah, kecocokan antara sumber energi angin dengan karakter masyarakat Belanda cukup terlihat. Negara Oranje ini terkenal dengan reputasi kebersihan lingkungan yang sangat baik di bandingkan dengan negara-negara Eropa yang lain. Masyarakat Belanda dikenal terobsesi dengan kebersihan, mereka memilih mengendarai sepeda untuk alasan kesehatan dan meminimalisir kadar pencemaran udara. Terlihat memang tepat pilihan Belanda untuk konsisten memanfaatkan energi angin karena menurut para ahli energi terbarukan, energi angin adalah sumber energi yang bersih, karena tidak menghasilkan emisi gas buang karbon dioksida yang menjadi faktor utama pemanasan global. Konsistensi Belanda mengembangkan energi bersih yang satu ini terbukti dengan dihasilkannya 2000 MW listrik dari pembangkit listrik tenaga angin pada tahun 2009, sedangkan stasiun pembangkit listrik tenaga batu bara hanya sekitar 600-700 MW.

Kelanjutan inovasi dalam bidang sumber energi angin di Belanda dapat menjadi contoh bagi negara Indonesia. Filosofi angin yang menjadi doktrin berabad abad dapat dijadikan pelajaran untuk mengambil manfaat dari alam. Inovasi energi menjadi salah satu jawaban dari keluhuran makna yang disampaikan bumi untuk manusia, Belanda mampu membuktikannya.

Sumber Referensi:

  1. http://www.listrikindonesia.com/pemanfaatan_energi_angin_di_belanda_belum_optimal_123.htm
  2. http://www.alpensteel.com/article/47-103-energi-angin–wind-turbine–wind-mill/558-perkembangan-energi-angin-belanda-kalah-bersaing-di-darat-.html
  3. http://www.fortiswindenergy.com/wind-energy/advantages-wind-energy/windmap-of-the-netherlands
  4. http://cleantechnica.com/2014/08/01/144-mw-near-shore-wind-farm-netherlands/
  5. http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/tenaga_angin/
  6. http://www.holland.com/us/tourism/article/wind-energy-in-holland.htm