164. Bersepeda di Negara Rendah yang Berangin

Penulis : Manzilina Mudia
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

The Netherland memiliki arti “Negara Rendah”. Nama ini terinspirasi dari bentuk daratan geografis negara ini yang rendah dan datar. Sekitar 50% dari permukaan wilayahnya kurang dari 1 meter diatas permukaan laut(18). Selain terkenal dengan negaranya yang rendah, Belanda juga terkenal dengan kincir angin. Terdapat sekitar 1180 kincir angin diseluruh Belanda(18). Berada di wilayah dimana angin selalu bertiup, kincir angin ini dulunya digunakan untuk membajak dan mengaliri sawah, memproduksi barang-barang, memompa air dari danau dan menjaga agar lahan tetap kering(19).
Sepeda juga telah menjadi sinonim untuk negara Belanda selama bertahun-tahun. Dengan jumlah sepeda yang melebihi jumlah penduduknya (1,11 sepeda per orang)(13), menjadikan Belanda sebagai negara dengan penggunaan sepeda tertinggi di dunia (27% dari semua perjalanan dan 25% perjalanan ke tempat kerja)(1). Pada tahun 2007, 34% dari semua perjalanan dengan jarak hingga 7,5 km dilakukan dengan menggunakan sepeda, menjadikan sepeda mode transportasi yang paling diminati di Belanda(13).

Sejarah yang panjang meliputi budaya bersepeda di negara ini. Budaya ini telah berkembang sebelum perang dunia pertama. Bahkan Belanda telah menjadi negara bersepeda nomor satu di Eropa semenjak 1911(3). Ada alasan dibalik melekatnya budaya bersepeda di negara ini. Sepeda merupakan simbol dari masyarakat kelas bawah dan menengah. Namun, semua kelas masyarakat mengendarai sepeda. Sepeda dianggap sebagai mode transportasi yang solid dan dapat diandalkan(2)(14).

Infrastruktur yang mendukung juga menjadi salah satu alasan mengapa sepeda di Belanda tetap populer. Dengan jalan khusus sepeda terintegrasi sepanjang 21,748 mili yang terpelihara dengan baik, lampu lalu lintas khusus sepeda, serta peraturan lalu lintas yang mengutamakan pengguna sepeda, menjadikan penggunaan sepeda kembali meningkat setelah mengalami penurunan popularitas pada tahun 1960-an hingga pertengahan 1970-an(3)(4)(5)(14). Sebagai upaya untuk mendukung budaya bersepeda ini, pemerintah Belanda menghabiskan 487 juta euro per tahun (2010) pada infrastruktur bersepeda (sekitar 30 euro per orang per tahun)(6). Pemerintah Belanda juga mengucurkan dana sebanyak 2 miliar Euro per tahun untuk inovasi teknologi(11). Dukungan pemerintah dan keinginan untuk terus memperbaiki infrastruktur inilah yang menghasilkan dua inovasi penting, Hovenring dan SolaRoad, pada jalan khusus sepeda dalam dekade ini.

Hovenring : Roundabout Aerial Pertama di Dunia
Hovenring adalah roundabout ‘melayang’ pertama di dunia. Hovenring berada di provinsi Noord-Brabant, terletak diantara Eindhoven, Veldhoven dan Meerhoven, yang memberikan nama pada jalan melingkar ini, Lingkaran Hoven(7). Dirancang oleh IPV Delft, jalan melingkar yang melayang ini merupakan solusi terhadap peningkatan arus lalu lintas pengguna sepeda di persimpangan jalan lingkar sebelumnya(8). Konstruksi mulai dilakukan pada 11 Februari 2011 dan dibuka pertama kali pada 30 Desember 2011. Namun, karena adanya vibrasi yang tidak diduga pada kabel akibat angin, jalan ini harus ditutup untuk semenara waktu. Hovenring dibuka kembali untuk umum pada 29 Juni 2012(7). Konstruksi jembatan ini menghabiskan total 20 juta Euro(10).

