112. Cahaya Indah dari Dari Negeri Sejuta Inovasi

Penulis : Ridha Ari Setyono
Tema : Fire

=========================================================================================================================================================

Imagine that there is no light in our life. Everything dark and we couldn’t see anymore.

Ya, begitulah gambaran singkat apabila tidak ada cahaya di sekitar kita. Mata kita memang didesain dapat melihat apabila terdapat cahaya yang dapat memantulkan bayangan benda sehingga dapat diterima oleh retina mata.

image001

Jaman dahulu, manusia menggunakan api sebagai alat bantu penerangan ketika malam tiba. Api digunakan baik dalam bentuk obor, lampu kintir, ataupun lilin. Bahkan penggunaan alat-alat tersebut masih berlangsung lho hingga jaman sekarang.

Meskipun penggunaan api sebagai alat peneragan masih digunakan hingga saat ini, namun tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya listrik dan bola lampu pada abad ke 19 secara signifikan mampu menggeser penggunaan api sebagai alat penerangan. Penggunaan bola lampu sebagai sumber penerangan secara capat tersebar di berbagai balahan dunia dari akhir abad ke-19 hingga saat ini.
Royal Dutch Philips Electronics Ltd., atau biasa dikenal sebagai Philips, ialah salah satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia. Perusahaan ini memulai bisnis sebagai produsen bola lampu terbasar pada masanya bahkan kejayaannyapun masih berlangsung hingga sekarang. Saat ini telah banyak inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Philip dalam mengembangkan bola lampu. Mulai dari bohlam, fluorescent, halogen, LED, hingga yang terbaru saat ini adalah lampu Philips hue atau lebih dikenal sebagai smart light.

Now, imagine if the lights around us combined with the phone. It would be amazing, isn’t it? :D

image003

Lampu Philips hue ini memang dirancang untuk dapat terkoneksi dengan aplikasi smartphone melalaui gelombang Wi-fi. Berbeda dengan lampu yang lainnya, lampu ini tergolong pintar karena mampu dirubah setingannya sesuai yang kita mau. Terdapat beberapa setingan yang akan membuat kita takjub dengan lampu ini, antara lain :
1. Mampu terhubung dan berintegrasi hingga 50 lampu sekaligus! Wah, tidak perlu wora-wiri lagi untuk menyalakan lampu di ruangan lainnya.

2. Ada setingan concentrate untuk meningkatkan daya fokus dan kewaspadaan. Bahkan setingan ini sudah diuji coba di sekolah, dan tentu saja hasilnya dapat membantu para siswa meningkatkan daya konsentrasinya dalam menerima pelajaran.

image005

3. Kita bisa menggunakan setingan energize untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Sangat cocok untuk yang selesai bekerja atau berolahraga.

4. Mata sering lelah ketika membaca buku? Setinglah lampu ke mode reading, setingan ini akan membuat suasana menjadi nyaman untuk membaca atau belajar.

5. Setelah hari yang melelahkan pastinya kita ingin suasana rumah yang nyaman dan rileks. Setinggan relax akan membantumu mewujudkannya.

6. Aplikasi ini bisa juga di seting sebagai lampu tidur mapun lampu alarm lho. Jadi ketika kita sudah terlelap dalam tidur maka lampu ini akan mati dan akan menyala lagi ketika kita harus bangun sesuai dengan setingan waktu yang telah diatur.

7. Khawatir meninggalkan rumah dalam jarak jauh? Tenang, kita bisa menyala-matikan lampu di rumah kita sesuai yang kita mau kapanpun dimanapun. Hal ini akan meminimalisir kejahatan yang mungkin dapat menimpa rumah kita. So fabulous..

8. Ubah warna ruanganmu sesuai yang kau inginkan :D. mau merah, ungu, hijau, kuning, warna-warni, kedip-kedip, terserah.. bahkan pilihan warnanyapun mencapai 16 juta warna! Sangat cocok buat kalian yang suka banget nonton film, karaoke, main game, ataupun pesta bersama teman-teman. Semua ini akan menambah mood mu dalam menikmati setiap kegiatan yang kamu lakukan di rumah.

image007

Well, semua itu hanyalah cuplikan dari beberapa kelebihan lampu yang penuh inovasi ini. Tentunya akan lebih banyak lagi setingan yang dapat kita mainkan sesuai dengan yang kita inginkan. Dan satu lagi, semua itu dapat kita lakukan hanya dengan memainkan jari dengan smartphone di genggaman tanpa harus besusah payah gonta ganti lampu.hihi..
Selamat berekspresi… (^_^)b

http://www.ceritakecil.com/tokoh-ilmuwan-dan-penemu/Thomas-Alva-Edison-6

http://id.wikipedia.org/wiki/Philips

http://www.philips.co.uk/c-p/8718291547778/hue-personal-wireless-lighting/overview

Referensi Gambar : www.toonpool.com, m.ebay.in, www.kicksmarters.com, www.pcmag.com