117. Windworks: Rajutan Inovasi dan Sejarah

Penulis : Retno Andhini
Tema : Air

=========================================================================================================================================================

Angin perlahan lahan berhembus… Baling-baling bergerak satu persatu bergantian membuat putaran seirama angin…

Kincir angin adalah Belanda. Kita pun tak jarang menyebut Belanda sebagai negara kincir angin. Belanda memang memiliki banyak kincir angin. Mereka memanfaatkan kincir angin untuk membangun kehidupan negaranya. Belanda dengan kincir anginnya mampu mengeringkan permukaan laut yang menutupi sebagian besar wilayahnya. Negara yang tadinya dilihat hanya memiliki wilayah yang sempit, mampu diubah menjadi luas. Inilah yang membuat Belanda sangat dikenal di dunia.

Kincir angin sebenarnya memiliki beberapa fungsi. Untuk kepentingan industri kincir angin digunakan untuk menggergaji kayu (sawmill), menggiling jagung (cornmill), menggiling tebu (crushing mill), hingga sebagai pembangkit tenaga listrik energi angin.

Fungsi kincir angin pada tahun 2010 pun bertambah berkat Merel Karhof. Merel Karhof, desainer yang seorang asli Belanda, berinovasi menjadikan kincir angin sebagai mesin perajut (knitting windmill). Kincir angin perajut ini berukuran kecil, didesain dengan 4 kaki dan bisa dipindahkan, jadi kita bisa mengira dimana seharusnya menempatkan kincir angin disesuaikan dengan arah dan kekuatan angin.

image001
Sumber : http://www.engineering.com

Angin menggerakan baling-baling kincir angin, merajut benang-benang wol menjadi rajutan cantik, berbentuk syal. Dengan waktu rata-rata 8 jam perhari, mesin ini dapat memproduksi hasil rajutan sepanjang 15 meter. Setiap hari atau per dua hari hasil rajutan tersebut dikumpulkan.

image002
Sumber: http://www.gizmodo.com.au

Tidak sampai disitu, Merel Karhof bahkan meluncurkan Windworks, yakni sebuah project yang bermula dari idenya untuk mengembangkan energi angin. Windworks mengambil lokasi di Zaanse Schans memproduksi furniture dengan tenaga angin. Bagaimana caranya?

Zaanse Schans terletak di Sungai Zaan, Belanda. Zaanse Schans adalah rumah bagi berbagai kincir angin bersejarah. Terdapat beberapa kincir angin dengan fungsi yang berbeda. Masing-masing menghasilkan satu jenis bahan baku furniture buatan Windworks.

Bahan baku kayu untuk pembuatan furniture seperti kursi digergaji dengan sawmill yang disebut “Het Jonge Schaap”. Sementara bahan baku benang melalui proses pewarnaan dengan kincir angin “De Kat” (the Cat). Benang yang sudah diberi warna kemudian melanjutkan proses ke knitting windmill hasil inovasi Merel Karhof.

image003
Sumber: http://www.design.nl

image004
Sumber: http://www.designboom.com

Rajutan berbentuk syal dari knitting windmill dikombinasikan dengan bantal untuk pembuatan kursi. Furniture, bantal, dan syal Windworks dapat dibeli langsung di workshop Windworks dekat dermaga di Zaanse Schans.

image005
Sumber: http://www.gizmodo.com.au

Inovasi Merel Karhof adalah luar biasa. Di saat inovator lain berlomba-lomba meneliti penemuan baru, Merel Karhof dengan ide dan kreatifitasnya mampu membuat inovasi dari apa yang sudah ada. Beberapa artikel pun menyebutkan Merel Karhof sebagai inovator yang berbeda dengan inoator lainnya, karena mampu menggabungkan ilmu teknik dengan merajut.

Dari Merel Karhof kita belajar, bahwa inovasi bukan hanya sekedar menciptakan sesuatu yang baru, tapi memaksimalkan manfaat dari yang sebelumnya telah ada. Merel karhof adalah gambaran bangsa Belanda yang menggabungkan sejarah dan kebudayaan tradisional dengan inovasi yang modern dan berorientasi internasional. Meskipun Merel Karhof saat ini bekerja dan menetap di London, sebagai bangsa Belanda ia tidak melupakan identitasnya.

Think Dutch adalah cara berfikir bangsa belanda yang mengubah keterbatasan menjadi suatu kreatifitas. Windworks adalah gambaran industri masa depan. Di saat industri lain sedang memikirkan keterbatasan energi, Windworks berproduksi dengan sumber energi yang tak terbatas (baca: angin).

Referensi:

http://destinasi.europewishlist.com/artikel/sejarah-negeri-kincir-angin

http://www.dezaanseschans.nl/en/windmills/paintmill-de-kat/

http://inhabitat.com/merel-karhofs-windworks-furniture-is-produced-from-scratch-using-100-wind-power/

http://www.designboom.com/design/wind-knitting-factory-windworks-furniture-by-merel-karhof/

http://www.design.nl/item/merel_karhof_windworks

http://www.gizmodo.com.au/2013/05/a-wind-powered-factory-that-makes-chairs-scarves-and-pillows/