156. PlantLab dan Generasi Baru Menanam di Dalam Ruangan

Penulis : Arystha Anggriyani Y Pello
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Pernah membayangkan jumlah populasi penduduk di 20-30 tahun yang akan datang? Sudah pasti akan terjadi peningkatan jumlah penduduk, bukan? Diperkirakan dari jumlah populasi global yang mencapai angka 7 miliar, pada tahun 2050 akan bertambah menjadi 9 miliar orang, dengan 85% orang akan tinggal di kota. Jika demikian, maka lahan-lahan akan digunakan untuk membangun gedung dan perumahan, sehingga lahan untuk pertanian dan perkebunan akan mungkin sekali menjadi semakin berkurang. Padahal, semakin banyaknya penduduk, semakin tinggi pula pemenuhan akan kebutuhan dasar, yaitu makanan, untuk tetap terpenuhi. Lalu, jika tidak ada lahan untuk menanam, darimanakah akan datang sumber makanan?

Hal ini tentu saja sudah terpikirkan oleh Geutjan Meeuws dari PlantLab, salah satu perusahaan pertanian di Belanda, yang mengusahakan teknik bertani unik bagi pertanian urban, yaitu menanam di dalam ruangan, tanpa sinar matahari, tanpa jendela, bahkan menggunakan air yang sedikit, tetapi memberikan hasil dari tanaman yang lebih baik.

image001
Geutjan Meeuws

Menanam tanpa sinar matahari dan dengan air yang sedikit? Bukankah proses fotosintesis membutuhkan dua komponen itu bagi tanaman untuk dapat bertumbuh dan berkembang?

PlantLab menemukan teknik bertani yang berbeda dari biasanya, yaitu tidak menggunakan lahan terbuka, tetapi di dalam ruangan. Artinya, kegiatan menanam ini dapat dilakukan di gedung pencakar langit, gudang penyimpanan, maupun ruang bawah tanah. Kadar air yang dibutuhkan juga tidak banyak, yaitu hanya 10% jika dibandingkan dengan cara bertani kebanyakan. Selain itu, teknik bertani ini juga menggunakan lampu LED merah dan biru sebagai ganti sinar matahari untuk membantu meningkatkan efisiensi proses fotosintesis tanaman, dari yang semula hanya 9% pada teknik bertani konvensional menjadi 12-15%. Kedua warna lampu ini dipilih karena tanaman membutuhkan cahaya merah dan biru untuk proses fotosintesis, serta warna lampu ini dapat memberikan rangsangan pada tanaman untuk lebih cepat tumbuh. Tanaman juga membutuhkan ‘far-red’, warna yang tidak kelihatan oleh mata manusia namun ‘kelihatan’ bagi tanaman, sehingga PlantLab bekerjasama dengan perusahaan lampu Belanda, Philips, dalam menggunakan LED ‘far-red’ untuk menghasilkan gelombang cahaya yang dapat memberikan stimulus pertumbuhan. Philips sendiri juga mendanai departemen Greenhouse Horticulture dari Wageningen University and Research Centre dalam penelitian serupa tentang penanaman buah stroberi di bawah lampu LED, yang menghasilkan pohon stroberi dengan banyak buah serta lebih nikmat dan memiliki banyak vitamin C.

image003
Lampu LED yang digunakan PlantLab

PlantLab membangun apa yang mereka sebut sebagai Plant Paradise, yang memiliki Plant Production Unit (PPU). Dikerjakan bersama Imtech, salah satu perusahaan listrik dan mekanik di Belanda, PPU berfungsi untuk mengoptimalkan dan mengontrol kondisi pertumbuhan tanaman dan menggunakan sensor berteknologi tinggi dan model matematika canggih untuk menghasilkan lingkungan yang sempurna untuk hasil pertumbuhannya. Di Plant Paradise, tanaman-tanaman tidak dimodifikasi, melainkan dikondisikan oleh PlantLab untuk hidup dengan unsur-unsur yang mendukung pertumbuhannya. Dengan kalkulasi secara matematika, tanaman bertumbuh dengan lebih efisien, di mana kadar air, cahaya, kelembapan, karbondioksida, dan temperatur ruangan yang dikondisikan oleh PlantLab sesuai dengan kebutuhan ideal tanaman untuk dapat tumbuh dan berkembang.

