141. Basmi Polusi Dengan Inovasi Ala Belanda (FINALIST)

Penulis : Muhammad Ainul Yaqin
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Ayo coba tebak, alat apa yang telah membentuk kehidupan manusia hingga menjadi sangat modern seperti sekarang ini ? Yap, boleh dibilang mesin adalah salah satu jawabannya. Dengan ditemukannya mesin, manusia menikmati yang namanya mobil dan kendaraan lainnya, industri-industri juga berkembang pesat di berbagai belahan dunia.

image002

Sayangnya kemajuan tersebut sudah mengorbankan lingkungan tempat tinggal kita, khususnya di kota-kota besar. Mobil dan industri berhasil ‘mengenalkan’ kita pada namanya polusi. Kota yang penuh dengan polusi sangatlah tidak nyaman untuk ditempati. Udaranya yang kotor, sinar matahari yang terhalang adalah sebagian dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat.
Ketidaknyamanan yang sama pernah dialami oleh Daan Roosegaarde saat mengunjungi Beijing di tahun 2013. Bermaksud untuk menikmati kota Beijing dari jendela kamar hotelnya, ia justru terganggu dengan parahnya polusi di kota itu yang menghalangi pandangannya.

image004

Melihat tantangan ini, Roosegaarde tidak tinggal diam. Ia memikirkan solusi dari masalah yang mungkin saja dialami oleh kota-kota besar lainnya di seluruh dunia. Ide kreatifnya pun muncul, Roosegaarde berinisiatif membentuk The Smog Free Project, sebuah proyek yang tidak hanya bermanfaat bagi negaranya saja melainkan untuk seluruh dunia.

Di negara asalnya Belanda, Roosegaarde sudah terkenal sebagai seorang artis dan juga social designer. Bersama timnya di Studio Roosegaarde, ia sukses mengerjakan berbagai proyek yang inovatif seperti Dune, Intimacy dan Smart Highway. Kini, misi penyelamatan lingkungan bernama The Smog Free Project tengah digarapnya. Sebuah misi untuk menciptakan udara yang bersih di lingkungan perkotaan.

image006

Awal dari The Smog Free Project ini adalah membuat sebuah taman yang bebas dari asap polusi atau The Smog Free Park. Bekerjasama dengan ENS Europe dan TU Delft, mereka mengembangkan suatu teknologi yang mampu menangkap polusi udara. Teknologi ini ibarat ‘vacuum cleaner’ raksasa yang dapat menyedot debu dan asap polusi di langit-langit perkotaan.
*****

Pada prinsipnya, Roosegaarde dan tim mengubur gulungan tembaga di dalam tanah yang akan menciptakan medan elektrostatik di sekitar taman. Medan elektrostatik ini menghasilkan ion-ion bermuatan positif dan akan ‘menabrak’ partikel-partikel kecil di sekitarnya, termasuk debu dan polusi. Hal tersebut menyebabkan debu dan polusi berubah menjadi ion-ion positif. Nah, dengan memanfaatkan gaya elektromagnetik, partikel yang sudah bermuatan akan ‘ditarik’ oleh alat ini sehingga udara kotor dapat dikumpulkan. Sederhananya sih alat ini bekerja mirip seperti saat kamu menggesekan balon di atas kepala. Rambut kamu akan berdiri seperti ‘ditarik’ oleh balon kan ?

image008
Prinsip kerja ‘vacuum cleaner’ pada The Smog Free Project
*****

Saatnya Lawan Polusi
Udara merupakan elemen vital bagi kehidupan manusia. Setiap kali kita bernafas saat itu juga kita memasukkan udara ke dalam tubuh kita. Apa jadinya jika udara yang kita hirup banyak mengandung polusi ?

Ternyata polusi udara yang berasal dari asap kendaraan mengandung zat kimia seperti karbon monoksida (CO) dan timbal (Pb). Efeknya sangat berbahaya, jika menghirup karbon monoksida maka tubuh kita akan kekurangan oksigen bahkan berpotensi mengganggu kerja jantung, belum lagi timbal yang dapat memicu penyakit kanker.

Berita harian Bloomberg menuliskan ada 172 dari 100.000 orang di dunia yang meninggal akibat asap polusi. Fakta lain menunjukan bahwa angka kematian akibat kanker paru-paru terus meningkat dari tahun ke tahun. Parahnya lagi, polusi udara menjadi penyebab kematian terbesar ke-4 di China ! Menjawab masalah itu, pemerintah kota Beijing sepakat melakukan kerjasama dengan Roosegaarde untuk mewujudkan The Smog Free Project di kota mereka.

