201. Inovasi Global untuk Krisis Air

Penulis : Farida Adefia Utami
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

The World Water Development Report. laporan kelima dalam seri oleh Badan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). menegaskan pada laporannya bahwa kebutuhan air global cenderung meningkat sebesar 55 persen pada tahun 2050. Pada saat itu, lebih dari 40 persen populasi dunia akan tinggal di daerah krisis air. Sejauh ini, 768.000.000 orang tidak memiliki akses ke sumber air.

pernyataan ini sungguh mengkhawatirkan. Lalu bagaimana mengatasi krisis air di masa depan? Cara mengatasi krisis air dimasa akan datang adalah dengan mengubah air asin dengan jumlah terbanyak 97,5 % dari total jumlah air di bumi menjadi sumber yang layak untuk dikonsumsi dengan cara desalinasi.

Desalinasi merupakan proses yang menghilangkan kadar garam berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi. Pada kehidupan modern seperti saat ini, proses desalinasi difokuskan pada pengembangan cara yang efektif untuk menyediakan air bersih untuk digunakan di wilayah yang memiliki keterbatasan air. Namun, desalinasi pada skala besar biasanya menggunakan sejumlah besar energi dan infrastruktur spesialis, sehingga sangat mahal. Karena sangat mahal itulah adanya inovasi pada pengembangkan teknologi electrospray inovatif untuk Multi Effect Distillation (MED). Karena Aliran tinggi teknologi electrospray ini akan mengurangi energi dan belanja modal dan fokus pada penyediaan inovatif peralatan hemat energi dan proses untuk desalinasi.

High Voltage Water adalah perusahaan yang didirikan pada awal 2014. Sebagai perusahaan spin off dari lembaga air Wetsus. Dengan dukungan keuangan dari Icos Capital. Merupakan perusahaan muda yang ambisius dengan tim yang sangat berbakat dan mempunyai beragam karyawan dari kebangsaan yang berbeda. Perusahaan ini juga memiliki hubungan kerja yang erat dengan Evides yang merupakan perusahaan air terbesar di bisnis Belanda untuk menciptakan lingkungan yang subur dalam pengembangan teknologi air generasi berikutnya.

image001

High Voltage Water BV menyatukan para ahli terkemuka dunia dalam pengolahan air dan elektro penyemprotan. Pusat penelitian di Leeuwarden, Belanda. Fokus pada penyediaan inovatif peralatan hemat energi dan proses untuk desalinasi dan proses industri yang terkait. Dalam desalinasi termal. Aliran tinggi teknologi electrospray ini akan mengurangi energi dan belanja modal. Program ini bekerja sama dengan mitra lokal dan internasional untuk mewujudkan skala teknologi komersial.

Mengembangkan teknologi electrospray inovatif untuk Multi Effect Distillation (MED). Ini memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi penggunaan energi dan belanja modal pada desalinasi kota dan industri. Secara signifikan akan mempengaruhi penggunaan air diseluruh dunia dan meningkatkan akses terhadap air bersih.

Thermal MED bekerja dengan menyemprotkan air laut ke tabung penguapan panas. Ketika kita menerapkan nozel electrospray kedalam sistem MED. Kita mendapat banyak pembentukan tetesan halus diruang destilasi. Proses ini juga memperkenalkan elektrostatik kedalam sistem yang berarti kita lebih bisa mengontrol bagaimana tetesan menetap di tabung evaporasi. Menciptakan film lebih tipis dari cairan. finer tetesan dan film tipis pada tabung penguapan, menghasilkan perpindahan panas yang lebih baik, membuat sistem ini lebih hemat energi. Pengujian sampai saat ini menunjukkan bahwa kita dapat mengurangi penggunaan energi sekitar 15%. Perusahaan ini dimungkinkan untuk mengembangkan peralatan yang dapat meningkatkan efesiensi sistem yang ada. Perusahaan terus menyelidiki bagaimana teknik elektrospray dapat di tingkatkan dan diterapkan di sektor air dengan meluncurkan New pilot plant untuk electrospray.

image003

High Voltage Water telah meluncurkan pilot plant electrospray baru di dasar penelitian dan pengembangan di Leeuwarden. Pabrik tersebut akan digunakan untuk membuktikan manfaat efesiensi yang signifikan dari teknologi electrospray bila digunakan dalam efek distilasi (MED), sistem multi desalinasi. Pengujian dan pengembangan akan terus berlanjut sepanjang tahun 2015 dan pengujian skala industri diperkirakan berlangsung dalam hubungannya dengan mitra komersial pada akhir tahun 2015. Mempersiapkan perusahaan untuk instalasi komersial pertama pada tahun 2016. Tindakan ini sebagai langkah terakhir sebelum peluncuran komersial secara penuh pada tahun berikutnya.

