127. Berkaca Dari Kendaraan Patroli Sauron Belanda

Penulis : Arif Hifzul
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Berbicara tentang Belanda, mungkin seluruh Orang Indonesia mengatakan Belanda adalah Penjajah Indonesia selama 350 tahun sebelum merdeka. Atau sebagian lagi mengatakan bahwa Belanda adalah negera dengan kincir angin dan bunga tulipnya. Dan sebagian kecil mungkin menjawab bahwa Belanda adalah salah satu negara dengan kecanggihan teknologinya.

Namun pernahkah berpikir mengapa negara sekecil Belanda dengan luas 41.526 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 16.730.632 jiwa pada 2014 bisa menjadi negara yang sangat hebat? Berbanding terbalik dengan Indonesia yang memiliki luas 1.919.440 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 237.641.326 jiwa pada 2014. Jawabannya jelas karena negera tersebut memiliki orang-orang kreatif dan kecerdasan yang mereka miliki. Mereka mampu membangun negaranya menjadi negara dengan kecanggihan teknologinya.

Masih ingat penemu-penemu Belanda dahulu yang terkenal di dunia? Seperti H. Lippershey dengan Teleskop temuannya, Zacharias Janssen penemu Mikroskop, Anthony Van Leuwenhook penemu Lensa, Cornelius van Drebbel penemu Kapal Selam, hingga Christian Huygens penemu jam gandul. Mereka adalah penemu-penemu asal Belanda yang mendunia. Penemuan Belanda tak hanya berhenti disitu. Genenrasi-generasi berikutnya mampu mengukir prestasi dunia.

Jika di Indonesia, kita mengenal B.J Habibie, penemu besar yang terkenal dari Indonesia. Salah satu penemuannya adalah pesawat terbang. Kemudian disusul dengan generasi berikutnya seperti Khoirul Anwar. Beliau adalah seorang penemu yang menemukan jaringan 4G. Hasil penelitiannya itu pertama kali sudah digunakan oleh perusahaan satelit Jepang. Warsito P. Taruno, beliau telah menemukan alat pemindai aktivitas otak yang pertama di Indonesia serta Hendal hartolaksono, beliau menemukan kulit singkong sebagai bahan anti api kelas dunia.

Maka tidak kalahnya dengan Belanda. Semua inovasi Belanda membuat satu kata terucap “Seksi” bagi yang mendengar atau bahkan mengetahuinya secara langsung. Bagi warga Belanda sendiri sangat bangga tinggal bersama negaranya sendiri. Negara-negara lainnya mungkin tercengang dengan kehebatan teknologi Belanda. Salah satu elemen dari semua inovasi yang dibuat Belanda itu adalah elemen tanah.

Elemen tanah sangat berpengaruh dalam kondisi sebuah negara, mengingat semakin penuhnya kendaraan di banyak negara dan lahan tanah kosong yang semakin sedikit. Misalnya saja salah satu kota terpadat di Indonesia,, yakni Jakarta dengan populasi pengguna terbanyak mencapai 17.523.967 unit pada 2014. Semakin tingginya jumlah kendaraan juga pembangunan rumah dan gedung-gedung bertingkat, membuat lahan tanah semakin kosong, Hal ini menyebabkan lahan parkir untuk kendaraan juga kurang mempuni. Alhasil banyak pengenadara yang “ngasal” memarkirkan kendaraannya di mana saja.

Hal itu membuat ketertarikan pada inovasi teknologi yang dibuat Belanda tahun ini. Tepatnya pada Februari kemarin, para penegak hukum di Belanda telah memiliki teknologi dengan kamera canggih sistem laser kamera dengan sebutan “Sauron” dengan kemampuan memindai lingkungan sekitar dengan sudut pandang 360 derajat yang dipasang pada atap kendaraan patroli terbaru mereka. Teknologi ini digunakan untuk memberi efek jera bagi para pengendara yang suka parkir sembarangan. Jika inovasi ini bisa diiikuti oleh negera Indonesia sendiri, besar kemungkinan di Indonesia tidak akan terjadi pemarkiran kendaraan yang “ngasal” serta meminimalisisr lahan parkir yang “illegal”.

image002

Sumber Refrensi :

http://statistik.ptkpt.net/

http://otomotif.liputan6.com/read/2181089/di-belanda-polisi-pakai-teknologi-canggih-untuk-terbitkan-tilang