200. Kagum dengan Genteng Bangsa Belanda

Penulis : Farida Adefia Utami
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Tinggal di kota selalu merasa terganggu dengan polusi udara karena banyaknya kendaraan bermotor? Sering mengeluh dengan kualitas udara yang buruk? Atau merasa kasihan dengan burung-burung kecil yang enggak sengaja kita lihat di kota yang tidak punya tempat tinggal karena ekosistem mereka yang telah rusak?

Ada kabar bagus untuk kita yang tinggal di kota karena kreativitas orang Belanda punya solusinya. Ada inovasi baru “Green roofs ‘New Dutch’ tile” yang dibuat oleh desainer Belanda yang bernama
Roel de Boer.

Roel de Boer menghabiskan masa kecilnya di Pulau Texel. Sebuah Pulau yang dikelilingi oleh laut dan juga angin. Pada usia enam belas tahun. Ia meninggalkan pulau untuk pergi ke Amsterdam. Kehidupan kota membuatnya berpikir tentang arti rumah dan pengaruh lingkungan terhadap manusia. Roel de Boar terinspirasi oleh keragaman budaya dan sosial kota. Ini dapat terlihat dari proses desain dan konsep yang ia buat. Sebuah dunia yang ia eksplorasi dengan caranya sendiri dan juga ada unsur alam didalam karyanya.

Perusahaan desain Belanda Roel de Boar telah menciptakan atap genteng ringan yang baru dan dapat dipasang pada atap miring yang umum dibanyak kota di Belanda. Ubin dasar yang dapat dipasang langsung kesetiap genteng dan saku yang berbentuk kerucut terbalik di mana tanah atau media tumbuh lainnya dapat ditempatkan yang memungkinkan tanaman untuk tumbuh tegak. Kedua bagian dari sistem ini terbuat dari plastik daur ulang tahan lama yang ringan untuk membantu mengurangi berat atap.

image002

Konsep yang dibuat adalah mengubah atap rumah ke habitat perkotaan yang subur, dirancang khusus untuk vegetasi; berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan tanaman yang menempati suatu ekosistem. Berbeda dengan atap hijau yang lainnya adalah beban berat pada atap dan sulit melawan gravitasi. Atap hijau lain yang memiliki atap miring sering mengalami kesulitan berjuang dengan gravitasi untuk menjaga media tumbuh agar tetap aman ditempatnya.

image004

Namun, genteng yang dibuat Roel de Boar merupakan sesuatu yang baru karena dapat di pasang pada atap miring dan tidak kesulitan melawan gravitasi, lebih hemat karena terbuat dari plastik daur ulang tahan lama yang ringan sehingga mengurangi berat atap. Memurnikan udara, dan mampu menyerap bising atau kelebihan suara sehingga menyediakan lingkungan yang lebih nyaman dan tenang.

Selain itu dapat menyaring air hujan karena pada hari-hari berhujan, air hujan disalurkan ke kantong dan diserap oleh tanaman. Kelebihan hujan perlahan mengalir pergi, tapi hanya setelah tertunda sebentar dan kemudian disaring sehingga mengurangi beban air pada genteng.

Genteng ini hemat energi dan juga bisa menjadi batu loncatan bagi satwa liar dikota karena genteng yang di rancang Roel de Boar selain menjadi rumah bagi bunga, juga untuk melindungi satwa liar dan bisa menjadi habitat mereka. Melindungi satwa liar seperti burung dan makhluk lain yang mungkin menjadi mangsa predator di dataran rendah dan menjaga dari kontak manusia lainnya, dengan konsep atap seperti ini membuat burung dan makhluk lain merasa lebih dirumah/habitat mereka yang asli.

image006

Bisa dibayangkan hal ini menjadi cara termudah didunia untuk mendapatkan atap hijau dengan banyak manfaat. Roel de Boar menyatakan bahwa genteng yang dibuatnya diberikan lapisan tambahan untuk menjebak panas dimusim dingin dan membantu mengatur suhu didalam ruangan yang akan membuat rumah tetap dingin dimusim panas dan hangat dimusin dingin.

image008

Kehadiran tanaman meningkatkan kualitas udara disekitar bangunan dan menambah kualitas hidup jika sistem ini diperluas diseluruh lingkungan dan dapat juga berkontribusi terhadap keanekaragaman hayati yang lebih besar di kota-kota dan pinggiran kota.

Desain yang dibuat Roel de Boar melalui proses penelitian dan percobaan tentang kota, inovasi dan bangunan hijau. Hal ini menciptakan organik baru yang dikendalikan. Penuh dengan logika alami yang mengejutkan.

Ide yang menarik bukan? Semoga kita juga mampu melahirkan ide inovatif untuk memberikan perhatian besar terhadap lingkungan. Ini bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti.

Referensi :

http://www.mnn.com/your-home/organic-farming-gardening/blogs/new-dutch-tiles-transform-pitched-roofs-into-lush-urban#ixzz3Va8mvFwJ

http://earthtechling.com/2013/05/dutch-tiles-make-sloped-green-roofs-easier-to-install/

https://www.pinterest.com/pin/448600812853317306/

http://grist.org/list/these-flowerpot-roof-tiles-let-you-make-any-roof-into-a-green-roof/

http://www.oregonlive.com/hg/index.ssf/2013/05/one_cool_or_crazy_thing_roel_d.html

https://www.facebook.com/pages/Studio-Roel-de-Boer/607135455999538?sk=info&tab=page_info

http://id.wikipedia.org/wiki/Vegetasi