194. Ijsselmeer Area: The Greatest Artificial Lakes in Netherland.

Penulis : Yamuna Jiwaningrat M
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Negara belanda memiliki Luas wilayah 41.543 km2 dengan luas daratan mencapai33.893 km2. Belanda atau dikenal dengan sebutan Netherland secara etimimologi terdiri atas dua suku kata yaitu Nether yang berarti rendah dan land yang memiliki arti daratan, maka Netherland dapat diartikan sebagai daratan yang rendah, hal tersebut terbukti hampir 50 % wilayah memiliki ketinggian sampai 1 meter diatas permukaan laut (mdpal)1). Wilayah terendah terletak pada Zuidplaspolder yaitu pada ketinggian -7 mdpal. Gambaran mengenai elevasi dapat digambarkan sebagai berikut:

image002
Elevasi wilayah di Negara Belanda
(sumber:http://landoftherisingwater.blogspot.com/2014/06/elevation-and-population-density.html)

Wilayah-wilayah di belanda sangatlah rentan terhadap bencana banjir baik yang ditimbulkan oleh pasang air laut maupun luapan sungai karena elevasinya yang sangat rendah. Hal tersebut membuat negara belanda harus berpikir keras untuk membangun suatu sistem pengelolaan air terpadu. Perjuangan tersebut dimulai sejak 200 tahun silam dengan proyek besar-besaran yang diselengarakan oleh pemerintah belanda untuk menanggulangi hal tersebut. Salah satu proyek yang terkenal adalah Zuiderzee Project 2). Area Ijsselmeer merupakan salah satu proyek Zuiderzee yang dikembangkan di bagian utara Negara Belanda. Afsluitdijk merupakan pintu gebang utama dengan panjang dyke mencapai 32 km 3), dan dibangun pada tahun 19324). Pintu ini mengatur air dari Area Ijsselmeer ke Wardeenzee. Area ijsselmeer dahulu sebagian besar masih tertutupi oleh daratan, dan dengan berbagai upaya dilakukan untuk menjadikan area in sebagai danau buatan yang sangat luas, untuk kepentingan pengelolaan air di kawasan utara Belanda.

image004
Perkembangan daratan di Negara Belanda
(sumber: http://www.atlasenkaart.nl/maps/4710jpg)

Sistim pengelolaan air di belanda saat ini merupakan sistim pengelolaan air terbaik didunia. Banyak negara –negara di luar belanda mengadopsi sistim pengelolaan air di belanda.Komponen pengelolaan air di belanda terdiri atas beberapa bagian antara lain: Higher ground, River, Polder Dam, Lake, dan Sluice serta interkoneksinya yang tergambarkan pada Gambar berikut.

image006
Interkoneksi antara komponen-komponen pengelolaan air di Belanda.
(sumber: Rijkswaterstaat,2011)

Area Ijsselmeer merupakan salah satu komponen pengelolaan air terbaik yang dimiliki oleh Negara Belanda ini.
Area Ijsselmeer adalah salah satu danau buatan yang terdiri atas empat Danau yakni: Danau Ijsselmeer, Markemeer, Ijmeer dan Randmeren. Ijsselmeer area merupakan cekungan air tawar terbesar di Eropa Barat dengan luasan 1.100 km2. Danau ini berfungsi sebagai penyedia air pada periode kekeringan dan mensupalai air ke sebagian besar wilayah di utara Negara Belanda. Area ini juga merupakan penyimpan cadangan alami untuk kepentingan nasional maupun internasional di Negara Belanda. Fungsi utama dari area ini adalah untuk mengalirkan dan menyimpain air dari Daerah Tangkapan air Sungai Ijseel, Overijseel Vecht dan Eern.

image008

Danau Ijsselmeer pada musim panas adalah area utama yang disuplai oleh air sungai ijssel. Bulan April hingga September, target ketinggian muka danau adalah 0,2m dibawah rata-rata muka air laut. Hal tersebut untuk memastikan air di dalam danau dapat mencukupi kebutuhan di wilayah sekitarnya. Musim salju, aliran dari Danau Markemeer merupakan sumber terbesar yang menyuplai air ke Area Ijsselmeer. Saat musim panas sebagian besar aliran air mengalir ke arah barat untuk di keluarkan melalui Noordzeekanaal. Musim Kemarau dan Semi arah aliran air berubah bergantung pada kondisi cuaca dan tinggi muka air. Kondisi kelebihan air dari Danau Ijsselmeer akan didrainasekan kedalam Waddenzee melalui gerbang sluice di Den Oever dan Kornwerderzand5).

image009

Danau Ijsselmeer menyediakan air yang signifikan bagi Provinsi Friesland dan Groningen, bagian utara dari Noord-Holland dan sebgian besar wilayah dari Drenthe dan barat laut Overrijssel. Disamping itu, titik inlet air untuk memproduksi air minum terletak pada Andijk dan Enkhuizeen. Selain fungsi utama sebagai salah satu sistem pengolahan air Ijesselmeer area merupakan salah satu tempat rekreasi dan sarana olahraga yang terkenal6). Even olahraga seperti, bersepeda, dan berlayar kerap diadakan di Danau ini. Keindahan panorama yang ditawarkan di Danau Ijesselmeer membuat parawisatawa selalu berknjung ke danau buatan ini.

Ijesselmeer Area telah mengajarkan kita bahwa pentingnya fungsi waduk pada daerah atau kota yang memiliki elevasi yang rendah, selain sebagai pengendali banjir juga sebagai penyuplai air bersih untuk sekitarnya, dan ditambah keindahan waduk akan menarik wisatawan untuk berekreasi, memancing, maupun berolahraga di sekitar waduk tersebut. Bagaimana dengan Jakarta, Semarang di Indonesia? Akankah dikembangkan seperti halnya di Area Ijsselmeer? We Waiting for it.

Referesi:
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands diakses pada 22 April 2015
2. Paul J.M. Van Steen & Piet H. Pellenbarg, Water Management Challenges in Netherland.The Netherlands in Maps. Groningen: Faculty of Spatial Sciences, University of Groningen,
3. http://www.holland.com/global/tourism/article/ijsselmeer.htm diakses pada 22 April 2015
4. http://www.britannica.com/EBchecked/topic/282539/IJsselmeer diakses pada 22 April 2015
5. Rijkswaterstaat, Water Management in The Netherlands. Booklet. Netherland: Directorate General Water and Rijkswaterstaat, Centre for Water Management
6. http://www.europebicycletouring.com/european_trips/IJsselmeer/IJsselmeer.htm diakses pada 22 April 2015
Sumber Gambar:

http://landoftherisingwater.blogspot.com/2014/06/elevation-and-population-density.html

http://www.atlasenkaart.nl/maps/4710jpg

http://en.wikipedia.org/wiki/Zuiderzee

http://en.wikipedia.org/wiki/IJsselmeer

http://www.britannica.com/EBchecked/topic/282539/IJsselmeer,

http://www.europebicycletouring.com/european_trips/IJsselmeer/IJsselmeer.htm