110. NLR, Dedikasi Belanda Untuk Penerbangan Udara

Penulis : Faninda Meilisa Putri
Tema : Air

=========================================================================================================================================================

Industri penerbangan setiap tahunnya semakin berkembang dan mulai menjadi pilihan berbagai kalangan untuk berpergian jarak jauh. Tidak heran kalau semakin banyak maskapai penerbangan yang bermunculan dan mulai melakukan ekspansi untuk memperluas destinasinya ke negara-negara lain. Tidak heran juga kalau akhir-akhir ini banyak maskapai penerbangan yang mengalami keterlambatan sehingga banyak merugikan penumpang. Bagaimana mungkin lalu lintas di udara bisa lancar jika setiap 30 menit sekali selalu ada pesawat yang take off ataupun landing. Sistem pengaturan lalu lintas di udara juga terkadang dipertanyakan. Bagaimana caranya agar kepadatan lalu lintas di udara bisa teratasi ?.

Beruntunglah di era sekarang teknologi sudah semakin canggih sehingga memungkinkan manusia untuk menemukan sistem terbaik untuk mengatasi masalah pada penerbangan. Di Belanda, ada satu institusi yang telah memperbaharui sistem pengaturan lalu lintas udara berkat teknologi canggih tadi. Tidak hanya itu saja, teknologi ini juga meminimalisir kecelakaan yang terjadi pada maskapai penerbangan. Satu lagi yang paling keren nih, institusi satu ini juga melakukan inovasi pada pesawat ruang angkasa. Institusi ini dikenal sebagai NLR.

Sebelumnya kita kenalan dulu sama NLR. Apa sih NLR ?

NLR, Nationaal Lucht- en Ruimtevaartlaboratorium, atau dikenal juga sebagai National Aerospace Laboratory merupakan suatu bisnis non-profit yang bergerak pada industri penerbangan khususnya aerospace. Laboratorium ini berada di Belanda tepatnya di Amsterdam. Tujuan didirikannya NLR ini adalah untuk menjadikan transportasi udara serta pesawat ruang angkasa lebih aman, efisien serta tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sebelum berganti nama menjadi NLR, organisasi ini dahulunya bernama RSL pada saat ia dibentuk tahun 1919 kemudian pada tahun 1977 berubah nama lagi menjadi NLL hingga pada tahun 1961 resmi memakai NLR.

Organisasi ini memang bersifat non-profit namun untuk tetap melanjutkan penelitiannya, NLR menerima kontrak untuk jangka waktu tertentu dari perusahaan-perusahaan lokal dan internasional yang bergerak pada industri serupa. Sementara sisanya, penelitian yang dilakukan oleh NLR didanai oleh pemerintah Belanda. Oleh karena itu, NLR menjadi institusi pusat untuk penelitian aerospace di Belanda.

Fasilitas yang dimiliki oleh NLR ini antara lain adalah simulator penerbangan (NSF), simulator pengawasan lalu lintas udara (NARSIM), instalasi uji coba untuk material yang diperlukan dalam penerbangan udara hingga memiliki pesawat terbang yang digunakan untuk penelitian. Kedua pesawat terbang ini bernama Fairchild Metro II (PH-NLZ) dan Cessna Citation II (PH-LAB). Fasilitas lain yang baru dikeluarkan oleh NLR adalah 3D-SLM yaitu printer yang mampu mencetak hasil produksi komponen metal untuk pesawat pada lokasi dalam bentuk 3D.

image001
Narsim Tower Simulator
(Sumber: NLR Annual Report 2013)

Berbagai proyek sudah dikerjakan oleh NLR hingga akhirnya menemukan inovasi baru dalam dunia aerospace. Proyek-proyek tersebut dibagi menjadi tiga tema besar oleh NLR yaitu competitiveness, defence dan juga safety and efficiency.
a. Competitiveness yaitu bahwa proyek yang dikerjakan nantinya akan mampu bersaing dengan penemuan lainnya di seluruh Eropa. Bekerja sama dengan pemerintah Belanda, komunitas bisnis serta system edukasi yang baik akhirnya penemuan dari NLR diakui oleh Eropa. Seperti apa penemuan dengan tema competitiveness ini?, berikut diantaranya:

- Go4Hybrid: Merupakan sebuah software simulasi untuk mengukur keamanan dalam dunia penerbangan. Kelebihan dari software ini selain lebih akurat dalam pengukuran, Go4Hybrid juga mampu mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pengujian secara langsung pada pesawat. Dengan adanya software ini maka metode kalkulasi seperti saat pesawat menghadapi turbulensi bisa diukur dengan tepat. Stabilitas serta pengendalian pesawat akan lebih bisa ditingkatkan dalam industri penerbangan. Perusahaan yang memproduksi pesawat terbang dapat menggunakan software ini agar mampu bersaing di pasar melalui biaya yang lebih rendah.

