108. Polder: Sebuah Inovasi Unik Untuk Tempat Tinggal Yang Lebih Kering

Penulis : NUR MUHAMMAD AFIF S.
Tema : Earth

=========================================================================================================================================================

image001
Gambar 1. Salah satu pemandangan di sudut kota Rotterdam

Belanda merupakan salah satu negara kecil yang terletak di timur laut benua Eropa. Pemerintahan di Belanda berbentuk Demokrasi Parlementer dibawah Monarki Konstitusional. Sebagian besar daratan di Belanda digenangi air, hal ini terjadi karena daratan tersebut memiliki ketinggian dibawah garis pantai. Negara yang berbatasan langsung dengan Belgia disebelah selatan dan Jerman di sebelah timur ini memiliki keunikan secara geografis. Keunikan tersebut muncul karena sebagian besar daratan di Belanda yang tertutup air. Keunikan tersebut kemudian dituliskan mejadi sebuah peribahasa kuno dari Belanda yang berbunyi “Tuhan Menciptakan Dunia, tapi orang-orang Belanda menciptakan Negara Belanda (God created the world but the dutch created Holland)”. Jika ditelaah lebih lanjut, peribahasa ini mungkin memiliki sedikit kebenaran pada sudut pandang tertentu.

Kebenaran dari peribahasa tersebut dapat dibuktikan dari penjabaran berikut. Telah disebutkan sebelumnya, bahwa sebagian besar daratan di Belanda tertutup perairan berupa laut, danau, atau oleh rawa. Karena kondisi tersebut, kemudian orang-orang Belanda “menciptakan” daratan kering dengan cara membuat polder (daerah perairan yang dikeringkan). Secara sederhana polder merupakan sebuah daratan basah yang dikeringkan.

Dahulu orang Belanda membangun polder dengan cara membangun tanggul tanah (polder tradisional) terlebih dahulu yang mengitari sekeliling daratan yang akan dikeringkan. Cara kerja dari polder ini sangatlah sederhana. Setelah polder terbentuk, kemudian air yang terjabak di dalam area polder dipompa keluar menuju rentetan kanal yang telah dibangun sebelumnya dibagian luar tanggul. Daratan atau area yang telah dikeringkan ini disebut dengan polder. Polder merupakan salah satu jenis daratan yang sangat kaya akan unsur hara di Belanda. Pada umumnya, polder terbentang dibawah garis pantai dan dilindungi oleh bukit pasir atau tanggul tanah. Salah satu polder yang cukup tua umurnya adalah Wieringermeer dan North East (Noordoost), yang dibangun sebelum pecahnya Perang Dunia II untuk keperluan pertanian. Tidak hanya polder-polder yang cukup tua umurnya, di Belanda juga terdapat sebuah polder yang bisa dibilang cukup ekstrim karena terbentang 22 kaki (6,7 meter) dibawah garis pantai, polder tersebut adalah Prins Alexander Polder yang terletak di dekat Rotterdam. Selain itu, masih banyak lagi polder-polder lain yang dibangun di Belanda diantaranya adalah polder Zuidelijk yang terletak di Flevoland selatan ada juga polder Oostelijk yang terletak di Flevoland timur. Dua polder ini dibangun untuk keperluan perumahan, industri, dan sebagai sarana rekreasi.

image002
Gambar 2. Citra Satelit dari Noordoost Polder (595,41 km2)

Hingga saat ini Belanda terus “memiliki keterkaitan” dengan polder. Belanda telah menjalani sejarah panjang dengan reklamasi lahan basahnya melalui teknologi polder, sebagai hasilnya kini Belanda telah memiliki lebih dari 3.000 polder yang tersebar di seluruh negeri. Menjadikannya sebagai satu-satunya negara di timur laut benua Eropa yang hampir setengah daratannya tertutup polder. Seperti peribahasa yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa “Tuhan Menciptakan dunia tapi orang-orang Belanda “menciptakan” Negara Belanda (God created the world but the dutch created Holland)” melalui polder-polder-nya yang mereka bangun sebagai sebuah inovasi unik untuk tempat tinggal yang lebih kering.

DAFTAR PUSTAKA
- World Book Inc..2007. World Book N.O.. Chicago.
- Safra, Jacob E. dan Jorge Aguilar-Cauz. 2010. The New Encyclopedia Britannica. Volume 14. Chicago: Encyclopedia Britannica, Inc.
- Anonim. 2015. Polder. http://en.wikipedia.org/wiki/Polder. Diakses pada tanggal 13-April-2015.

DAFTAR GAMBAR
- Gambar 1: http://image.google.com/
- Gambar 2: http://en.wikipedia.org/wiki/Polder