179. SUDUT LAIN NETHERLAND

Penulis : Dinda Ramadhani Putri
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Kehidupan selalu bermula dari air. Ketika kita membicarakan air maka tak ada satu negara pun di dunia yang mampu menandingi Netherland. Letak negaranya memiliki batas terendah mencapai 6.76 meter dibawah permukaan laut membuat negara kincir angin ini selalu digandrungi oleh persoalan air. Tentu saja ini memberikan tantangan berat bagi the dutch mengenai persoalan untuk mendapatkan tempat tinggal, air mineral, hingga letak tata kota.

Namun bukan the dutch namanya jika tidak bisa mengatasi hal ini. “They have a Magic”

Ya, Netherland yang merupakan kawasan delta terpadat didunia dengan jumlah penduduk mencapai 15,8 juta orang. Telah mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi sebuah tempat tinggal. Kita bisa melihatnya dari tata kota dibuat sedemikian rupa dengan system polder yang mengelilingi setiap wilayah dimulai dengan tanggul, pompa air, dan saluran drainase disertai dengan begitu banyak jalur kanal sebagai pengaturan lalulintas air yang masuk dan keluar. Sehingga tak mengherankan jika kau akan terus menemukan birunya laut sejauh mata memandang. Mereka juga melakukan system perluasan wilayah yaitu membuat daratan baru (New land) dengan puluhan juta kubik pasir dasar laut. Tidak sampai disitu saja, negara yang terkenal dengan bunga tulipnya ini selalu memberikan inovasi yang tak ada habisnya.

Terutama yang menyangkut persoalan air, karena memang sudah berabad-abad mereka hidup berdampingan dengan unsur alam ini. Air memberi segalanya bagi manusia namun dapat pula membawa semuanya. Terlebih dengan perubahan iklim yang terjadi belakangan ini yang disebabkan oleh efek samping Pemanasan Global. Kenaikan permukaan air laut yang terus terjadi, intensitas hujan yang tak terkendali, menyebabkan kekhawatiran bagi setiap orang. Karena hal ini the dutch terus menyiapkan segalanya dengan menciptakan inovasi-inovasi terbarukan.

Bisa kita lihat dari inovasi yang diciptakan oleh WaterStudio.nl yang merupakan sebuah perusahaan arsitektur yang bergerak di bidang kontruksi pembangunan di atas air. Koen Olthuis adalah pendiri WaterStudio sekaligus arsitek yang langsung bergerak dalam pengembangan dunia air yang mengatasi permasalahan mengenai urbanisasi dan perubahan iklim. Ia menyadari bahwasannya air mampu dijadikan sebagai media untuk pembukaan lahan permukiman yang baru terutama di wilayah perkotaan yang dekat dengan pesisir pantai. Sehingga ia mengembangkan konsep kontruksi bangunan yang menyatu dengan unsur alam ini, bukan melawan datangnya air tapi membiarkan air masuk kedalamnya. Koen Olthuis telah menciptakan berbagai kontruksi kota dan bangunan yang mampu mengambang di atas air. Seperti halnya di Amsterdam Waterstudio.NL merancang kompleks apartemen mengambang, sebuah pulau terapung dengan villa dan rumah panggung. Kompleks apartemen dan pulau ini memiliki halaman yang nyaman dan memiliki teras langsung menghadap ke air. Rumah-rumah panggung berdiri tinggi di atas tanah yang menghadap ke daratan pun memiliki teras pribadi di bagian bawahnya yang berdekatan langsung dengan air.

image001
floating apartment complex

image002
stilthouses

Selanjutnya Waterstudio kembali melakukan gebrakan dengan pembangunan Apartemen mengambang pertama di dunia yang konstruksinya baru saja dilakukan tahun 2014 lalu. The Citadel itulah namanya 60 apartemen mewah yang terdiri dari taman hijau di setiap atapnya, outdoor private space, a berth for a small boat, and greenhouses yang tersedia di antara setiap unit apartemen. Sebuah konsep apartemen terbaru di dunia.

image003

Lalu mari kita melihat sekilas mengenai inovasi yang di lakukan oleh FDN sebuah perusahaan yang mendesign kontruksi rumah amfibi dan bangunan mengambang lainnya dengan system hidrodinamik. FDN yang juga bekerjasama dengan Waterstudio ini bergerak untuk memberikan solusi terkait perubahan iklim,dan cuaca ekstrim yang terkonsentrasi di wilayah Asia, Amerika Selatan, dan sebagian wilayah Eropa. Sehingga fokus utamanya ialah menciptakan bangunan yang mampu bertahan dari banjir, dan tsunami.
Sebagai salah satu contohnya adalah pembuatan rumah amfibi di Colombia yang didasari mengenai persoalan banjir. Specialisasi dari rumah amfibi ini adalah struktur terapungnya, yang ringan dan memiliki system jangkar sehingga mampu terapug saat banjir tiba dan kembali ke tempatnya usai banjir mereda.

image004
Illustrations of the amphibious house (waterstudio.nl)

Kini jelas terlihat bahwa inovasi akan terlahir ketika kita mampu melihat keterbatasan menjadi sebuah peluang. Merubah sudut pandang yang ada hingga melahirkan sebuah ide yang cemerlang itulah yang dilakukan oleh the dutch. “Semua yang tidak pasti berarti Mungkin” adalah sudut lain dari Netherland

Referensi :

http://www.roomfortheriver.nl/

http://inhabitat.com/interview-koen-olthius-of-waterstudionl/

http://www.waterstudio.nl/projects/59

http://www.fdn-engineering.nl

http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands

made-in-Holland-water-technology.pdf