- Portable Impactor: NLR berhasil memproduksi sebuah alat yang mampu secara akurat mengukur kerusakan yang dialami pada komponen hingga bagian badan pesawat. Alat kecil yang mudah dibawa ini terdiri atas tabung dengan beban yang bisa digeser dan akan bisa dikeluarkan setelah menekan pegas dalam tabung. Gunanya adalah untuk mengukur sebarapa besar kerusakan yang dialami komponen pesawat. Beban ini juga dilengkapi photocells yang mampu menangkap kerusakan pesawat sehingga memudahkan pencatatan administrasi.

image003
Portable Impactor (Sumber: NLR Annual Reports 2013)

b. Defence merupakan tema yang digunakan untuk proyek yang bersifat penjaminan keamanan pesawat militer serta kebutuhan militer Belanda saat melakukan perang untuk mengamankan negaranya. Penemuan yang paling menarik terjadi pada tahun 2013 kemarin yaitu sistem pada pesawat F-35, pesawat militer ini disebut sebagai suksesor dari pesawat militer sebelumnya, yaitu F-16. NLR terlibat dalam proses teknis serta aspek operasional F-35 setelah pesawat ini dibeli dari supplier. Proses tersebut fokus terhadap kinerja dari pesawat F-35 sendiri yaitu membuat simulasi untuk menganalisis taktik yang akan digunakan dalam medan perang pada berbagai pesawat. Simulator tersebut bernama Fighter4Ship yang telah dikeluarkan oleh NLR. NLR juga mengeluarkan sistem bagi angkatan udara untuk bisa berlatih dengan persenjataan yang tampak nyata, yaitu Flycatcher Radar. Hal ini berguna ketika di medan perang nanti agar para angkatan udara tersebut cepat beradaptasi untuk melakukan proteksi serta penyerangan balik terhadap senjata apapun yang mungkin muncul pada masa depan. F-35 telah resmi diluncurkan pada tahun 2015 ini.

image005
Pesawat F-35 (Sumber: NLR Annual Report 2013)

c. Safety and efficiency adalah proyek untuk meningkatkan efisiensi dari lalu lintas udara serta logistik penerbangan. Sebagaimana yang diketahui bahwa lalu lintas udara saat ini semakin padat sehingga menyebabkan banyaknya pesawat yang mengalami keterlambatan. NLR mencoba untuk mengatur lalu lintas udara melalui inovasi yang dilakukannya melalui berbagai macam pengembangan model seperti MAREA (Mathematical Approach towards Resilience Engineering in ATM (Air Traffic Management)). Berkat keberhasilan studi kasus atas kekurangan dalam manajemen lalu lintas udara melalui proyek MAREA, NLR berhasil mengeluarkan software yang memungkinkan observasi lalu lintas di udara dan ketika pesawat berada di darat lebih detil sehingga meminimalisir terjadinya kemacetan lalu lintas udara. Selain itu, berkat keakuratan pelacakan radar serta posisi pesawat yang berada di udara mampu mengurangi kecelakaan yang terjadi.

image007
Model Pengembangan Air Traffic Management MAREA
(Sumber: NLR Annual Report 2013)

Selain penemuan-penemuan di atas, ternyata masih banyak lagi inovasi pada pesawat terbang yang telah dilakukan NLR. Tidak diragukan lagi bahwa NLR telah memberikan banyak sumbangsih terhadap penerbangan udara khususnya di Belanda. Untuk mengetahui seluruh inovasi yang dilakukan oleh NLR, kalian bisa langsung masuk ke situs resminya, http://nlr.nl/.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/National_Aerospace_Laboratory

http://www.nag.aero/leden/lijst-a-z/lid/national-aerospace-laboratory-nlr.html

http://www.nlr.nl/who-we-are/index.html

http://annualreport.nlr.nl/2013/NLR%20Projects/Defence/Preparing%20for%20F-35/

http://annualreport.nlr.nl/2013/NLR%20Projects/Safety%20and%20Efficiency/Safety%20ATM%20software/

http://annualreport.nlr.nl/2013/NLR%20Projects/Safety%20and%20Efficiency/Enhancing%20flight%20safety/

http://annualreport.nlr.nl/2013/NLR%20Projects/Competitiveness/Go4Hybrid/

http://annualreport.nlr.nl/2013/NLR%20Projects/Competitiveness/Portable%20impactor/