185. Let’s Begin, Save The Earth!

Penulis : Santi Elyshabet H
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Inovasi tiada henti dan kreativitas yang continue adalah hal yang rumit dilakukan. Menghabiskan banyak waktu, riset dan dana yang tidak sedikit. Berbagai percobaan dilakukan untuk terus mengasah kemampuan dan memberikan hasil yang signifikan serta terpercaya. Melibatkan banyak pihak dan yang parahnya ini dilakukan selama bertahun-tahun agar mencapai hasil yang maksimal.
GTL Shell, produk terbaru di bidang energy minyak bumi. Mengubah gas alam dan biomassa menjadi bahan bakar untuk kendaraan bermesin diesel. Menghasilkan produk bahan bakar transportasi yang ramah lingkungan.
Masalah CO2 yang meningkat, udara yang tidak lagi bersahabat, dan panas matahari yang membakar kulit serta lapisan ozon yang semakin menipis membuat STCA Shell mempelajari solusi energy alternative yang terjangkau dan berusaha menciptakan produk lebih bersih, lebih efisien, dan aman.

image001

Apa itu STCA Shell ?
Ialah singkatan dari Shell Technology Centre Amsterdam. Sebuah lembaga penelitian yang mempekerjakan lebih dari 1000 orang dari berbagai bidang bersama-sama untuk meningkatkan produk dan proses-proses produksi di bidang minyak, gas, dan bahan kimia.
GTL atau Gas To Liquid merupakan bahan bakar sintesis yang terbuat dari gas alam diubah dengan cara yang disebut Fischer-Tropsch menjadi bahan bakar cair yang berasal dari bahan bakar fosil yang tersedia dari kelimpahan alam. Diproses dengan cara menghapus hidrokarbon cair, seperti kondensat gas alam ( C5-C8 ) dan bahan bakar gas cair. Kemudian menghapus kontaminan seperti logam dan belerang . Sisa akhir berupa gas metana murni ( CH4 ) yang diolah melalui sejumlah reaksi kimia dengan kondisi panas dan tekanan yang berbeda, metana diubah menjadi rantai karbon. Dengan memvariasikan panjang rantai dapat membuat produk yang berbeda seperti pelumas (untuk gearbox dan transmisi)diesel, minyak tanah, naptha (untuk plastik karena memiliki kandungan parafin)

image002

GTL dapat digunakan untuk transportasi laut, perkotaan, dan industry kontruksi. GTL Shell memberikan banyak manfaat yang menguntungkan ; mengurangi emisi lokal nitrogen oksida dan sulfur oksida yang berkontribusi terhadap mobilitas bersih di kota-kota, pembakaran yang lebih bersih dan dapat digunakan pada mesin diesel baru maupun tua,mengurangi kebisingan mesin, bahan bakar ramah lingkungan, menghasilkan sedikit partikel jelaga dan debu sehingga asap yang di timbulkan kurang terlihat atau hitam, bahan bakar ultra bersih dimasa depan, berisi hampir tidak ada sulfur yang memungkinkan kendaraan tidak memiliki bau busuk.

image004

GTL dapat meningkatkan kualitas udara lokal, pengurangan bau, kebisingan kendaraan dan kapal yang menggunakan diesel. Shell GTL diperkenalkan pada tahun 2012 lalu di pasar Belanda dan saat ini memiliki empat stasiun dimana bahan bakar alternative dijual. Dua di Rotterdam, satu di Amsterdam, dan satu lagi di Bandara Schipol.

image005

Fakta uniknya, di Amsterdam sudah dikembangkan lebih dari 100 tahun teknologi inovatif. Waktu yang sangat lama dalam melakukan inovasi dan hingga akhirnya menemukan produk semacam ini.
Hanya 1 produk ini saja.
Waw!!! Dapat dibayangkan betapa Belanda sangat ambisius dan berani dalam melakukan riset yang berkepanjangan.
Inovasi ini bukan hanya saja dilakukan terhadapa sumber daya alamnya namun juga terhadap udara. Menciptakan udara yang bersih, mengurangi kekotoran udara yang dinodai asap dan partikel buruk lain yang menyelimuti udara yang memberi dampak buruk bagi lingkungan dan sekitar, Belanda dengan inovasi tanpa batas kembali membuktikan bahwa inovasi tak hanya di lakukan untuk beberapa hal tertentu namun hal yang sulit untuk dirubah yaitu udara.
Mengurangi kadar CO2 dan menghasilkan udara lokal yang bersih. Ini adalah langkah awal penyelamatan bumi dari kerusakan.
Inovasi tanpa henti, kreativitas tanpa batas, Belanda patut di ancungi jempol.
So let’s begin, save the earth!

Sumber :
www.tankpro.nl.com
www.shell.nl.com
www.veenemaolie.nl.com
www.wikimobi.nl.com
www.google.com