image005
Unsur-unsur penunjang pertumbuhan tanaman yang dikondisikan oleh PlantLab sesuai kebutuhan ideal tanaman

Dengan cara ini, sebuah PPU dapat menghasilkan panen 2 sampai 3 kali lebih banyak dibandingkan greenhouse dan 30 sampai 40 kali lebih tinggi daripada sawah biasa. Hal ini dikarenakan tanaman dapat mencapai potensi mereka secara penuh dalam sebuah PPU. Mengoptimalkan lingkungan di mana tanaman tumbuh dapat membantu meningkatkan rasa dan keindahan tanaman itu sendiri tanpa mengubah susunan genetika mereka. Oleh karena tanaman hidup di PPU, maka tanaman itu bebas hama dan penyakit, sehingga tidak membutuhkan pestisida.

image007
Tanaman-tanaman di PPU PlantLab

Selain PPU, ada juga Plant-ID yang diberikan pada masing-masing tanaman sebagai identitas dan Plant Lab OS untuk mengontrol faktor lingkungan bagi tanaman, seperti warna lampu, intensitas cahaya, rasio warna lampu, inframerah, temperatur lampu, temperatur tanaman, komposisi udara, kelembapan udara, serta karbondioksida. Plant-ID tercipta dari riset-riset yang dilakukan oleh PlantLab untuk melihat bagaimana setiap tanaman berperilaku di lingkungan pertumbuhan yang dikontrol. PlantLab menguji dengan berbagai kombinasi variabel-variabel pertumbuhan tanaman, dan hasil akhirnya dibuatlah Plant-ID sebagai identitas dan spesifikasi dari masing-masing tanaman yang berguna dalam pembibitan. Dari Plant-ID inilah dihasilkan Growing Recipes, yang berisi informasi mengenai kondisi yang tepat untuk setiap tahap pertumbuhan tanaman, juga waktu untuk memanen, kondisi terakhir tanaman yang seharusnya, rasanya, dan lain-lain.

image009
Tanaman yang dikembangkan di PlantLab

Teknik pertanian urban dengan menggunakan lampu LED yang dikembangkan oleh PlantLab ini dapat menjadi alternatif di masa depan, bahkan dapat dimulai dari sekarang untuk tetap dapat menghasilkan pangan tanpa menggunakan lahan yang luas. Belanda adalah contoh negara kreatif penuh inovasi yang mampu melihat hal ini sebagai peluang dan dapat memberikan manfaat besar bagi banyak orang.

Alamat URL tulisan di blog:

http://arysthaa.blogspot.com/2015/04/plantlab-dan-generasi-baru-menanam-di.html

Referensi dan Sumber Foto:
• http://www.plantlab.nl/
• http://singularityhub.com/2011/08/14/dutch-plantlab-revolutionizes-farming-no-sunlight-no-windows-less-water-better-food/
• Holland Herald (KLM) – April 2011, halaman 58-60
• http://inhabitat.com/dutch-company-plantlabs-agricultural-revolution-could-grow-the-worlds-fruit-and-veg-in-a-space-smaller-than-holland/
• http://www.cityfarmer.info/2014/02/07/gertjan-meeuws-indoor-farming-the-next-generation-of-growing/
• http://hollandfoodpartner.com/strawberries-leds
• http://imtech.com/EN/corporate/Newsroom/Highlights/technical-solution-worldwide-food-problem.html
• http://inhabitat.com/plantlab-makes-the-coveted-vertical-urban-farm-a-reality/