149. Inovasi Alat Masak Ramah Lingkungan

Penulis : ADIB FIRMAN HIDAYAT
Tema :Fire
=========================================================================================================================================================

Peneliti Wageningen dan Perusahaan IXL’s di Belanda mengembangkan cara baru dalam memasak sehingga dapat menjaga nilai gizi makanan tetap tinggi, hemat energi, dan meminimalkan limbah bahan makanan.

Menjaga kesehatan salah satunya adalah dengan menjaga konsumsi makanan yang bergizi tinggi dan disertai dengan olahraga secara teratur. Namun proses dalam memasak makanan secara konvensional menyebabkan makanan yang kita makan telah mengalami penurunan nilai gizi yang cukup signifikan. Pada umumnya proses memasak makanan menggunakan suhu tinggi seperti pemanggangan, penggorengan, perebusan, dan proses-proses termal yang lain.

Proses pemasakan dengan suhu tinggi ini sudah lama diterapkan sejak peradaban manusia menyadari pentingnya menggunakan suhu tinggi untuk menambah umur simpan makanan dan meningkatkan keamanan pangan dari bahaya toksin mikroorganisme yang terkandung dalam bahan makanan. Namun penggunaan suhu tinggi, juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah jika suhu yang digunakan terlalu tinggi maka akan terjadi overtreatment (penanganan berlebihan) yang dapat merusak organoleptik atau citarasa makanan. Suhu tinggi pada pengolahan makanan juga akan merusak nutrisi yang dikandung dalam bahan makanan. Hal inilah yang menyebakan kualitas makanan yang dimasak terlalu lama dengan suhu tinggi menjadi rendah dari segi gizinya.

Inovasi Alat Dapur
Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti Wageningen UR Food & Biobased dan Perusahaan teknologi IXL di Belanda mengembangkan sebuah alat masak revolusioner yang dapat digunakan untuk mempersiapkan makanan dengan cepat pada bahan-bahan segar dengan efek kerusakan yang sangat minimal pada protein, vitamin, antioksidan, gula, dan zat gizi lain yang terdapat pada bahan makanan. Contohnya, ikan kod dapat direbus dalam hitungan detik dan daging sapi dapat ditumis kurang dari satu menit. Alat canggih yang menerapkan teknologi Pulse Electric Field (PEF) ini disebut dengan Nutri-Pulse e-Cooker. Hebatnya, Inovasi ini mendapatkan penghargaan sebagai pemenang pada Food Valley Award pada tahun 2011.

frank lodder fotografie

Seperti yang dijelaskan pada website resmi perusahaan IXL, memasak dengan menggunakan Nutri-Pulse e-Cooker banyak memiliki keunggulan dari segi kualitas makanan, keberlangsungan lingkungan, dan keamanan pangan. Dari segi kualitas makanan tentu saja adalah kandungan nutrisi makanan yang lebih baik, hampir sama dengan kandungan dari bahan baku makanan segarnya. Selain itu lebih kaya akan rasa, warna , dan aroma dikarenakan dalam proses pemasakan tidak merusak organoleptik dari bahan makanan. Dengan waktu pengolahan yang cepat dan efektif, maka mengurangi dari pemborosan bahan makanan yang dimasak dan energi yang digunakan dalam proses memasak juga lebih hemat. Dari segi keamanan, dapat dipastikan aman dari kontaminasi silang dalam proses persiapan makanan dan aman dari resiko terbakar.

Prinsip kerja
Teknologi Pulse Electric Field (PEF) menggunakan arus listrik tegangan tinggi dalam waktu yang singkat untuk mematikan mikroorganisme vegetatif dalam makanan tanpa disertai dengan pemanasan suhu tinggi. Pengolahan PEF melibatkan penerapan kejut listrik tegangan tinggi antara 10 sampai 60 kV yang berlangsung antara satu mikrodetik sampai satu milidetik. Proses disebut juga dengan proses non-thermal sehingga tidak merusak nutrisi makanan sehingga rasa, aroma, warna dan tekstur makanan yang diolah menggunakan PEF tetap seperti bahan makanan yang masih segar.

image005

Secara sederhana tahapan kerja Nutri-Pulse e-Cooker yaitu bahan makanan yang terdapat di dalam alat ini diperlakukan dengan PEF atau kejut listrik tegangan tinggi. Kejut listrik ini mengubah struktur daging, ikan atau sayuran sehingga sel bahan makanan menjadi terganggu dan dinding sel menjadi bersifat permiabel. Sehingga bahan makanan ini menjadi dapat dimakan, dikunyah, dan daya cerna meningkat. Di dalam proses ini terjadi proses pemanasan ohmik yaitu pemanasan cepat dan seragam karena energi listrik yang dilepaskan menjadi panas. Namun pemanasan ini masih jauh dari ambang batas kerusakan nutrisi sebuah bahan makanan sehingga tidak merusak kandungan gizinya.

Potensi Pengembangan
Sejalan dengan prinsip perusahaan IXL “People, Planet, Prosperity”, Managing Director (MD) Govert van Oord dan Manajer Inovasi Hans Roelofs memilih untuk selalu fokus pada teknologi yang memiliki nilai tambah yang nyata bagi masayarakat. Van Ooord melihat masa depan yang lebih besar pada inovasi teknologi. Dengan Inovasi yang dihasilkannya, dapat memberikan solusi untuk masalah Food Security (ketahanan pangan), Food Safety (keamanan pangan), dan malnutrition (gizi buruk) yang saat ini menjadi isu di seluruh dunia.

Van Oord masih memiliki mimpi, untuk terus mengembangkan Nutri-Pulse e-Cooker secara portable agar dapat dibawa sampai lintas negara-negara berkembang dimana disana sering tersedia makanan namun tidak memiliki cukup upaya untuk mempersiapkan dan memasaknya dengan sehat, bersih, dan benar. “Nutri-Pulse e-Cooker menggunakan sangat sedikit energi, dalam waktu dekat harus bisa melengkapinya dengan baterei “, ujar Hans Roelofs.

Belanda mengajarkan bahwa kolaborasi antara peneliti dan pengusaha ternyata membawa dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat, terutama tidak hanya sekedar lahirnya inovasi-inovasi teknologi baru namun juga terwujudnya inovasi tersebut agar dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Oleh karena itulah Belanda dengan segala keterbatasan sumber daya alamnya mampu bersaing sebagai negara maju baik dari sektor pendidikan dan ekonomi. Jika Belanda bisa, Indonesia juga pasti bisa!

Sumber Referensi:
IXL Netherlands:
http://www.innovation-xl.com/en/nutripulse.html tanggal akses 21 April 2015

Food Technology Portal:

http://www.foodtech-portal.eu/index.php?title=Pulsed_electric_field_food_cooking

tanggal akses 21 April 2015

Food Valley:

http://www.foodvalleyupdate.nl/food-valley-nl/food-valley-award/winnaar-food-valley-award-2011-ixl-netherlands/

tanggal akses 21 April 2015

Pulse Master:

http://www.pulsemaster.us/pef-pulsemaster/faq

tanggal akses 21 April 2015

Sumber Gambar:

http://www.innovation-xl.com/en/nutripulse.html