183. Belanda, Menginovasi Air Bah Menjadi Berkah

Penulis : Putri Ramadhani
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

“Everyday is Car Free-Day” bukan sekedar slogan mimpi di negara kincir angin-Belanda. Ketika kita sudah jemu dengan tingginya indeks polusi dan kemacetan yang terjadi, program “Car Free-Day” pun mulai sering diadakan di kota-kota besar agar masyarakat dapat merasakan udara segar yang bebas dari kemacetan dan polusi suara. Giethoorn, sebuah desa bak negeri dongeng yang damai dan nyaman berlokasi sekitar 1,5 jam dari Amsterdam ternyata memiliki keunikan yaitu tidak memiliki jalan raya sehingga bebas dari polusi dan kemacetan. Kanal dan perahu dijadikan sebagai moda transportasi. Kanal sebagai pengganti jalan raya dan perahu sebagai pengganti kendaraan bermotor. Jejeran rumah penduduk yang beraksitertur khas dan naungan pohon rindang siap memanjakan mata kita untuk menikmati desa indah ini.

image001
Giethoorn
Image source: youramazingplace.com

Mengagumi negara Belanda tidak akan cukup jika hanya dituangkan dalam narasi singkat, seribu satu keunikan menjadikan negara ini punya beribu alasan sebagai negara yang wajib dikunjungi. Belanda atau Netherland yang berasal dari kata ‘Nederland’ bermakna letak tanah yang rendah, tentu saja Air bisa menjadi momok yang menakutkan bagi Belanda. Setiap saat ancaman banjir menghantui negara berlanskap rendah ini. Ternyata Belanda adalah negara jenius yang bisa bersahabat dengan kekurangan kondisi geografis tanahnya yang rendah. Karena kepiawaian Belanda dalam mengatasi kekurangan pada kondisi geografis di negaranya, menjadikan Belanda sebagai salah satu negara yang berinovasi tinggi. Siapa yang tak mengenal Belanda dengan berbagai sebutan uniknya; negeri kincir angin, negeri seribu dam, negeri Tulip, negeri Van Oranje. Tentu saja semua nama unik negara ini tidak tercipta dengan serta merta.

Menilik kebelakang mengenai sejarah penting yang berhubungan dengan Belanda adalah bak istilah air bah menjadi musibah, air bah menciptakan berkah. Peristiwa banjir Christmas Flood di tahun 1717 yang terjadi di negara kincir angin-Belanda, tercatat 14.000 orang meninggal akibat tenggelam. Musibah yang sama pun tidak berhenti sampai di situ saja, ada beberapa rangkaian catatan mengenai banjir besar yang terjadi di Belanda dan mengakibatkan kematian sebanyak 50.000 orang dalam peristiwa St. Lucia Flood pada Desember kelabu di tahun 1287, diikuti dengan beberapa peristiwa banjir lainnya hingga banjir besar di tahun 1953 menjadi momentum besar bagi Belanda untuk menciptakan inovasi yang bisa mencegah bencana banjir serupa terulang kembali. Air adalah sumber kehidupan bagi umat manusia, namun air juga bisa menjadi bencana bagi umat manusia. Catatan sejarah telah membuktikan bagaimana air bisa menjadikan sebuah peradaban umat manusia berkembang seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan dari pemanfaatan sumber daya air secara maksimal, namun sebaliknya tidak sedikit juga peradaban umat manusia yang rusak dan punah karena tata cara pengelolaan sumber daya air yang salah. Belanda dinilai berhasil menciptakan inovasi bernilai tinggi dengan menaklukan air, membangun peradaban yang maju.

Sejarah memberikan pengalaman yang sangat mahal dan berharga kepada umat manusia. Musibah tidak akan menjadi selamanya pahit untuk dirasakan, karena musibah terkadang menyelipkan pelajaran yang manis dan lebih bermanfaat di masa depan. Belanda adalah salah negara cerdas yang bisa mengambil pelajaran berharga dari beberapa musibah banjir besar yang menghilangkan banyak nyawa penduduknya. Pengalaman pahit ini memaksa Belanda untuk menginovasi tatacara pengelolaan banjir yang dikenal dengan nama Delta Works yang bertujuan untuk melindungi negaranya dari banjir.
Proyek Delta works pertama dimulai di tahun 1958 dan selesai pada tahun1997. Konsep dari proyek inovasi bernilai tinggi ini adalah untuk mengurangi resiko banjir di South Holland dan Zeeland dari sekali per 4000 tahun menjadi sekali per 10.000 tahun. Inovasi gemilang ini mampu membawa Belanda menjadi negara hebat yang dikenal dunia, karena Delta Works menjadi mega proyek dalam peradaban umat manusia yang bertujuan mulia untuk melindungi negara dan rakyatnya dari banjir besar dengan membangun tanggul-tanggul dan Polder (sistem tata air tertutup). Karena intulah, American Society of Civil Engineer menetapkan inovasi bernilai tinggi ini sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bagi siapapun yang cerdas, musibah tidak selamanya dipandang buruk, namun bisa mendatangkan manfaat dengan inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam memanfaatkan elemen air yang cukup baik ini Belanda kemudian dikenal sebagai negara seribu tanggul yang cukup iconic di seluruh dunia.

image003
Delta Works Flood Protection
Image Source: www.water-technology.net

Kreatifitas negara Belanda dalam mengatasi banjir di negara nya yang memang secara geografis berpermukaan rendah dengan perkiraan 20% wilayahnya dan 21 % penduduknya berada di bawah permukaan laut telah mengantarkan Belanda menjadi ikon pariwisata dunia yang terkenal dengan kincir anginnya. Kincir angin yang awalnya merupakan salah satu inovasi Belanda di abad XII untuk mengatasi masalah banjir berfungsi untuk memompa air keluar dari daerah yang berada di bawah permukaan air laut. Kincir angin bekerja dengan cara memanfaatkan elemen udara bergerak yaitu angin. Kincir angin berfungsi untuk memperlambat kecepatan angin dengan menggunakan bilah yang mirip operasi baling-baling pesawat.

Kincir angin tidak hanya berguna untuk memompa air, namun kincir angin juga digunakan unuk menggiling hasil pertanian yang seperti tebu, jagung, gandum, bahkan menjadi sarana informasi yang cukup unik dan tradisional, misalnya posisi kincir angin yang menyimpang dari biasanya merupakan informasi bahwa salah satu anggota keluarga pemilik kincir angin meninggal. Kincir angin yang awalnya merupakan inovasi tinggi ramah lingkungan yang memanfaatkan elemen udara bergerak yaitu angin, menjadi sangat terkenal di dunia dan menjadi ikon dalam dunia pariwisata, siapapun tak akan mau melewatkan untuk membeli miniatur kincir angin sebagai buah tangan unik khas negara ini jika berkunjung ke Belanda. Sekali lagi Belanda telah membuktikan inovasi yang mereka ciptakan sangat bermanfaat dari segi ekonomi. Pemanfaatan sumber energi angin merupakan inovasi yang ramah lingkungan, mengurangi konsumsi bahan bakar minyak, tidak menimbulkan polusi, sampah radioaktif, efek rumah kaca yang buruk bagi lingkungan. Semua keunikan khas negeri Belanda ini tercipta dari kepiawaian menginovasi kekurangan yang ada, karena kini semua bermanfaat bak berkah yang bisa dinikmati semua orang.

Referensi

http://www.youramazingplaces.com/19-amazing-pictures-of-giethoorn-village-

http://www.deltawerken.com/Deltaworks/23.html

en.wikipedia.org/wiki/Floods_in_the_Netherlands