Seperti piring terbang, jalan lingkar berdiameter 72 meter yang terbuat dari 1000 ton baja ini disangga oleh menara berbentuk jarum setinggi 70 meter, memberikan tampakan seperti mengapung diudara. Untuk mencegah torsi, digunakan 24 kabel baja dengan tambahan peredam vibrasi berfekuensi tinggi dan rendah yang dipasang di dalam bagian jembatan. Lampu LED tabung, lapisan tipis aluminium, dan lembaran translusen yang terletak disekitar, atas dan bawah jembatan turut meperindah tampakan futuristik yang spektakular pada malam hari. Lampu ini juga berfungsi memastikan pengenalan wajah pengguna jembatan. Beton berbentuk M ditambahkan pada bagian bawah jembatan untuk memastikan kestabilan, (7)(8)(9).

image001

Salah satu tantangan pembuatan design jalan lingkar ini adalah integrasi spatial. Infrastruktur dan bangunan yang ada memberikan batasan terhadap sudut kemiringan. Karena tempat yang terbatas, permukaan tanah persimpangan yang berada di bawah diturunkan satu setengah meter untuk pembuatan kemiringan penanjakan yang nyaman menuju jembatan bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda(9).

SolaRoad : Jalan Solar Sepeda Pertama di Dunia
SolaRoad adalah jalan aspal pertama didunia yang dilengkapi dengan panel surya untuk mengumpulkan dan mengubah energi solar menjadi energi listrik. Dengan menggunakan infrastruktur jalan yang telah ada, SolaRoad menawarkan luas permukaan efektif yang besar untuk mengumpulkan energi surya dengan sedikit atau tidak ada pengaruh pada permukaan jalan(12). Listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk lampu jalan, lampu lalu lintas, kebutuhan rumah tangga dan kendaraan listrik(15).

SolaRoad dikembangkan sebagai panel prefabrikasi berbentuk seperti lego yang terbuat dari beton 2,5 x 3,5 meter dengan lapisan atas kaca translusen yang memiliki ketebalan 1 cm. Layar paling atas harus translusen agar sinar cahaya matahari dapat ditangkap oleh sel surya silikon kristal yang terdapat dibawah kaca, harus bisa menolak sebanyak mungkin kotoran dan pada saat bersamaan juga harus cukup kuat untuk menghasilkan permukaan jalan yang aman. Tambahan lapisan plastik translusen yang kasar digunakan agar para pengguna sepeda tidak tergelincir(15)(16)(17).

Sel surya silikon kristal sendiri terbuat dari dua jenis ‘doping’ semikonduktor, p dan n. Doping adalah tambahan campuran pada silikon. Campuran dalam silikon bertipe n akan menghasilkan elektron yang bebas bergerak. Sedangkan pada tipe p, campuran ini akan menghasilkan lubang. Ketika lapisan n dan p ini bertemu (dinamakan sambungan), elektron akan melewati sambungan dan memasuki lubang untuk saling mengikat, menghasilkan muatan positif pada lapisan n. Lubang juga akan pindah melewati sambungan dari p ke n yang menghasilkan muatan negatif. Perpindahan elektron dari sambungan p-n menghasilkan medan listrik yang selalu ada diseluruh sel. Ketika photon dari matahari mengenai sel solar, elektron akan terlepas dari sambungan kembali ke semikonduktor n dan lubang kembali ke semikonduktor p. Pelepasan ini menghasilkan fluktuasi muatan positif dan negatif di sambungan yang menghasilkan perbedaan potensial atau voltase(17).

image003
Gambar 2. Cara Kerja SolaRoad (sumber: http://www.solaroad.nl/wp-content/uploads/2014/11/SolaRoad_visualWeb.jpg)

SolaRod merupakan perwujudan kepedulian pemerintah Belanda untuk mengurangi emisi karbon sebanyak 80-95%(13). Menghabiskan dana 3,7 juta Euro(16), SolaRoad merupakan inovasi dari TNO yang bekerja sama dengan perusahaan konstruksi jalan-Ooms Civiel, penyedia layanan teknis-Imtech dan didanai oleh pemerintah provinsi Noord-Holland(15). Pemasangan SolaRoad dilakukan di jalan sepeda kota Krommenie sepanjang 70 meter dan akan dipantau penggunaannya selama tiga tahun. Riset akan dilakukan untuk mengumpulkan data untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proyek, seperti aspek pada jalan dan distribusi tenaga listrik(4)(12)(15)(16)(17).

