128. Lawan Global Warming! Evolusi Hijau ala Belanda

Penulis : JAKA YUHENDA
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Kabar gembira untuk kita semua! Pohon-pohon kini ada baskomnya, bisa ditanam dimana saja, menyulap lahan tandus nan gersang yang tidak mungkin tumbuhan hidup menjadi lahan hijau penuh pepohonan rindang. Kok bisa?

Berkat kecintaan orang Belanda terhadap lingkungan, semua hal yang tidak mungkin tersebut dapat terwujud. Dengan teknologi murah dan sederhana, Pieter Hoff menciptakan Groasis Box, sebuah “baskom ajaib” yang mampu melahirkan aneka tumbuhan hijau dengan berbagai macam kondisi cuaca dan lingkungan ekstem sekalipun. Apapun tanaman yang ingin teman-teman hasilkan, entah itu untuk perkebunan, pepohonan, ataupun penghijauan hutan, Groasis Box dapat mewujudkannya!

E2011.85.2
Ilustrasi 1 – Gambar Groasis Waterboxx

Prinsip penciptaan teknologi itu terinspirasi dari konsep sederhana yaitu bagaimana sebuah tanaman tumbuh hidup di alam. Groasis Box bekerja dengan cara mengisi pori-pori tanah dengan air secara terus menerus, memperkuat akar, dan menjaga agar tanaman terhindar dari berbagai ancaman alam sehingga tanaman dapat tumbuh sempurna. Penggunannya disesuaikan dengan berbagai kondisi tanah, suhu, dan cuaca. Untuk daerah seperti pegunungan, bebatuan, gurun pasir, atau tepian pantai, Groasis Waterboxx digunakan pada tempat-tempat dimana air sulit dijangkau, namun, untuk kondisi yang lebih ekstrem, Groasis Growboxx dapat menghijaukan lahan tandus pada kawasan tersulit apapun. Hebatnya lagi, Groasis Box terbukti menghemat air hingga lebih dari 90% karena hanya membutuhkan sedikit air dan tidak menggunakan irigasi sebagai sumber pengairan. Selain itu, baskom ajaib ini terbuat dari 100% bahan daur ulang. Inilah yang menjadikan Groasis sebagai produk inovatif yang ramah lingkungan.

image003
Ilustrasi 2 – Gambar Cara Kerja Groasis Waterboxx

Tingkat keberhasilan Groasis Box dalam menghijaukan daerah yang rusak mencapai 90%. Hal ini terlihat dari berbagai proyek penghijauan yang dilakukan di berbagai negara seperti Ekuador, Spanyol, Afrika, kawasan Timur Tengah, Amerika Serikat, dan beberapa rintisan negara lainnya. Di Ekuador, proyek penghijauan ini dapat menghasilkan buah-buahan lebih cepat pada tempat-tempat dimana tanaman sulit hidup. Di Spanyol, program reboisasi hutan dengan bantuan teknologi Groasis mampu menghasilkan pepohonan rindang pada zona-zona bebatuan dan pegunungan bahkan area pertambangan yang kontur tanahnya rusak. Selain itu, penghijauan juga dilakukan di daerah-daerah terkering seperti padang gurun. Teknologi ini mampu menghasilkan pepohonan yang dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun dengan kondisi minim air dan curah hujan sangat rendah seperti di gurun Sahara. Wow, luar biasa, ya!

image005
Ilustrasi 3 – Dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun, sebuah pohon tropis dapat berbuah dengan cepat pada daerah dengan kondisi tanah liat di Ekuador.

image007
Ilustrasi 4 – Sebuah pohon hidup bertahan bertahun-tahun menghijaukan kawasan Sahara

Keajaiban teknologi ini diakui dunia dengan berderetnya penghargaan-penghargaan bergengsi yang pernah diraih, salah satunya:
• Best New Product for Gulf Market – Agriculture Award Tahun 2015
• Green Tulip Award – The Accenture Innovation Award Tahun 2014
• Salah satu 100 solusi inovatif dunia di ajang SUSTAINIA100 Award 2014
• Enviromental Excellent Award 2012

Berkat penemuan tersebut bisa dibayangkan akan banyak ribuan hektar tanah kering yang dapat dihijaukan kembali, maka akan banyak juga paru-paru dunia yang terlahir kembali. Seperti yang diungkapkan oleh Peiter Hoff, “If the 2 billion hectare of man-made deserts was small enough to cut. It is certainly small enough to replant.”

Bermula dari keresahan akan kerusakan lingkungan, orang Belanda berhasil melahirkan produk-produk inovatif unggulan, yang tidak hanya efektif dan efisien, melainkan juga ramah lingkungan. Dengan rasa keingintahuan yang tinggi, orang Belanda senantiasa berkarya dan menjadi pelopor bagi bangsa-bangsa lain. Inilah sifat yang perlu kita contoh dari orang Belanda, maka tak heran ada ungkapan terkenal tentang Belanda: “God created the earth but the Dutch created Holland”.

REFERENSI

Situs Web:
1. http://www.groasis.com
2. http://poptech.org/people/pieter_hoff

Video:
1. How does the Groasis waterboxx work against desertification?

https://www.youtube.com/watch?v=Se6cr-sFZGw

2. Groasis Waterboxx Life+ reforestation results in 7 extreme places in Spain

https://www.youtube.com/watch?v=G8z5xZLY1sA

3. Pieter Hoff’s Groasis waterboxx

https://www.youtube.com/watch?v=vJCCXaIz3xc

Gambar:
1. Ilustrasi 1: http://www.culture24.org.uk/science-and-nature/art366276
2. Ilustrasi 2: Diambil dari video 1
3. Ilustrasi 3: http://www.groasis.com
4. Ilustrasi 4:

http://www.sahara-roots.org/uploads/Tree%20planting%20project%20in%20Le%20Petit%20Prince%20site%202.pdf