094. The Dutch Rainmaker by The Dutch: Freshwater Everywhere!

Penulis : Ulfi Ghaida Rosna
Tema : Water

=========================================================================================================================================================

Fakta-fakta:

Hanya kurang dari 1% dari total sumber daya air di dunia adalah air tawar, atau air yang dapat diminum.

Penggunaan air tawar telah meningkat dalam 50 tahun terakhir hingga lebih dari 500%, dan sebagian besarnya digunakan untuk pertanian.

Setengah  penduduk negara-negara berkembang hidup dalam kesulitan air.

Lebih dari dua miliar orang tidak mempunyai akses ke air bersih dan sanitasi.

Setiap jam, 240 anak meninggal, karena kurangnya sanitasi yang baik dan air yang layak pakai.

Sudah baca yang di atas? Gimana? Miris kan?

Ya Tuhan! Kok bisa? 70% dari permukaan bumi kita kan air?

Shhh… ingat, 70% dari permukaan bumi memang air, tapi, 97% air di bumi adalah air asin atau air laut, yang mengandung garam dan mineral lainnya, yang nggak bisa sembarangan digunakan oleh manusia untuk keperluan sehari-hari. Yang harus diolah dulu hingga kandungan garamnya terpisah. Sedangkan, lebih dari 2%-nya adalah es glasier yang ada di sekitar kutub utara dan kutub selatan. Air dari es ini adalah air tawar, tapi, tetap saja letak sumbernya terlalu jauh dari tempat manusia hidup untuk bisa digunakan. Jadilah yang bisa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari hanya sisa air di bumi ini yang kurang dari 1% banyaknya. Yaitu air tawar yang tersebar di sungai-sungai, danau, dan air di dalam tanah. See? Kita memakai air yang sedikit itu untuk minum, mandi, mencuci, bertani, dan lain-lain, yang kalau semuanya ditotalin, jumlahnya bejibun abis!

Kebayang nggak tuh? Air yang sedikit itu digunakan oleh lebih dari 7 miliar manusia di seluruh dunia! Yang terkadang, dibuang-buang seenaknya, digunakan untuk hal yang nggak penting, dicemari, Oh My… nggak heran kalau masih banyak orang di planet ini yang sangat kekurangan air. Bahkan, banyak anak-anak yang meninggal sebelum menjadi generasi penerus bangsa-bangsanya hanya karena kurangnya air bersih dan buruknya sanitasi!

Astaga! Terus gimana dong?

Rileks. Sekarang ini, sudah banyak alat-alat canggih yang diciptakan untuk menghasilkan air tawar dan bersih untuk kelangsungan hidup umat manusia. Tapi, si negeri penuh inovasi yang satu ini punya teknologi inovasi yang lebih-lebih dari alat-alat canggih itu. O ya? Lebih-lebih apanya? Yuk, kita bentangkan karpet terbang menuju negeri sejuta pesona di ujung Eropa Barat sana! Belanda! Kita kenalan sama si keren turbin AW75 dari Dutch Rainmaker!!!

Dutch Rainmaker?

Yap. Dutch Rainmaker, adalah salah satu perusahaan teknologi super inovatif di Leeuwarden, Belanda, yang punya projek pada konsep-konesp baru dan revolusioner untuk produksi air tawar yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti keperluan rumah tangga dan irigasi. Salah satu produk paling kece-nya yaitu AW75, sebuah turbin yang bisa menghasilkan air dari udara! Yes, air tawar dari udara yang ada di seluruh muka bumi!

Nggak seperti produk-produk yang menghasilkan air tawar lainnya, teknologi turbin AW75 punya kelebihan-kelebihan yang membuatnya pantas menyandang gelar sebagai produk inovasi super keren yang diciptakan oleh The Dutch! Mau tahu apa? Mari simak penjelasan berikut ini!

1

Figure 1 Logo Dutch Rainmaker

Dutch Rainmaker AW75 merupakan sebuah turbin angin yang bisa ditempatkan di mana saja. Sangat cocok ditempatkan di daerah-daerah kurang atau bahkan tidak ada akses air, karena dalam pengoperasiannya, sama sekali tidak diperlukan air lainnya seperti air laut atau air limbah sebagaimana produk-produk penghasil air tawar yang lain, karena air tawar yang dihasilkan dari turbin AW75 ini berasal dari udara!