Penemuan lain yang juga mendukung pengurangan emisi karbon adalah “Van Gogh-Roosegarde cycle lane”. Didesain oleh Daan Roosegarde, ini merupakan jutaan batu berwarna hijau dan biru dengan tenaga surya yang pada malam hari akan berpijar menyinari jalan dan lapangan terbuka yang gelap, seperti Starry Night-lukisan terkenal oleh Van Gogh(11).

image005
Gambar 3 Van Gogh-Roosegaarde Cycle Lane (sumber: https://www.studioroosegaarde.net/uploads/images/2014/11/12/1851/1851-5804-image.jpeg)

Referensi :
1. Top 10 Countries with Most Bicycles per Capita. [Online]. [cited 2015 April 22.
2. Guide Holland. [Online]. [cited 2015 April 22. Available from: http://www.guideholland.com/histbike.html.
3. Reid C. The Roads Were Not Built For Cars. [Online].; 2012 [cited 2015 April 22. Available from: http://www.roadswerenotbuiltforcars.com/netherlands/.
4. Cameron C. Inhabitat. [Online].; 2014 [cited 2015 April 21. Available from: http://inhabitat.com/solaroad-the-netherlands-unveils-worlds-first-solar-cell-paved-bike-path/.
5. Tejvan. Cycling Info. [Online].; 2009 [cited 2015 April 21. Available from: http://cyclinginfo.co.uk/blog/728/cycling/cycling-in-holland/index.html.
6. Hembrow D. A view from the cycle path. [Online].; 2010 [cited 2015 April 22. Available from: http://www.aviewfromthecyclepath.com/2010/05/487-million-euros-for-cycling.html.
7. Twisted Sifter. [Online].; 2014 [cited 2015 April 22. Available from: http://twistedsifter.com/2014/01/hovenring-worlds-first-suspended-bicycle-roundabout-netherlands/.
8. Starr B. Visual News. [Online].; 2013 [cited 2015 April 22. Available from: http://www.visualnews.com/2013/10/30/hovenring-first-suspended-bicycle-roundabout/.
9. Delft I. Hovenring. [Online]. [cited 2015 April 22. Available from: http://hovenring.com/.
10. Symon J. Canada’s Cycling Mag Pedal. [Online].; 2014 [cited 2015 April 22. Available from: http://pedalmag.com/hovenring-worlds-first-aerial-bicycle-roundabout/.
11. Koster S. DW. [Online].; 2014 [cited 2015 April 21. Available from: http://www.dw.de/how-the-dutch-love-of-cycling-is-glowing-in-the-dark-to-inspire-innovation/a-18077820.
12. Valk G. TNO. [Online]. [cited 2015 April 22. Available from: https://www.tno.nl/en/focus-area/energy/sustainable-energy/smart-energy-system-solutions/solaroad-combines-road-and-solar-cells/.
13. Ministerie van Verkeer en Waterstaat. Fietsberaad Crow. [Online].; 2009 [cited 2015 April 21. Available from: http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf.
14. Fietsberaad Publication. Fietsberaad Crow. [Online].; 2010 [cited 2015 April 22. Available from: http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/Fietsberaad_Publicatie7A.pdf.
15. TNO, Imtech, Ooms Civiel, Province Noord-Holland. SolaRoad. [Online]. [cited 2015 April 22. Available from: http://www.solaroad.nl/en/.
16. The Associated Press. CBC News. [Online].; 2014 [cited 2015 April 22. Available from: http://www.cbc.ca/news/technology/dutch-test-solaroad-solar-panels-on-bike-path-1.2831630.
17. Spakovskis R. Phys.org. [Online].; 2014 [cited 2015 April 22. Available from: http://phys.org/news/2014-11-solaroad-world-solar-path-netherlands.html.
18. Eupedia. [Online]. [cited 2015 April 22. Available from: http://www.eupedia.com/netherlands/trivia.shtml.
19. Holland. [Online]. [cited 2015 April 22. Available from: http://www.holland.com/uk/tourism/activities/traditional/windmills.htm.