145. Belanda Tempo Sekarang Semenjak ‘Negara Air’ Menyerang

Penulis : Egy Purnama
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image002
Gambar 1. Amsterdam Kota Terbaik Kedua di Dunia
http:// suitcasestories.com

“What would life be if we had no courage to attempt anything?”
- Vincent Van Gogh, Salah Seorang Seniman Besar Dunia Kebangsaan Belanda –

Betapa sebuah keberanian dan keteguhan hati adalah modal terbesar bangsa Belanda selama ratusan tahun. Negara yang dahulu sangat susah payah mencari daratan untuk dijadikan tempat tinggal dan lahan pertanian, kini menjelma menjadi negara yang dikenal dunia dengan tata kota dan pengelolaan airnya yang sangat baik. Bahkan Amsterdam yang dahulunya merupakan bekas wilayah perairan kini menjadi kota nomor dua terbaik dunia.

Kebiadaban Negara Api mendorong Negara Bumi dan Air bersatu dan mendeklarasikan perang terhadap Negara Api hingga menjadi perang yang besar dan terjadi selama ratusan tahun. Berawal dari serangan satu elemen menjadikan elemen yang lainnya yakni Udara, Air dan Bumi bersatu untuk melawan Negara Api dalam cerita Avatar. Hal berbeda terjadi pada Negeri Belanda, berawal dari serangan ‘Negara Air’ terhadap penduduk, wilayah dan infrastrukturnya, Belanda selama ratusan tahun berbenah dan bertransformasi dari negeri yang dahulunya memandang air sebagai lawan namun sekarang menjadikan air sebagai kawan.

Bukan bangsa yang besar jika sejarahnya belum mengalami masa kelam, pun dengan Belanda. Sejarah Belanda menunjukkan bahwa walaupun sistem pengaturan air sudah ada sejak abad ke-9, Belanda pernah kehilangan luas wilayah daratannya selama periode itu sampai abad ke-13. Banjir besar tercatat mulai menerjang pada 1170 yang disebut banjir Allerheiligenvloed , kemudian banjir besar selanjutnya seperti banjir St Elizabeth pada tahun 1421 yang menyebabkan 10 ribu orang meninggal.

image004
Gambar 2. Lukisan yang Menggambarkan Banjir St. Elizabeth
Sumber : http://vandaagindegeschiedenis.nl

Meloncat 500 tahun kemudian di tahun 1953 yang merupakan tahun mengerikan bagi warga Belanda sebab banjir besar terjadi selama badai pada Sabtu 31 Januari sampai Minggu 01 Februari 1953. Badai terjadi sepanjang barat laut Eropa dan membanjiri wilayah pesisir di sekitar Laut Utara. Laut Utara adalah laut yang sebelah utaranya berhadapan dengan Samudera Atlantik dan memiliki saluran menuju barat laut dan ke timur menuju Laut Baltik serta terbagi menjadi perairan-perairan kecil. Layaknya kerusakan yang disebabkan oleh serangan Negara Api dalam cerita Avatar, bencana banjir tersebut juga tercatat membawa banyak kerusakan. Banjir itu mengakibatkan 1836 orang menjadi korban di Belanda dan merusak banyak sekali infrastruktur. Banyaknya korban di Belanda terkait dengan luasnya daerah yang terkena dampak merupakan wilayah yang ketinggiannya berada dibawah permukaan laut.

image006
Gambar 3. Banjir Yang Menerjang Belanda 1953
Sumber : www.holland.com

Bagaimanapun dahsyatnya serangan air, Belanda tetap berdiri di medan pertarungan melakukan perlawanan sekaligus pertahanan. Perjalanan perjuangan nan panjang dimulai dengan pembuatan tanggul pertama dari gundukan tanah berumput pada abad ke-10 oleh rahib di Desa Peins, Friesland, dilanjutkan pembuatan Dewan Air Resmi pada 1255 oleh Count Willem II dan pembuatan kincir angin untuk memompa air keluar pada dekade 1400-an. Kemudian di tahun 1707, Belanda membuat kanal Pannerdensch yang membelah Sungai Rhine menjadi dua hingga di tahun 1798 Belanda telah membuat Badan Pekerjaan Umum mereka sendiri.

image008
Gambar 4. Deretan Kincir Angin Tertua 1521
Sumber : Fugate (http://scribol.com)

Masa keemasan Belanda berada pada abad ke-17 saat reklamasi wilayah perairannya. Kemajuan Belanda ditunjukkan dengan keberhasilan mengubah 18.000 hektare Danau Haarlemmermeer yang sekarang menjadi Bandara Internasional Amsterdam (Amsterdam Airport Schiphol). Perjuangan terbesar dilakukan pada abad ke-20 saat pembangunan bendungan besar The Afsluitdijk tahun 1932, tujuannya untuk menutup Zuiderzee (Laut Selatan yang terhubung ke Laut Utara) yang berpotensi sebagai sumber datangnya banjir. Pembangunan tanggul tersebut menghasilkan danau besar IJsselmeer yang merupakan danau air tawar sekarang.