2

Figure 2 Dutch Rainmaker AW75

Nggak perlu khawatir untuk daerah-daerah terpencil dan minim infrastruktur. Dutch Rainmaker AW75 bisa bekerja tanpa perlu sumber daya eksternal kecuali angin! Sistem turbin anginnya juga tidak mendorong generator untuk menghasilkan listrik seperti yang sering terjadi. Sebaliknya, ia mengkonversi energi angin menjadi energi  mekanik dengan menggunakan rotor, prinsip operasinya, turbin memaksa udara ke penukar panas dimana udara akan didinginkan dan proses kondensasi berlangsung. Ketika suhu udara turun dibawah titik embun, terbentuklah tetesan-tetesan air yang kemudian terkumpul dalam sebuah kompartmen penyimpanan.

3

Figure 3 Proses kerja AW75

Berapa banyak air yang bisa dihasilkan?

Tergantung pada suhu lingkungan lokal dan kondisi kelembapan udara. Misalkan, udara pada suhu 20° C dan 50%RH (Relative Humidity/Kelembapan Relatif) mengandung sekitar 7 gram air per kilogram udara. Sedangkan udara pada suhu 30° C dan 50% RH mengandung hampir 14 gram air/1 kg udara. (1 m 3 beratnya sekitar 1,3 kg). Nggak nanggung-nanggung, Dutch Rainmaker AW75 bisa menghasilkan air sampai sebanyak 7,500 liter per hari! Dan air sebanyak ini tentu saja bisa langsung digunakan untuk kebutuhan domestik atau irigasi. Selain itu, yang membuat produk inovasi ini tambah super adalah tidak adanya limbah yang dihasilkan, karena produk Dutch Rainmaker tidak menggunakan bahan kimia dan bahan-bahan penghasil limbah lainnya sama sekali. Benar-benar ramah lingkungan, kan? Ditambah lagi, biaya operasi dan pemeliharaan yang rendah membuatnya menjadi produk yang terjangkau dan berkelanjutan! Nggak heran kalau negara kaya yang minim air seperti Kuwait terpikat sama produk yang satu ini.

4

Figure 4 Dutch Rainmaker di Kuwait

Selain turbin AW75, Dutch Rainmaker juga punya produk-produk lainnya seperti AW75 Booster, alat yang mendukung turbin AW75 untuk tetap menghasilkan air ketika angin sedang tidak optimal, dan WW75 yang bisa merubah air laut atau air yang tercemar menjadi air bersih yang siap pakai!

Furthermore, we will be able to access Freshwater EVERYWHERE!

Dan menjaga kelangsungan hidup umat manusia dari kekurangan air!

Itulah, apa yang telah suatu negeri sumbangkan untuk kelangsungan eksistensi bumi ini. Suatu negeri yang bahkan kondisi alamnya tidak seberuntung negara kita, tapi bisa membuat keajaiban-keajaiban dari berbagai elemen kehidupan.

Negeri, yang tidak hanya mengedepankan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya, tapi juga karakter ‘cinta lingkungan’yang terus melekat, sehingga apa yang diciptakan akan selalu membawakan kebaikan bagi kehidupan.

Come on! Bangun dan buka mata lebar-lebar! Jangan cuma melongo dan terkagum-kagum dengan kehebatan sang Negeri Kincir Angin itu! Serap resepnya, install karakter dan semangat berinovasinya dalam diri, jadikan bangsa kita bangsa yang sehebat dan sebermanfaat itu juga untuk kehidupan!

 

Referensi:

http://www.dutchwatersector.com/news-events/news/777-first-full-scale-wind-turbine-rainmaker-makes-drinking-water-from-air.html

http://dutchrainmaker.nl/markets/aw75/

http://dutchrainmaker.nl/wp-content/uploads/Snapshot-290×300.jpg

http://www.dutchwatersector.com/uploads/2013/09/dws-dutch-rainmaker-pilot-kuwait-photo3-300px.jpg