169. Superman Van Oranje (FINALIST)

Penulis : HANDRY FEBRIAN Z
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

image001

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Superman? superhero tampan ciptaan Joe Shuster dan Jerry Siegel yang segala bentuk franchisenya selalu sukses merajai pasar. Superman digambarkan sebagai seorang pria bernama asli Kal El dari Planet Krypton yang dikirim ke bumi dan hidup sebagai seorang Clark Kent. Clark dibesarkan oleh keluarga angkatnya di perkebunan Kansas, lalu setelah dewasa memilih bekerja di sebagai jurnalis di sebuah koran metropolitan. Dengan kekuatan tubuh baja yang ia miliki, ia berjuang menumpas makhluk-makhluk ruang angkasa yang berniat menguasai bumi. Sayangnya karakter ini hanya fiktif, ya! Bagaimana jika bumi benar-benar memiliki seorang superhero yang kuat dan tangguh serta kebal dari tembakan senjata api?

Terdengar delusional?
Ternyata tidak juga. Kita sepertinya tidak perlu menunggu Kal El dikirim dari Planet Kypton untuk melihat sosok Superman. Jalila Essaidi, seorang artis wanita asal Eindhoven, Belanda, telah mengembangkan kulit anti peluru ala Man of Steel. Dikarenakan keprihatinannya terhadap kejahatan yang semakin meningkat akhir-akhir ini, Essaidi berinovasi dengan cara menggabungkan seni dan bioteknologi modern yang ia sebut Bio Art. Tak sendiri, Essaidi berkolaborasi dengan Forensic Genomics Consortium Netherlands (FGCN) mengembangkan material yang mampu menahan tembakan senjata api dan mementalkan peluru keluar sebelum menembus kulit.

Essaidi bekerja dengan melakukan modifikasi genetik pada protein sutra laba-laba dan susu kambing. Dari serangkaian uji coba yang ia lakukan, terbukti bahwa material ciptaannya ini memiliki kemampuan berkali lipat lebih kuat daripada baja. Material ini dapat dikulturkan di lapisan terluar kulit manusia untuk melahirkan manusia anti peluru pertama di dunia! Sesuai dengan judul proyeknya “2.6g / 329 m/s” atau “kulit anti peluru,” kulit temuan direktur BioArt Laboratories Foundation ini memiliki kemampuan yang setara dengan rompi anti peluru yaitu memblokir peluru dengan berat maksimal 2.6 gram dengan kecepatan 329 m/detik.

Tujuan akhir dari pengembangan kulit anti peluru ini menurut Essaidi adalah untuk mengganti lapisan keratin kulit manusia dengan material buatannya. Caranya kerjanya adalah memperkuat vitro kulit dengan menyisipkan gen material buatannya ke dalam gnome tubuh manusia. Hal ini membuat setiap tembakan senjata api yang mengenai tubuh bukannya menembus kulit malah terpental kembali ke udara. Benar-benar seperti fiksi ilmiah menjadi nyata!

image003
Essaidi menguji coba kulit buatannya

image005

Meskipun terbukti ampuh memblokir serangan peluru, pengembangan terhadap inovasi ini masih perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang masih terbatas terhadap spesifikasi senjata api tertentu. Dengan ketekunan dan mimpi Essaidi untuk melahirkan manusia anti peluru pertama di dunia, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat ini Superman yang biasanya hanya bisa kita lihat di film-film, bisa kita saksikan secara nyata. Superman made in Holland yang dengan tangan kosong bisa menangkis tembakan dari senjata api. Kira-kira apa ya nama yang cocok untuknya? Superman Van Oranje, mungkin? Tapi mudah-mudahan tidak pakai celana dalam di luar ya.

Rompi anti peluru? Sudah biasa. Kulit anti peluru? Ini baru namanya inovasi. Pengembangan kulit man of steel ini kembali menjadi bukti kreatifitas dan kegigihan bangsa Belanda dalam berinovasi meningkatkan kualitas hidupnya. Ada pepatah lama yang mengatakan “Je moet het ijzer smeden als het heet is,” atau dalam bahasa inggris “You have to Strike while the iron is hot.” Maknanya, salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah segera bertindak. Disaat yang lain hanya bisa bermimpi, kenapa kita tidak langsung beraksi menjadikan mimpi-mimpi itu nyata? Semangat inilah yang menjadikan Bangsa Belanda selalu selangkah lebih maju. Bagi kamu yang tertarik untuk menyaksikan kulit anti peluru ini secara langsung, bisa datang ke Natural Biodiversity Center, Leiden, Belanda.

Ngomong-ngomong soal mimpi, apa mimpi terbesar kamu?
Kalau saya, ingin sekali menginjakkan kaki di Negeri Van Oranje dan…… Jadi Superman.

image007

Referensi:

http://jalilaessaidi.com/

http://www.designboom.com/art/fusing-skin-cells-with-spider-silk-for-bullet-proof-skin-by-jalila-essaidi/

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2026645/Bulletproof-human-skin-spider-silk-goat-milk-developed-scientists.htm

http://sains.kompas.com/read/2011/08/19/09514276/Ilmuwan.Ciptakan.Kulit.Antipeluru

GAMBAR:

http://www.layoutlocator.com/graphics/dldimg/59ab8fe31dd6d3da49d67844b02367af_ef03279eb5c8bbefe44b7f8c8d013002.jpg

http://www.designboom.com/wp-content/uploads/2013/03/bullet08.jpg

http://www.designboom.com/wp-content/uploads/2013/03/bullet02.jpg

http://hd.wallpaperswide.com/thumbs/man_of_steel_2015-t2.jpg