206. Mimpi Itu Kini Menjadi Kebanggaan Negeri. Inovasi Belanda dalam elemen Air (FINALIST)

Penulis : Arba’in Prasetyo
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Cornelis Lely muda tertegun, dia memandang bagaimana lautan lepas di depannya sangat luas dengan ombak yang terus bergantian menerpa karang. Semakin besar dan terus berubah seiring angin kencang yang berhembus, tubuh mudanya seakan ikut terbang terbawa angin. Seminggu lalu, tempatnya berdiri sekarang adalah sebuah ladang gandum yang hijau, kini yang dilihatnya adalah hamparan air yang seolah tak ada ujungnya karena banjir yang telah menenggelamkan daratan dan kembali menghancurkan tatanan yang semula sedang berkembang.

image002
Cornelys Lely – http-www.museumenschede.nl

Inilah kejadian yang terus menerus terjadi di negeri ini, dengan daratan yang lebih rendah dari permukaan laut. Sampai kapan ini harus terjadi? Begitu pikir Cornelys Lely muda yang tampak selalu bersemangat dan punya pendirian yang sangat teguh. Tekadnya sudah bulat, hanya satu tujuan hidupnya yaitu ingin membangun negeri tenggelam ini menjadi negeri yang terus berinovasi dalam kemajuan. Salah satunya adalah menaklukan alam terutama laut menjadi sebuah keuntungan bukan menjadi sebuah hambatan yang akan terus membuat negeri ini tak kemana-mana bahkan mundur ke belakang.

image004
Zuiderzee Works – http://www.theworldwonders.com/

30 tahun berlalu, kecintaannya pada inovasi membawanya menjadi seorang insinyur dalam menghadirkan sebuah proyek ambisius Zuiderzee Works, sebuah rancangan mega bendungan dan reklamasi pantai dengan keinginan untuk menyatukan pesisir Belanda Utara dengan pesisir Barat Freisland. Tapi, sebuah inovasi akan selalu ada tantangan, kali ini adalah adanya protes dari para nelayan yang merasa terancam akan kelangsungan mata penchariannya dan tentu saja adalah kendala pendanaan karena ketidak percayaan pemerintah apakah proyek ini akan berhasil atau tidak.

Sampai akhirnya kesempatan itu datang, Cornelys Lely kini menjadi orang yang mempunyai kekuasaan lebih dan mendapatkan fasilitas untuk bisa mewujudkan impiannya. Menjadi seorang Menteri Perhubungan, dia bisa punya keleluasaan untuk menghadirkan sebuah peraturan yang memberi ruang bagi mimpinya. Inilah the Zuiderzee Act yang mempunyai 3 point penting bagi pembangunan negeri Belanda agar tak tenggelam.
• Menjaga Belanda tenggelam efek dari arus pantai Utara.
• Menjaga ketahanan pangan negara Belanda dengan menghadirkan lahan pertanian baru
• Meningkatkan managemen perairan dengan merubah bekas delta laut menjadi danau air tawar.

Dengan kebijakan ini terbukalah kesempatan untuk mempercepat mimpinya, pembangunan bendungan menjadi prioritas, dana semakin besar, semua sumber daya menyatu dalam satu fokus semangat kerja. Inilah awal dari sebuah proyek besar yang kelak menjadi salah satu dari Seven Wonder of Modern World.

Setelah puluhan tahun berlalu, mimpi seorang innovator Cornelys Lely kini sudah terwujud. Setelah melewati berbagai musim dan badai yang silih berganti, kini berdiri dengan megah sebuah jaringan bendungan yang menyatukan berbagai pesisir dan menahan deburan air laut. The Delta Works.

Terbentang sepanjang 700km di pesisir pantai, dan melindungi daratan pada delta sungai Rhine – Meuse – Scheldt dengan serangkaian konstruksi yang terdiri dari kombinasi bendungan, pintu air, tanggul dan penahan gelombang badai.

image006
The Delta Works – http://www.diplomatmagazine.nl/

Sepuluh bendungan besar dan tiga penahan gelombang yang dibangun secara bertahap. Bendungan pertama yang dibangun berada di detla Sungai The Hollandse Ijssel, sebelah timur Rotterdam.
Pembangunan bendungan selanjutnya adalah The Ooster Dam (The Oosterschelde Stormvloedkering) yang panjangnya hampir mencapai 11 kilometer dan berada di Schouwen-Duiveland and Noord-Beveland.

image008
The Oosterschelde – http://www.water-technology.net/

Bendungan terakhir yang selesai dibangun adalah The Maeslantkering, dan berada di Nieuwe Waterweg, yaitu kanal yang menjadi gerbang masuk ke Pelabuhan Rotterdam. Tanggul ini menggunakan sistem komputerisasi yang cangih sehingga mampu dioperasikan secara buka tutup. Saat badai laut utara mencapai ketinggian di atas 3 meter, pintu tanggul akan menutup dengan sendirinya.

image009
Maeslantkering – http://en.wikivoyage.org/wiki/Delta_Works

The Delta Works, adalah bendungan besar dengan struktur yang rumit, arsitektur yang modern, dan dengan desain yang melebihi masanya telah membuat Belanda menjadi perhatian dunia. Karena inilah inovasi yang hanya satu-satunya ada di dunia, merupakan sebuah pencapaian tertinggi dalam konstruksi besar di lautan karena dibangun dengan menghadapi arus laut, gelombang dan karakter tanah yang bervariasi. Design dan teknik yang digunakan sangat rumit, penggambaran inovasi dan kerjasama yang kuat antara para ahli, seperti ahli geologist dan insinyur sehingga menghasilkan struktur canggih tapi tetap menyatu dengan tekstur dataran pantai.

Pembuatan struktur bangunan yang menggunakan komponen yang prefabricated untuk kemudian materialnya dipasang kembali di lokasi sebenarnya adalah sebuah terobosan dalam konstruksi open water construction. Berbagai inovasi dan terobosan ini adalah untuk memperhatikan aspek lingkungan dan sosial, sehingga ekologi pantai sekitarnya tidak rusak, kehidupan nelayan sehari-hari tetap berjalan dan arus lalu lintas pelabuhan tetap beroperasi secara biasa.

image011
The Delta Works – http://www.bouwweb.nl/persmap2006/060921keringen.html

The Delta Works ini adalah bangunan besar yang memberi keuntungan bagai lalu lintas laut dan memberi solusi pada banjir abadi yang selalu menghantui Belanda.
Belanda kini tak tenggelam lagi, mengutip pidato Ratu Beatrix pada tahun 1997 saat meresmikan The Delta Works: “De stormvloedkering is gesloten. De Deltawerken zijn voltooid. Zeeland is veilig.” -Penghalang banjir telah tertutup, Deltaworks selesai, Zealand aman-

Sumber:

http://www.deltawerken.com/

http://www.deltawerken.com/Haringvliet-Dam/327.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_Works

http://en.wikipedia.org/wiki/North_Sea_flood_of_1953

http://en.wikipedia.org/wiki/Oosterscheldekering

http://en.wikipedia.org/wiki/Zuiderzee_Works