136. Makan Banyak, Tambah Sehat

Penulis : Much Harun
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Kita sering dengar bahwa banyak makan bisa menyebabkan penyakit. Ya, itu memang benar jika kita makan dengan makanan yang kurang sehat. Kita bisa mendapatkan penyakit seperti obesitas, kolesterol dan darah tinggi.

Namun beda yang dilakukan warga Belanda. Mereka semakin banyak makan akan semakin sehat. Kenapa demikian? Karena warga Belanda makan buah-buahan dan sayur-sayuran dari sistem hortikultura milik mereka sendiri yang sehat.

image001

Mau tahu kenapa?
Data menunjukkan bahwa Belanda memimpin dunia melalui hortikultura, ini terbukti bahwa Belanda menyumbang 24 % hortikultura yang ada di Dunia. Hebat kan?

image002

Hortikultura sendiri (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya), dan dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. Bidang kerja hortikultura meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern .

Disini Belanda telah berkontribusi dengan sangat bagus disegala bidang holtikultura baik pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Belanda melakukan riset yang sangat mendalam mengenai bagaimana cara buah-buahan bisa hidup dengan lahan yang sempit namun tetap menyehatkan dan juga menghasilkan.

Untuk menghasilakan produk dari hortikultura yang baik, maka Belanda membuat Inovasi disegala bidang. Mari kita lihat inovasinya sebagai berikut:

1. Rumah Kaca Cerdas
Belanda selain menjadikan rumah kaca mereka bermanfaat bagi tumbuhan yang ditanam, rumah kaca di Belanda juga memiliki manfaat bagi manusia. Mereka membuat 60 km² rumah kaca dengan teknologi tinggi. Menariknya rumah kaca ini bisa menghasilkan 10 % listrik di Belanda dan tidak tanggung-tanggu, listrik ini digunakan di sekolah, kolam renang dan juga rumah.

image004

Sekarang salah satu perusahaan di Belanda Koppert Cress mencoba untuk menggunakan campuran LED merah dan biru di rumah kaca mereka. Penggunaan lampu ini bisa menjadikan energi pada rumah kaca lebih efisien. Selain itu, tanaman dari rumah kaca warna ini bisa menghasilkan tanaman yang lebih enak.
Video “https://www.youtube.com/watch?v=NQATL79p5aI”

2. Memproduksi dan Berinovasi Benih Tanaman

Mulai dari biji atau benih, Belanda sudah memperhatikannya. Para produsen benih dibelanda berinvestasi 15% rata-rata dari omset mereka untuk penelitian & pembangunan (R&D). Sehingga kini Belanda adalah eksportir terbesar benih di dunia, dengan nilai 1,5 miliar euro per tahun.

image007

3. Menjadi Pusat Penelitian
Belanda kini menjadi pusat penelitian tentang hortikultura. Wageningen sudah menjadi sumber inovasi bertahun-tahun sekarang. Kini belanda telah menjadi

image009

Refrensi :
1. http://www.hollandtrade.com/sector-information/horticulture/
2. http://tomatoworld.nl/en
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Hortikultura
4. https://www.youtube.com/watch?v=NQATL79p5aI