Penaklukan banjir dilaksanakan dengan membangun tanggul dan bendungan yang lebih canggih. Kincir aingin modern ditambahkan untuk memastikan lahan pertanian mereka bisa digunakan untuk aktivitas bercocok tanam dan pembangunan danau untuk pengairan. Tekad kuat Belanda menghadapi air ini membuat bersatunya seluruh elemen warga Belanda. Melalui para insinyurnya, pembuatan proyek besar bernama Delta Works pada 1986 dilaksanakan sesuai dengan Delta Plan. Delta Plan adalah suatu perencanaan untuk menyelamatkan bagian barat Belanda dari ancaman air pasang. Perlindungan sistem ini didesain untuk 10.000 tahun.

image012

image011
Gambar 5. (a) Delta Works Flood Protection ; (b) Maeslantkering
Sumber : (a) www.water-technology.net ; (b) www.hollandia.biz

Perjuangan melawan air selama ratusan tahun belum berhenti sampai diselesaikannya bendungan tersebut. Sekali lagi Belanda menghadapi serangan banjir pada tahun 1993 dan 1995 melalui luapan sungai dan hujan besar. Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa evakuasi terbesar dalam sejarah Belanda yang terjadi pada 31 Januari 1995. Delta Works diakhiri dengan pembangunan Maeslantkering pada 1997. Pendekatan baru akhirnya muncul, Belanda kini tidak hanya meningkatkan ketinggian dan ukuran bendungan, akan tetapi membuat lebih banyak ruang bagi air, sehingga air kini bisa dikendalikan dan menjadi kawan setia di setiap relung kehidupan warga Belanda.

image014
Gambar 6. Belanda Negeri Pengendali Air
Sumber : www.holland.com

“Holland is rich in water and is well- known for its expertise with regards to water management. Due to its location on the north-sea and all the inland waterways, water has also brought Holland a lot of prosperity. It is often said that water is flowing through the veins of the Dutch”

Air kini telah menjadi urat nadi bagi Belanda. Setiap aktivitas yang dilakukan warga Belanda, pasti berhubungan dengan air. Tanggul, Kincir Angin, Bendungan, dan Waduk telah merubah air menjadi solusi kehidupan. Saat ini air membawa kesejahteraan bagi warga Belanda. Sebagai contoh, Kota Amsterdam saja memiliki total 165 kanal dengan total panjang 100 kilometer, 800 rumah perahu, 6.800 bangunan dan 2.000.000 meter kubik air. Jutaan kubik air tersebut kini dimanfaatkan Belanda menjadi wahana rekreasi bagi warga dan turis (canal boat tour), sebagai sarana transportasi dengan fery, sarana bisnis dan restoran serta berbagai festival meriah seperti Koningsdag (Ulang Tahun Raja) yang diadakan setiap tahun pada tanggal 27 April.

image016
Gambar 7. Suasana Koningsdag di Kanal Amsterdam
Sumber : http://nvo.or.id

Belanda adalah negeri yang secara tradisional terhubung dengan air. Mereka harus berkarya dengan air bila ingin bertahan hidup dengan menciptakan teknologi untuk mengendalikannya. Populasi penduduk dengan kepadatan 491 orang/km2 memerlukan tata ruang dan pengaturan lingkungan yang harus diatur secara hati-hati. Banyak sekali transformasi telah dilakukan Belanda yang dimulai dengan modal jiwa keberanian dan keteguhan hati. Mereka percaya bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Sejak negara air menyerang, Belanda kini mengadopsi pendekatan baru bahwa mencegah lebih baik daripada mengevakuasi dan membangun ulang.

“Na regen komt zonneschijn”
After the rain, the sun will shine

- Peribahasa Belanda -

Sumber Referensi :
Aerts, Jeroen. Adaptation cost in the Netherlands : Climate Change and Flood Risk Management. www.climatechangesspatialplanning.nl. Diakses 19 April 2015
Blair, Carly. 2012. Amsterdam ranked 2nd in Best Cities Index. http://www.iamexpat.nl. Diakses 18 April 2015
Gerritsen, Herman. 2005. What Happened in 1953 ? The Big Flood in the Netherlands in retrospect. Phil. Trans. R. Soc. A(2005)363, 1271–1291. http://rsta.royalsocietypublishing.org. Diakses 03 April 2015
Overview of geography, hydrography and climate of the North Sea. www.ospar.org. Diakses 03 April 2015.
Throughout Avatar: The Last Airbender. http://avatar.wikia.com. Diakses 03 April 2015
Yglesias, Matthew. 2012. God Created the World, But the Dutch Created the Netherlands.
http://www.slate.com. Diakses 18 April 2015
http://www.goodreads.com. Diakses 03 April 2015
http://www.dutchwatersector.com. Diakses 16 April 2015
http://www.ruimtevoorderivier.nl. Diakses 16 April 2015
http://www.holland.com. Diakses 17 April 2015
http://www.iamsterdam.com. Diakses 17 April 2015
http://www.dutchwatersector.com. Diakses 19 April 2015
http://www.eddyechternach.nl. Diakses 19 April 2015
http://www.encyclo.nl. Diakses 19 April 2015