101. ModulAIR, Bukan Rumah Kaca Biasa !

Penulis : Faninda Meilisa Putri
Tema : Earth

=========================================================================================================================================================

Teman-teman pada tahu nggak Negara Belanda selain terkenal dengan keju, tulip, lukisan ataupun kincir angin ada apalagi ?

Van Persie ?

Iya sih bener, saya suka juga sama pemain bola satu itu tapi bukan itu jawaban yang saya bayangkan.

Jadi gini, saya mau cerita sama teman-teman kalau Belanda itu ternyata sangat terkenal dengan produk hortikultura-nya. Pengertian istilah hortikultura atau di Belanda disebut dengan tuinbouw ini berasal dari Bahasa Latin yang artinya teknik bercocok tanam dengan menggunakan media kebun ataupun lahan. Secara garis besar, hortikultura terbagi menjadi empat klasifikasi yaitu sayuran, buah-buahan, tanaman hias (iya, tulip termasuk disini) serta obat-obatan[1].  Tanaman hortikultura sendiri tentunya sudah banyak dikonsumsi oleh teman-teman sehari-hari seperti sayur-mayur dan buah-buahan. Tapi tahukah teman-teman bahwa ternyata Belanda pada tahun 2014, berdasarkan info dari situs Holland Trade, menjadi negara peringkat ketiga dalam hal ekspor produk hortikultura. Selain itu, ternyata Belanda juga menjadi negara yang mengekspor benih tanaman (seed) terbesar di dunia dan menyumbang devisa negara sekitar 1.5 miliar Euro setiap tahunnya.

1

(Sumber: transfer-lbc.com)

Berbagai faktor melatarbelakangi kesuksesan Belanda dalam hal pembudidayaan tanaman hortikultura tersebut seperti gigihnya orang Belanda dalam melakukan riset dan pengembangan (R&D). Berkat aktivitas R&D inilah akhirnya Belanda mampu membuat penemuan yang memberikan sumbangsih atas kegiatan ekspor hortikultura ke seluruh dunia saat ini. Perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi canggih akhirnya berhasil menelurkan inovasi dalam hal budidaya hortikultura salah satunya adalah dengan melakukan inovasi pada rumah kaca konvensional. Perkenalkan konsep rumah kaca ModulAIR.

ModulAIR Greenhouse

Budidaya tanaman dengan menggunakan rumah kaca sudah banyak dilakukan di berbagai negara namun konsep rumah kaca yang ditemukan oleh Van der Hoeven ini berbeda dari yang lainnya. Jika biasanya rumah kaca yang digunakan oleh para petani atau pembudidaya hortikultura memiliki fungsi yang sama dan standar pada umumnya, lain halnya dengan ModulAIR. ModulAIR menawarkan konsep rumah kaca yang dapat dipesan sesuai kebutuhan pelanggan, custom. Custom disini maksudnya adalah bahwa elemen ataupun komponen yang terkandung dalam desain ModulAIR dapat ditambah ataupun dihilangkan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Selain dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, apalagi yang menjadi kelebihan ModulAIR ? Ternyata ModulAIR juga dapat digunakan dalam segala macam iklim, dengan memakan energi yang lebih rendah dari rumah kaca lainnya sehingga mampu mengurangi biaya operasional.

Pada beberapa daerah, kebutuhan akan kelembapan udara dibutuhkan dan pada daerah lainnya, suhu yang dingin/sejuk juga dibutuhkan. ModulAIR mampu memenuhi kebutuhan akan perbedaan iklim tersebut sebab ModulAIR dilengkapi dengan cooling pad system yang cocok digunakan pada saat cuaca panas. Cooling pad ini nantinya akan aktif secara otomotis ketika suhu sudah terasa sangat panas dan kemudian alat ini akan menyemprotkan air dingin yang telah ber-evaporasi menjadi udara yang sejuk. Lalu bagaimana jika cuaca sedang dingin ? Don’t worry, ModulAIR menyediakan sistem penghangat udara melalui jaringan pipa tempat hortikultura ditanam yang akan mengeluarkan udara panas saat dibutuhkan.

2

Sumber: ModulAIR brochure Van der Hoeven

Untuk mengatasi serangga yang masuk ke dalam rumah kaca, ModulAIR mencegahnya dengan menggunakan jaring stainless steel. Upaya pencegahan masuknya serangga ini juga berpengaruh terhadap penggunaan pestisida pada tanaman. Dengan berkurangnya serangga yang merusak tanaman, maka penggunaan pestisida pun bisa dihilangkan sehingga tanaman di dalam rumah kaca lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

ModulAIR telah dirancang sedemikian rupa untuk dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan tanaman pada saat itu. Mulai dari sistem pencahayaan yang mampu diminimalisir melalui jendela pada atap rumah kaca, sistem yang mampu mendaur ulang karbondioksida (CO2) untuk tanaman hingga modul yang membantu penggunanya untuk mengatur suhu udara yang diperlukan. Luar biasa ! tidak heran kalau ModulAIR masuk kedalam nominasi Horti Fair Award 2012 lalu di Belanda.

Jadi bagaimana ? Teman-teman tertarik untuk memesan ModulAIR dan memulai untuk menanam sendiri hortikultura yang dibutuhkan ? Selamat bercocok tanam ! J

 

Referensi:

Der Hoeven, Van. Horticultural Projects With IQ: ModulAIR Brochure. Belanda.

http://www.floraculture.eu/?p=7155

http://www.vanderhoeven.nl/en/news/1351507493/ModulAIR

http://www.hollandtrade.com/sector-information/horticulture/

http://www.infoagribisnis.com/2014/11/tanaman-holtikultura/



[1]Info Agribisnis. Tanaman Hortikultura. http://www.infoagribisnis.com/2014/11/tanaman-holtikultura/

3

Sumber: (ModulAIR brochure from Van der Hoeven)