208. Makan di restoran bisa bikin polusi udara meningkat, kok bisa?

Penulis : RATNA KUSUMANINGRUM
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Naik sepeda ke sekolah, ke kantor, belanja, ngemall bukan hal baru lagi buat orang Belanda. Sepeda memang sudah menjadi moda transportasi populer bagi warga sana. Tapi ini udah bukan hal baru lagi dari Belanda. Apa sich yang baru sebenernya?

Pernahkan kalian menyadari kalau dengan makan di restoran itu, kalian berkontribusi secara tidak langsung sama peningkatan gas rumah kaca (GRK) dan polusi udara? Kok bisa? Jawabannya bisa teman … Polusi udara dan peningkatan emisi GRK ini dihasilkan sama truk-truk pengangkut makanan yang tiap hari menyuplai bahan makanan di restoran-restoran Kota Amsterdam. Kendaraan –kendaraan yang bertugas mendistribusikan bahan makanan ini sudah dianggap mengganggu juga lho. Kenapa? Yang pertama karena kendaraan besar ini bikin macet jalanan kota yang punya lebih banyak sepeda daripada total penduduknya ini. Dari awal, amsterdam memang dirancang dengan jalan yang tidak terlalu lebar, yang hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. Jadi, sekarang ketika mobil dan kendaraan besar lain udah ada, jalanan kota ini jadi stuck karena kehadiran mereka. Yang kedua dan gag kalah penting adalah polusi udara Kota Amsterdam yang sudah berupaya dikurangi dengan bersepeda jadi kurang optimal. Sayang kan kalo masyarakatnya udah capek-capek genjot sepeda tapi mobil tetep wara-wiri.

image002
Gambar 1. Sepeda elektrik dengan box/ Kotak pengangkut di bagian belakang
Sumber: http://popupcity.net/solar-powered-trikes-delivering-food-in-amsterdam/

Untuk itu muncullah inovasi terbaru dari orang kreatif Belanda untuk bikin FOODLOGICA. FOODLOGICA ini mengedepankan konsep distribusi barang terutama bahan makanan lokal ke Amsterdam dengan mengintegrasikan sepeda elektrik dan kapal lewat kanal-kanal Amsterdam yang banyak itu. Penggagasnya Francesca Miazzo berpendapat bahwa sistem distribusi bahan makanan memiliki kontribusi besar dalam pembentukan kota yang resilient. Sungguh sudah sangat maju pemikirannya ya. Miazzo merombak sepeda dengan box atau kotak dibelakangnya untuk mengangkut bahan-bahan makanan ke restoran-restoran di kota yang merupakan tujuan wisata populer ini.

image004
Gambar 2. Gudang sepeda FOODLOGICA yang dilengkapi dengan solar panel
Sumber: http://popupcity.net/solar-powered-trikes-delivering-food-in-amsterdam/

Ide ini mungkin memang tidak sederhana dan butuh waktu yang tidak singkat juga, tapi tujuannya besar buat udara, lingkungan, bumi dan pemanasan global. Tapi konsep ini masih butuh dukungan besar buat dilanjutin karena belum banyak orang yang tau konsep ini dan masih dilakukan di Amsterdam aja. Tentunya bakal sangat luar biasa kalau kota-kota lain di dunia bisa ikut mengadaptasi konsep distribusi ramah lingkungan yang ditawarkan orang-orang Belanda ini. Ide yang kreatif dan sangat bermanfaat kan, kalo mau liat videonya masuk aja ke link ini http://foodlogica.com/ atau disini http://popupcity.net/solar-powered-trikes-delivering-food-in-amsterdam/.

Sumber inspirasi:

http://www.theguardian.com/cities/2014/sep/29/amsterdam-e-trikes-revolutionise-local-food-system

http://popupcity.net/solar-powered-trikes-delivering-food-in-amsterdam/

http://www.psfk.com/2014/10/foodlogica-amsterdam-food-delivery-service.html

http://farmingthecity.net/?p=5692

http://www.fotcp.com/fot/bicycle-food-transport-service-uses-e-tricycles/

http://foodlogica.com/