182. Menjauhkan Hama dan Penyakit Tanaman dengan Microwave. Kok bisa? Praktikkan!

Penulis : Shinta Purnama Sarie
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

best hydroponic systems, supplies, and nutrient solutions
Judul Foto: Mensterilkan tanah untuk pot. (Foto Kredit: http://cxhydroponics.jigsy.com/entries/gardening/fungus-gnat-control-sterilizing-potting-soil- )

Kamu suka berkebun di dalam rumah? Lantas, pernahkah tanaman tiba-tiba mati? Terserang hama dan penyakit gitu? pasti sebagian dari kalian pernah mengalaminya.

Belanda, melalui Potveer BV mengeluarkan inovasi baru yaitu memicrowave tanah yang ada di dalam pot. Loh kok bisa pakai microwave. Sebentar dulu!

Bagaimana Memicrowave Tanah yang ada di Pot?

Tanah yang di pot steril adalah pilihan tepat untuk menanam tanaman di pot. Kenapa? Karena hal tersebut salah satu teknik yang dikembangkan untuk mencegah dan atau menangani infeksi pada tanah.

Padahal kita tahu sendiri tanah memegang peranan penting pada kehidupan tanaman.

Piet Stroet, direktor Potveer BV mengungkapkan temuannya ini untuk menyesuaikan kondisi kota sekarang.

Bagaimana caranya memicrowave tanah?

Dulu sangat tidak disarakan menggunakan tanah dalam pot karena riskan terkontaminasi hama dan penyakit serta rerumputan, sekarang dengan mengmicrowave tanah mampu mematahkan sugesti tersebut.

Tanah bisa disterilkan mencegah hama dan penyakit tanaman dan siap untuk ditanami tanaman atau benih.

Caranya adalah:
1. Masukkan tanah di dalam wadah yang bisa dimicrowave.
2. Ukuran microwave adalah 11 per 2 menit.
3. Ukur temperaturnya. Suhu harus sekitar 180—200 derajat Farenheit.
4. Setelah tanah dioven, tutup dengan plastik sampai mendingin (kasih sedikit udara). Tanah yang steril dapat disimpan dan ditutup rapat di plastik.

Ternyata bisa ya. Ini harapan bagi kita yang tinggal di tengah kota dengan lahan yang sempit. Apalagi kota yang besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Makassar.
Kita tidak perlu lahan yang banyak atau kebun yang luas untuk menyalurkan hobi kita berkebun. Cukup dengan microwave saja!

Teknik ini berfungsi untuk merawat tanaman yang baik. Tidak ada salahnya memulai menanam di jendela jika kita tinggal di kos atau apartemen. Jika takut terkena penyakit dan hama, jangan lupa disterilkan menggunakan microwave!

Selamat mencoba! Berkontribusi bisa mulai dari aksi kecil bisa loooh, selama untuk kebaikan bumi kita. Mari hijaukan bumi kita! Dan belajarlah kasih sayang dari tanaman di kota besar!