142. iBulbs: Ciptakan Udara Sehat, Ciptakan Sejahtera

Penulis : Zahratun Nisa
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

image001

Anda yang mau berbisnis ternak unggas
Anda yang sudah jadi pebisnis sukses di bidang ternak unggas
Wajib baca tulisan ini!!!

Belanda merupakan pemimpin internasional dalam industri peternakan unggas. Belanda menduduki posisi terkuat dan terbesar ekspor untuk produksi telur dan tiga terbesar di dunia untuk produksi daging Ayam. Jika Anda makan telur atau daging di Northwestern Eropa, kemungkinan besar berasal dari Belanda. Proporsi penjualan yang besar membuat kesegaran dan kualitas harus terjaga.

Ada 67.000 petani di Belanda. 2000 petani yang aktif menjadi peternak dan 650 yang menjadi peternak ayam Broiler (pedaging). Di tengah geliat usaha peternakan ayam, pertengahan tahun 2014 Belanda mengalami kesulitan. Pertama, Rusia memboikot produk dari Uni Eropa dan pada bulan Nopember sejumlah ayam terjangkit virus Avian Influenza (Flu Burung), pemerintah bahkan membasmi 150.000 ekor ayam untuk membendung virus flu burung tersebut.

Udara merupakan salah satu transportasi cepat untuk penyebaran virus atau partikel-partikel yang merugikan kesehatan. Dalam peternakan unggas, partikel dan amonia menimbulkan resiko kesehatan bagi peternak dan juga hewan. Ketika dihirup, partikel tersebut masuk ke berbagai tempat di saluran udara dan paru-paru, yang menyebabkan peternak unggas mengalami penyakit pernapasan dan jantung. Ayam dan unggas lainnya pun terserang penyakit, peningkatan antibiotik dan kematian. Bahkan kotoran yang dihasilkan ayam menimbulkan bau, menggangu lingkungan, dan pencemaran. Pencemaran tersebut dapat meningkatkan jumlah karbon yang ada di atmosfir dan bumi akan semakin panas, yang akan mengancam keberlangsungan kehidupan di dunia.

Untuk mengatasi masalah ini, Uni Eropa bahkan mengeluarkan peraturan yang mengikat secara hukum tentang tingkat maksimum amonia yang diperbolehkan di partikel udara.
FreshLight-Agri BV, salah satu perusahaan di bidang industri unggas menciptakan inovasi berupa iBulbs untuk mengatasi masalah udara yang ada di kandang unggas.

Ionisasi Bulbs

image002

Ionisasi adalah teknologi yang digunakan untuk memurnikan udara. Dalam proses ionisasi, ion-ion negatif dibawa ke dalam kadang oleh lampu-lampu ionisasi. Partikel-partikel yang berisi ion negatif ini menyatu dengan pecahan-pecahan debu di udara. Kemudian terikat ke permukaan tanah. Debu dan partikel lain seperti amonia di dalam udara yang lebih banyak bermuatan positif akan dicuci di udara oleh ion negatif. Penelitian ilmiah juga telah menunjukkan bahwa udara yang lebih banyak ion negatif dapat menghilangkan bau, menghilangkan zat amonia, virus dan bakteri.

FreshLight-Agri mengembangkan spektrum penuh di siang hari dengan lampu ionisasi. Cahaya yang dipancarkan Aurora dan Super Nova di lampu sama seperti sinar matahari alami. Lampu iBulbs memiliki sejumlah jumbai yang dapat menciptkan medan listrik.

image003

Salah satu contoh peternak ayam Broiler yang menerapkan iBulbs adalah Bernard Wolters’. Pada awal pemakaian iBulbs, produksi debu lebih rendah daripada kandang yang lain. Debu juga menyimpan sampah litter lebih banyak. Hasil bersihnya adalah 30% amonia dan 30% debu berkurang di udara. Efek terutama dari proses ionisasi ini adalah meminimalkan ventilasi sebesar 30-40% dari yang seharusnya sekitar 80%.

Peternak unggas merasakan keuntungan yang nyata dengan adanya penggunaan lampu ionisasi. Ayam-ayam menjadi lebih sehat dengan berkurangnya debu dan amonia. Sebab amonia yang tinggi di kandang akan sangat merugikan peternak dan menurunkan produksi ayam.

Wolter juga menyebutkan dalam tiga bulan pertama angka kematian ayam menurun 1,5-2%, pengurangan penggunaan antibiotik, dan meningkatnya berat ayam 30-40 gram.

Dari pengalaman Wolter di atas, bisa diterapkan untuk para peternak ayam di Indonesia. Masalah terbesar peternak di Indonesia adalah bau yang ditimbulkan dari kandang ayam serta lalat yang bertebaran. Sebagian masyarakat bahkan mengajukan protes untuk menghentikan operasi peternakan ayam hanya karena bau dan lalat tersebut. Nah, yakin deh sekarang dengan iBulbs solusi berbagai macam permasalahan di atas bisa di atasi.

FreshLightAgri memberikan kontribusi besar untuk perekonomian Belanda. Sistem ionisasi inovatif yang mereka lakukan tidak hanya mengoptimalkan kualitas udara di kandang unggas, tapi juga meningkatkan kesejahteraan petani dan hewan.

Inilah inovasi bisnis yang patut kita jadikan contoh/tauladan, bisnis yang tidak hanya menyejahterakan perusahaan dan menghasilkan keuntungan yang banyak. Namun bisnis yang dapat menciptakan lingkungan udara yang bersih.

Referensi:

http://www.foodvalleyupdate.com/news/ibulbs-reduce-particulate-matter-and-ammonia/

https://www.rabobank.com/en/about-rabobank/background-stories/food-agribusiness/freshness-and-quality-are-the-strengths-of-the-dutch-poultry-industry.html

Duinman, Dick (2015). A better cilmate from day one. www.worldpultry.net

Foto:

http://freshlightagri.nl/about-freshlight-agri/?lang=en

http://freshlightagri.nl/about-freshlight-agri/?lang=en

http://id.gofreedownload.net/wallpapers/nature/green-park-wallpaper-landscape-nature-171342/