109. Belanda, Negara Inspirasi Pertanian

Penulis : : Febriana Muchtar
Tema : Earth

=========================================================================================================================================================

Mau belajar tentang pertanian???? Bagi yang berkeinginan kuat untuk memajukan pertanian tanah air, Belanda merupakan salah satu negara yang tepat untuk dijadikan pilihan utama. Bersyukurlah, karena berbagai program beasiswa ditawarkan oleh pemerintah Belanda untuk menuntut ilmu di berbagai universitas di Belanda.

image001

Kenapa Belanda? Karena dengan inovasi teknologi yang mengkombinasikan pemanfaatan sumber daya alam berupa air, tanah dan angin yang didukung dan dibuktikan dengan rangkaian riset, Belanda menjadi salah satu pusat studi pertanian dunia. Universitas-universitas di Belanda, melakukan berbagai riset yang nantinya diaplikasikan untuk inovasi industri pertanian.
Masih tetap pengen makan kan????? pertanyaan dengan jawaban setiap orang di belahan dunia akan sama. Ya iyalah, mana ada mahluk di dunia yang dapat bertahan hidup tanpa makanan.

image003

http://purwoudiutomo.com/2012/07/

Pernyataan FAO akan krisis pangan kian nyata, terutama di negara berkembang. Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Hari Priyono menyatakan, masalah ketersediaan pangan saat ini sudah menjadi persoalan serius di dunia. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya krisis pangan, antara lain luas areal pertanian pangan yang makin menyusut akibat alih fungsi lahan, rendahnya pertumbuhan infrastruktur (terutama sistem irigasi) dan riset di bidang pertanian, serta dampak perubahan iklim yang semakin serius.

Tantangan produksi pangan dunia dalam sepuluh tahun mendatang adalah mengasinnya lahan pertanian, dimana salinitas telah mempengaruhi 20% lahan pertanian di dunia, sehingga tidak layak lagi digunakan untuk pertanian tradisional. Peningkatan salinitas lahan pertanian disebabkan karenan perubahan iklim. Untuk mengahadapi tantangan tersebut, Belanda telah berhasil melakukan percobaan pemanfaatan lahan asin untuk menghasilkan salah satu tanaman pangan, yaitu kentang.

image007
Kentang Belanda yang dihasilkan dari lahan asin (http://www.climate-kic.org/news/potato-innovator-wins-climate-adaptation-business-challenge/)

Hasil eksperimen yang dilakukan di Salt farm Texel, sang pemilik lahan asin Van Rijsselberghe bekerja sama dengan Dr Arjen De Vos dari Vrije Universiteit Amsterdam, telah berhasil memanfaatkan lahan asin untuk menanam kentang

image008
Dr Arjen De Vos di tengah-tengah tanaman kentang di lahan asin (http://www.plattelandspost.nl/4396/mogelijke-doorbraak-in-zilte-aardappelkweek)

Terinspirasi dari kubis laut, keduanya melakukan rangkaian eksperimen dengan menguji tiga puluh jenis kentang di lahan asin, dari tiga puluh jenis kentang, ada dua jenis kentang yang tahan asin dan dapat diproduksi pada lahan asin, yaitu Diplotaxis tenuifolia (L.) dan and Cochlearia officinalis (L.). Pengujian terhadap rasa kentang tersebut pun telah dilakukan. Dr Arjen De Vos mengatakan rasa kentang dari lahan asin enak, kentang asin tidak terasa asin dan dimasak dengan cara sama seperti kentang biasa. Asin yang berasal dari air laut, tidak menumpuk di bagian akar, akan tetapi asin dari air laut laut tertumpuk di bagian daun.

image010
Marc van Rijsselberghe with some of his experimental crop of salt-tolerant potatoes. Photograph by Sarah Helena Rijpkem (http://www.theguardian.com/science/2014/oct/18/humble-potato-poised-to-launch-food-revolution)

Keberhasilan eksperimen menanam kentang di lahan asin memenangkan penghargaan The Climate Adaptation Business Challenge di Utrecht dan tantangan bergengsi USAid dengan mengalahkan 560 pesaing
dari 90 negara.

Klimaat Award 15-11-2013 Jaarbeurs Utrecht
Winners of the Climate Adaptation Business Challenge 2013 (http://www.climate-kic.org/news/potato-innovator-wins-climate-adaptation-business-challenge/)

Pertanian Belanda dengan sistem pembangunan pertanian berkelanjutan yang memadukan keterbatasan lahan, pengaturan air, iklim serta riset dan inovasi dengan jargon doing more with less dan higher added value, membuat bangsa Belanda menjadi negara inspirasi pertanian. Sangat diharapkan keberhasilan pertanian di lahan asin ini dapat diterapkan di seluruh dunia dan untuk beberapa jenis tanaman pangan lainnya. Tentunya bertujuan untuk kelangsungan produksi makanan mengingat kebutuhan manusia akan konsumsi makanan akan terus meningkat.

Selalu berinovasi untuk menjadi inspirasi negara lain di dunia

image014
Dr Arjen De Vos

Referensi :

http://internasional.kompas.com/read/2010/08/30/05303243/Pertanian.Hidupi.Belanda.

http://agroindonesia.co.id/2013/11/12/ancaman-krisis-pangan-2/

http://www.channelberita.com/2015/01/13/pertanian-air-asin/

http://poskotanews.com/2015/03/11/ancaman-krisis-pangan-telah-menjadi-isu-dunia/

Sustainable Exploitation of Saline Resources. http://www.waddenacademie.nl/fileadmin/inhoud/pdf/06-wadweten/Proefschriften/Thesis_Arjen_de_Vos.

https://jakarta45.wordpress.com/2014/01/23/pangan-indonesia-krisis-pangan-2017/