103. Meneguk Sehat dari Tap Water

Penulis : Ayu Adriyani
Tema : Water

=========================================================================================================================================================

Di dunia ini, siapa sih yang tidak mau sehat? Masifnya perkembangan teknologi, membuat gaya hidup pun melaju. Tanpa disadari, memerhatikan pola hidup adalah sebuah keharusan agar sehat tetap terawat di dalam diri. Serupa mata pisau, kebermanfaatan teknologi bergantung pada positif, negatif penggunaannya.

Lebih dari satu abad lalu, berbagai penyakit menyendera Belanda. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan dan konsumsi air yang tidak sehat. Bagai makan buah simalakama kan? Air sangat dibutuhkan untuk asupan energi, namun ketika dikonsumsi malah mendatangkan penyakit.

Dari segi geografis, Belanda memang tergolong unik. Sebagian besar daratan Belanda berada di bawah permukaan laut. Tanpa ada bantuan tanggul saja, maka 2/3  daratan Belanda akan jadi langganan banjir. Nah loh, lalu bagaimana Belanda menyiasati gempuran penyakit, memadukan secara apik antara potensi dan masalah untuk memunculkan solusi?

http://www.grohe.com/mea/10570/kitchen/kitchen-trends-designs/water-filter-faucets/

http://www.grohe.com/mea/10570/kitchen/kitchen-trends-designs/water-filter-faucets/

Menarik. Hari ini, kita mengenal Water from The Tap. Ya, setelah melalui pergumulan yang cukup panjang, Belanda berhasil menghadirkan air laut, air tanah, dan air permukaan menjadi ramah untuk segera dikonsumsi. Tidak hanya di rumah, namun juga di berbagai tempat-tempat umum.

Tidak adanya proses pengeringan terlebih penimbunan laut, mencerminkan betapa teknologi mampu mengubah potensi petaka menjadi anugerah. Melalui proses desalinasi, tidak ada lagi air laut yang asin, jadi tak usah sungkan meminum air langsung dari kran. Tidak hanya itu, Membrane Bioreactor Technique (MBR), teknik desinfektan untuk pengolahan air limbah, dan Sharon Anammox sebagai salah satu produk hasil kerja sama konsultan pemasok tekhnologi Belanda, serta dua universitas di Belanda telah diuji sebaik-baiknya pengujian di Rotterdam, Belanda sana. Selain itu, tekhnologi Nereda atau penggunaan lumpur granula dalam metode pemurnian air pun dilakukan dalam menyempurnakan upaya untuk menjaga sehat dalam setiap tegukan.

Proses Desalinasi air laut  (http://nanosmartfilter.com/info-bermanfaat/page/13/)

Proses Desalinasi air laut
(http://nanosmartfilter.com/info-bermanfaat/page/13/)

Pemanfaatan berbagai teknik pengolahan air dan pemaduan berbagai inovasi, dengan proses yang tidak singkat untuk menghalangi organik pengganggu, Belanda hadir sebagai salah satu negara terbaik dalam hal penyediaan air bersih dan sehat. Nampaknya, orang-orang Belanda telah lebih dulu mafhum bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mengobati orang sakit akan jauh lebih besar dibandingkan merancang inovasi untuk tetap hidup sehat.

http://nanosmartfilter.com/author/admin/page/13/

http://nanosmartfilter.com/author/admin/page/13/

Salah satu rumusan yang dikeluarkan pada World Water Forum beberapa tahun silam adalah gambaran akan potensi krisis air yang akan dialami dunia pada tahun 2025 mendatang. Serupa hidup belum tentu berakhir esok hari, teknologi diciptakan untuk mengatasi gundah akan masalah-masalah jangka panjang. Dari Belanda, kita belajar bahwa kualitas adalah penyempurna kuantitas.

 

Bahan Bacaan:

http://kireina-kiki.blogspot.com/2010/04/dutch-innovation-in-my-opinion_25.html

http://nanosmartfilter.com/author/admin/page/13/

http://nanosmartfilter.com/info-bermanfaat/page/13/

http://www.alpensteel.com/article/47-103-energi-angin–wind-turbine–wind-mill/3422–water-from-the-tap-di-belanda.html

http://www.grohe.com/mea/10570/kitchen/kitchen-trends-designs/water-filter-faucets/

http://www.tripadvisor.com/ShowTopic-g188590-i60-k762259-Is_tap_water_safe-Amsterdam_North_Holland_Province.html

https://yusnaeni.wordpress.com/tag/water-from-the-tap/