Setelah melalui serangkaian penelitian dan uji coba, teknologi ini sudah siap untuk digunakan. Di tahun 2015, kota Rotterdam dipilih sebagai tempat pertama di dunia yang merasakan The Smog Free Project. Menyusul kemudian kota Beijing yang akan menerapkannya. Taman bebas polusi ini dibuat berukuran 40 sampai 70 meter dengan ‘vacuum cleaner’ yang terpasang di tengah taman. Diperkirakan alat ini mampu mengurangi polusi udara hingga 75 % sehingga masyarakat dapat menghirup udara yang lebih bersih.

image010
*****

image012

Roosegaarde memaknai betul quote tersebut, ide kreatifnya terus berlanjut. Ia membuat sebuah paradoks baru dimana polusi yang sangat kotor dan menjijikan ‘disulap’nya menjadi sebuah cincin nan indah dan mewah. Yap, sebuah cincin yang berhiaskan batu transparan dengan partikel polusi di tengahnya. Udara kotor yang berhasil dikumpulkannya akan dimampatkan dengan alat khusus sehingga membentuk padatan yang mengisi bagian tengah cincin tersebut.

image014

image016

Menurut Roosegaarde, perhiasan ini adalah souvenir untuk mengkampanyekan agar masyarakat peduli terhadap lingkungan. Rencananya satu buah cincin dijual seharga 8-80 £ dan dari setiap keuntungannya akan didonasikan pada The Smog Free Project. Lebih lanjut, membeli satu cincin ini sama artinya dengan menyumbangkan 1000 m3 udara bersih bagi perkotaan. Dengan begitu masyarakat bisa terlibat langsung dalam menciptakan perubahan. Roosegaarde berkeyakinan bahwa

“ people they can be part of the solution not part of the problem ”

image018

image020

1 cincin menyediakan 1000 m3 udara bersih bagi lingkungan

Ternyata The Smog Free Project telah membuat Beijing Design Week memilih sang artis sebagai Designer of The Year 2014 : Dutch Section. Selain itu, beberapa inovasi lainnya sukses membawa Roosegaarde pada berbagai penghargaan seperti Young Global Leaders pada agenda The World Economy Forum 2015, Dutch Design Award, Most Innovative Leader dari TIM Innovation Award, Creative Changemakers oleh majalah FORBES dan sederet prestasi lainnya.

image021
Daan Roosegaarde, seorang inovator dari Belanda
*****

Melalui The Smog Free Project, Roosegaarde menghadirkan sebuah solusi baru untuk mengatasi polusi yang sudah sangat akut. Ia dan miliaran warga dunia tentu berharap polusi udara tidak lagi mengganggu kehidupan manusia.

Semangat orang Belanda yang memilih menjadi seorang problem solver bukan sebagai problem maker harus kita teladani. Peka terhadap permasalahan sosial dan terus melahirkan inovasi telah menjadi kultur orang Belanda. Semuanya bermula dari diri sendiri, jadilah pembawa solusi bukan polusi dan mulai ciptakan inovasimu sekarang !

Referensi Tulisan
www.studioroosegaarde.net

https://www.studioroosegaarde.net/uploads/files/2014/08/10/194/PLAN%20The%20Smog%20Free%20Project%20by%20Studio%20Roosegaarde.pdf

https://www.studioroosegaarde.net/uploads/files/2014/07/12/192/Beijing%20Design%20Week%20and%20Daan%20Roosegaarde%20signed%20a%20MOU%20-%20English2.pdf

https://www.studioroosegaarde.net/uploads/files/2014/08/10/193/Smog%20Free%20Project%20Roosegaarde%20text.pdf

http://www.weforum.org/news/emerging-economies-set-pace-world-economic-forum-announces-leaders-future-0

http://www.bloomberg.com/news/2014-03-25/tainted-air-kills-more-than-aids-diabetes-who-report-shows.html

http://www.treehugger.com/sustainable-product-design/rings-beijing-smog-smog-free-project-designer-daan-roosegaarde.html

http://en.people.cn/n/2014/0530/c98649-8735028.html

http://www.wired.co.uk/magazine/archive/2014/04/start/beijings-cloud-server

http://www.nytimes.com/2014/03/17/fashion/Turning-Dust-to-Diamonds.html?_r=0

http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2637297/Make-political-statement-SMOG-ring-Polluted-Beijing-air-particles-stones-set-precious-jewellery.html

http://www.dezeen.com/2013/10/21/smog-by-studio-roosegaarde/

http://science.time.com/2013/10/28/how-a-dutch-artist-will-suck-the-smog-out-of-beijings-polluted-air/

Referensi Gambar
www.Izquotes.com/quote/44918

http://bit.ly/1OKwo26

http://www.treehugger.com/sustainable-product-design/rings-beijing-smog-smog-free-project-designer-daan-roosegaarde.html

http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2637297/Make-political-statement-SMOG-ring-Polluted-Beijing-air-particles-stones-set-precious-jewellery.html

http://www.dezeen.com/2013/10/21/smog-by-studio-roosegaarde/

dan dari referensi tulisan