144. Sirkus Drone, pertama di dunia persembahan negeri Belanda

Penulis : Abdillah Rifai
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Sirkus memang menjadi tontonan yang sangat menyenangkan, kita bisa melihat atraksi yang dilakukan oleh hewan-hewan terlatih dan atraksi pemain sirkus yang memukau, ditambah lagi aksi kocak para badut yang mengocok perut. Jika kalian suka menonton sirkus, kalian wajib menonton sirkus yang satu ini, tetapi tunggu, kalian jangan membayangkan atraksi singa melompat lingkaran api, gajah bermain bola atau tingkah laku kocak para badut, sirkus yang satu ini berbeda dan menjadi yang pertama di dunia, yaitu sirkus drone. Apa? drone? iya drone, sirkus drone pertama di dunia akan digelar di Belanda.

image001

Belanda dan angin menjadi bagian yang tidak terpisahkan, jika kalian melihat kincir angin pasti yang terlintas adalah negara Belanda. Ya, memang negara ini sudah lama memanfaatkan angin, dengan angin negara ini bisa terbebas dari banjir, hembusan angin yang memang sangat kencang mampu menggerakkan ribuan kincir angin untuk memompa air dan menghasilkan listrik. Saking kencangnya hembusan angin di Belanda, sampai-sampai jika musim hujan tiba, kita tidak dapat mengandalkan payung untuk berlindung, di Belanda memakai jas hujan wajib hukumnya, jika masih ngotot memakai payung, siap-siap akan basah kuyup karena payung tidak cocok digunakan karena angin yang terlalu kencang.

Angin menjadi sumber energi yang bersih, terbarukan dan ramah lingkungan, tidak menghasilkan CO2 dan juga tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Oleh sebab itu Belanda mulai mengembangkan energi angin pada 1970-an ketika terjadi krisis energi dunia. Pada 1973 kincir angin modern pertama yang disebut wind mill (turbin angin), wind farm (ladang angin), atau wind park (taman angin), dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik di Desa Camperduin di Provinsi North Holland. Sistem energi tenaga angin tersebut memasok listrik bagi sekitar 27 ribu rumah tangga di wilayah Camperduin.

image008

Belanda tidak hanya piawai memanfaatkan angin untuk menggerakkan kincir angin, tetapi bisa membuat hiburan di udara, hebat bukan? perhelatan hiburan di udara tersebut bernama AIR 2015 yang akan digelar di stadion Amsterdam Arena. Acara tersebut akan memberikan tontonan berupa atraksi pesawat-pesawat terbang robotik yang dilengkapi dengan lampu laser dan proyektor. Atraksi tersebut melibatkan ratusan drone atau pesawat nirawak yang bekerja sama dengan Angkatan Udara Militer Belanda.

image002

Jika pada sirkus yang biasanya kita tonton memperlihatkan atraksi hewan-hewan terlatih, maka pada pertunjukan sirkus drone ini akan menyajikan beragam pertempuran, adu kecepatan, sirkus dan ilusi dari ratusan drone. Dari video trailer kita bisa melihat drone akan dilengkapi dengan laser dan proyektor yang dapat digunakan untuk membuat hologram. Penonton akan dimanjakan dengan beberapa akrobat pesawat tak berawak yang mengesankan. Penonton seakan-akan melihat atraksi pesawat terbang dari luar angkasa yang saling bertempur. Tontonan drone tersebut benar-benar akan memikat penonton dalam pengalaman 3D. Penonton akan tenggelam ke dalam efek tiga dimensi bukan lagi dua dimensi, membuktikan inovasi Belanda memang sensasional dan tidak ada yang tidak mungkin.

Referensi tulisan:
1. http://www.theguardian.com/technology/2015/feb/16/air-2015-drone-circus-amsterdam-host-worlds-first
2. http://air2015.nl/

Referensi gambar:
1. https://www.facebook.com/AIR2015NL
2. http://econews.com.au/wp-content/uploads/2012/09/dutch-wind-mills.jpg

Referensi video:

https://www.youtube.com/watch?t=11&v=TwT-R1rs3Ss