193. Manajemen Air Belanda Sebagai Sumber Inspirasi Dunia

Penulis : Abim Galau Agasi
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Belanda adalah negara maritim dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional yang terletak di Eropa Barat, dengan luas wilayah sebesar 41.543 km². Penduduk Belanda didominasi oleh etnis Dutch, yang hidup berdampingan dengan etnis minoritas seperti Morrocans, Turks, dan Surinamese. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Belanda menggunakan bahasa Belanda dan Inggris. Masyarakat Belanda merupakan masyarakat yang terbuka dan apa adanya.

“Beragam kelas dan kedudukan, sejauh keduanya masih ada di negara Belanda, masyarakat Belanda melakukan kehidupan secara berdampingan, bahu-membahu mencegah banjir dan menjaga agar kaki agar tidak terendam air.”

Belanda memiliki sumber daya alam, antara lain: gas alam; minyak bumi; tanah gambut; batu kapur; garam; batu dan kerikil; serta tanah yang subur. Belanda juga memiliki produk-produk pertanian, seperti biji-bijian; kentang; gula; buah-buahan; dan sayur-sayuran. Perindustrian yang ada di Belanda antara lain: industri pertanian; produk metal dan mesin; mesin dan peralatan listrik; bahan kimia; minyak bumi; konstruksi; mikroelektronika; serta perikanan.

Belanda merupakan negara industri modern dengan tingkat ilmu pengetahuan dan inovasi yang tinggi, yang membuat negara tersebut menjadi salah satu “Raksasa Eropa”. Terdapat beberapa perusahaan multinasional ternama di dunia yang berasal dari Belanda, antara lain, Philips; Heineken; Akzo Nobel; DSM dan Unilever. Faktanya, perusahaan-perusahaan multinasional yang berasal dari Belanda mendapat nilai tinggi dalam hal kesinambungan, seperti Akzo Nobel yang merupakan pemimpin di antara perusahaan kimia yang ada; Philips yang sukses dalam kategori barang-barang pribadi maupun rumah tangga; dan Unilever yang menduduki peringkat teratas di antara perusahaan makanan dan minuman.

Dengan populasi penduduk sebesar 16 juta jiwa, Belanda memiliki lebih dari 2000 perusahaan yang aktif di bidang perairan, dan telah mempekerjakan lebih dari 80000 orang. Pelabuhan Rotterdam dengan perputaran muatan angkutan kurang lebih 420 juta ton merupakan salah satu pelabuhan terbesar di dunia. Pelabuhan Rotterdam yang memiliki lokasi strategis di jantung perekonomian Eropa dan tepat di perbatasan antara Laut Utara dengan jalur-jalur penghubung ke daerah pedalaman Eropa, merupakan pelabuhan yang jauh lebih maju dibandingkan pelabuhan di Eropa lainnya.

Sebagai negara yang dua pertiga wilayahnya terletak di bawah permukaan laut, Belanda terus mengembangkan inovasi di bidang elemen air. Belanda memiliki Proyek Delta yang merupakan sebuah sistem pertahanan laut yang melindungi Belanda dari tingginya air laut. Proyek Delta disebut-sebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban modern dunia oleh Americana Society of Civil Engineers. Proyek Delta dibentuk tiga minggu pasca bencana banjir di Belanda pada tahun 1953.

Pada 31 Januari 1953, terjadi bencana banjir di Belanda. Lebih dari setengah abad selanjutnya, diterapkan prinsip sederhana, yaitu apabila air mencapai tiga meter di atas NAP (tolak ukur tinggi air Amsterdam), maka pintu air akan ditutup, sehingga air pasang tidak dapat masuk ke Oosterschelde. Penghalang gelombang laut ini ditopang oleh 65 pilar beton raksasa, yang berdiri di atas alas-alas khusus di dasar laut. Silinder hidrolik yang menggerakkan pintu-pintu air juga merupakan karya teknologi berstandar tinggi.

Inovasi Belanda pada elemen air terus berkembang. Selain Proyek Delta, Belanda juga sedang mengembangkan Kota air. Saat ini, Belanda memiliki beberapa perumahan di atas air, seperti di kota Houten. Steigerelend, Amsterdam, adalah salah satu perumahan air terbesar di Belanda yang terdiri dari 110 rumah. Sedangkan di propinsi Groningen, mulai dibangun sebuah kota air yang lengkap.
Dengan sejumlah pengalaman dalam penanganan masalah banjir yang berulangkali terjadi, Belanda saat ini menjadi “juara dunia” dalam bidang pengelolaan air. Manajemen air Belanda merupakan sumber inspirasi bagi negara-negara lain di seluruh dunia.

Referensi:
One World Nations Online, t.t. “Netherlands” [online] dalam http://www.nationsonline.org/oneworld/netherlands.htm [diakses 11 April 2015].
The Ministry of Foreign Affairs of the Government of the Netherlands, t.t. “Inovative Water Purification Technologies” [online] dalam http://www.hollandtrade.com/media/news/?bstnum=4889 [diakses 11 April 2015].
The Ministry of Foreign Affairs of the Government of the Netherlands (ed,), t.t. Hello Holland!. Den Haag: OBT bv.