Penelitian yang dilakukan oleh pendiri High Voltage Water Dr. Luewton Agostinho, menunjukkan bahwa bentuk electrospray menjanjikan untuk menaikkan kapasitas operasional yang ada sebanyak 10%, serta menghasilkan penghematan belanja modal hingga 15%. Efisiensi tersebut dapat dicapai pada skala industri. Secara paralel, penelitian tambahan akan dilakukan dengan Universitas Bremen untuk menyelidiki lebih lanjut perbaikan dalam perpindahan panas dan sistem distribusi cairan yang canggih.

High Voltage Water baru-baru ini telah menerima dukungan keuangan dari program Frysland Fernij IV. Merupakan program inovasi yang dirancang untuk mendukung inovasi di provinsi Frysland/ Friesland. Dilakukan untuk mengembangkan teknologi inovatif untuk Multi Efftec Distillation (MED).

Pekerjaan ini akan dilakukan dengan kemitraan pusat keahlian teknologi air (CEW). Dan Vitens Innovation Centre (VIC). Para mitra akan mengembangkan teknologi untuk secara radikal mengurangi konsumsi energi dalam sistem MED. Proyek ini dibangun diatas karya penelitian Dr. Luewton Agostinho di daerah Electrohydrodynamic Atomization (EDHA). Penelitian ini menunjukkan bagaimana EDHA dapat menginduksi perpindahan panas yang lebih baik dan meningkatkan penguapan dalam sistem penyemprotan yang tinggi. Dalam proyek High Voltage Water bertanggung jawab untuk pengembangan teknologi dan transfer hasil proyek ke pasar. Proyek akan fokus pada MED desalinasi.

image005

High Voltage water memenangkan water innovator of the year 2014. Penghargaan prestisius ini mengakui perkembangan pada terobosan teknologi yang inovatif pada produk dan jasa di sektor air. Ini adalah ketiga kalinya water innovator of the year telah terjadi. penghargaan ini di putuskan di kongres watervisie sebuah kelompok independen yang terdiri dari para ahli, pemasok dan pelanggan di industri air di Rotterdam dengan kombinasi juri dan suara publik. Juri ahli yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Cess Buisman dari Wetsus adalah suara bulat dalam keputusan untuk memilih High Voltage Water sebagai pemenang 2014. Jajak pendapat secara online juga di menangkan oleh High Voltage Water yang mengalahkan saingan terdekatnya dengan 89 votes.

image007

Sebelum keputusan akhir dibuat. Masing-masing dari 3 nominasi diminta untuk memberikan empat menit penjelasan tentang inovasi dan manfaatnya. Mereka juga di minta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rinci dari penonton dalam industri air yang hadir pada acara tersebut. High Voltage Water menang dengan kepeloporannnya dalam Multi Efftec Distillation (MED) sistem yang secara signifikan dapat mengurangi penggunaan energi dan belanja modal difasilitas desalinasi. Hal ini di pandang sebagai sebuah inovasi yang signifikan dapat mempengaruhi penggunaan air diseluruh dunia dan meningkatkan akses terhadap air bersih mana yang paling membutuhkan.

Sehingga kita tidak perlu khawatir lagi dengan krisis air, karena Belanda punya inovasi dalam menjawab solusi dari krisis air yang akan kita hadapi di tahun 2050.

Referensi:

http://www.highvoltagewater.com/

http://www.highvoltagewater.com/high-voltage-water-wins-water-innovator-year/

http://www.highvoltagewater.com/about/

http://www.highvoltagewater.com/technology/

http://www.highvoltagewater.com/careers/

http://www.ace-venturelab.org/en/startups/high-voltage-water/

http://www.highvoltagewater.com/financial-support-fryslan-fernijt/

http://www.highvoltagewater.com/new-pilot-plant-launched-for-electrospray-desalination/

https://twitter.com/highvoltwater/status/530441806413299712

http://www.jaringnews.com/internasional/uni-eropa/58728/pbb-dunia-terancam-krisis-air-bersih-dan-energi

http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102009002

http://id.wikipedia.org/wiki/Desalinasi