174. Dutchtub – Kesederhanaan dan Kehangatan Mini Spa

Penulis : Athiah Dwidanti Amida
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Pernah membayangkan nuansa spa di alam terbuka sambil menikmati indahnya pemandangan? Ingin merasakan sensasi berendam air hangat di pegunungan atau pantai? Jika ya, maka Dutchtub-lah solusinya. Dutchtub adalah bak mandi portabel yang memiliki berat kurang lebih 75 kg yang dapat digunakan dalam cuaca apapun, dipindahkan dan dibawa kemana saja baik menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua seperti sepeda.

image001
(http://www.weltevree.nl)

Dutchtub merupakan hasil inovasi Floris Schoonderbeek, desainer lulusan Academy of Fine Arts, Amhem, Belanda yang tercetus pada tahun 2002. Desain tub sederhana menyerupai sebuah cangkir besar terbuat dari Glass Fibre Polyester yang dilengkapi dengan kumparan api stainless steel, dan wajan ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Sustainable & Portable Hot Tub Design.

image003
(http://www.design-emotion.com)

Wajan di atas kumparan, selain berfungsi menjaga panas, bisa digunakan untuk memasak. Jadi, tidak hanya menikmati nusansa mini spa + indahnya pemandangan sekitar pada saat berendam di dalam Dutchtub, tetapi kita juga dapat menyantap makanan hangat yang lezat.

Lalu bagaimanakah cara kerja Dutchtub? Apakah sesederhana penampilannya? Jawabannya ya, asalkan kita mengikuti petunjuk yang diberikan. Penjelasan singkatnya, isi tub dengan air sampai kira-kira di atas piringan logo, selanjutnya masukkan beberapa potong kayu bakar ke dalam kumparan dan nyalakan api di dalamnya, setelah api menyala, tempatkan wajan di atas kumparan untuk menjaga panas dalam bentuk spiral seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

image005
Sirkulasi alami inilah yang menyebabkan air dingin di bagian bawah Dutchtub panas dan mengalir ke bagian atas. (http://www.weltevree.nl)

Langkah terakhir, pasang penutup. Sesekali aduk air dalam tub dengan tetap menjaga api menyala. Ketika air di dalam tub sudah mencapai suhu kira-kira 38° C, Dutchtub siap untuk digunakan!

image007

image009

Original Dutchtub memiliki kapasitas hingga empat orang dewasa. Sangat cocok digunakan bersama keluarga ataupun sahabat. (http://www.toxel.com)

Pada mulanya, ide Schoonderbeek membuat Dutchtub muncul dikarenakan keinginannya menginspirasi orang lain untuk keluar merasakan lingkungan publik. Selain itu Schoonderbeek mengatakan, Belanda adalah sebuah negara kecil. Oleh karenanya, ia ingin menciptakan produk-produk yang dapat membuat Belanda menjadi lebih besar. Suatu tindakan yang sangat positif dan patut di acungi jempol!

Einstein pernah mengatakan, “Creativity is seeing what everyone else has seen, and thinking what no one else has thought.” Itulah yang dilakukan Schoonderbeek. Kreatifitasnya melihat tub + sumber panas api yang ada dalam kehidupan sehari-hari, ia jadikan ide menciptakan produk baru yang kini digunakan banyak orang.

Apakah alasan yang membuat Dutchtub disukai?

Menurut Schoonderbeek keunggulan dari Dutchtub tidak hanya dikarenakan mobilitas dan kebebasan penggunanya untuk menentukan lokasi dimana mereka ingin menikmati sensasi mini spa, tetapi juga dikarenakan kemewahan pengalaman yang mereka rasakan dari Dutchtub itu sendiri. Seperti yang disampaikannya, pengalaman dalam menggunakan Dutchtub dapat dibedakan menjadi tiga tahap. Tahap pertama, reaksi orang ketika pertama kali melihat penampilan Dutchtub. Pada umumnya, mereka penasaran begitu melihat bentuknya yang unik. Tahap kedua, mereka akan menyelidiki, lalu mengujinya, dan tahap terakhir, tahap dimana orang mendapati hari pertama mereka sewaktu menggunakan Dutchtub di tempat yang mereka inginkan.

Selain bentuknya yang unik, Dutchtub juga memiliki keunikan pada nomer seri yang terdapat di bagian badan tub. Jadi setiap pemiliknya akan memiliki produk keluaran Waltevree ini dengan nomer seri yang berbeda. Penomeran disertai foto pada saat menggunakan Dutchtub yang dikirim oleh pemiliknya akan menjadi database perusahaan guna lebih mengenal, mengetahui cerita maupun perasaan mereka terhadap Dutchtub. Tanggapan mereka sangat positif. Hal ini terlihat dari senyuman dan keseruan mereka saat menggunakan si tub sederhana.

image011
(http://www.design-emotion.com)

Terhitung sudah belasan tahun Dutchtub diproduksi, namun penggunanya kian terus bertambah. Tub minimalis ini tidak hanya dikenal di Belanda, tetapi juga sudah diminati pasar mancanegara.

Ternyata Belanda yang maju teknologinya, masih peduli dan dapat melihat suatu peluang dari benda yang bisa dikatakan tradisional menjadi inovasi baru multifungsi yang walaupun sederhana tetap terlihat mewah. Selain itu, melalui kehangatan Dutchtub, peralatan elektronik yang biasanya menjadi bagian dalam keseharian, serta menjadi penyebab kurangnya interaksi dengan orang-orang terdekat dan alam dapat terlupakan sejenak. Suatu kesuksesan yang luar biasa dari inovasi produk yang sederhana.

Luxury does not have to be complex. In fact, it can be quite simple. ~ Weltevree

Referensi:

http://www.weltevree.nl

http://www.design-emotion.com/2006/02/20/getting-emotional-with-floris-schoonderbeek/

http://www.toxel.com/tech/2012/11/17/wood-burning-hot-tub/

http://www.dexigner.com/news/15854