212. Reducing Air Pollution, Save Millions of Lives

Penulis : Henny Eka Risti Pelawi
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Polusi udara selalu menjadi masalah utama di wilayah perkotaan. Polusi udara tidak hanya terjadi di luar ruangan (outdoor) tapi juga di dalam ruangan (indoor). Proses pembakaran peralatan rumah tangga, kendaraan bermotor, sektor industri dan kebakaran hutan merupakan sumber penyebab polusi udara yang umum terjadi. Polutan-polutan utama yang dihasilkan yaitu karbon monoksida, ozon, nitrogen dioksida dan sulfur dioksida. Polutan-polutan ini menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan dan penyakit lainnya yang berakibat fatal.

Menurut WHO, pada tahun 2012 sekitar 7 juta orang meninggal dunia-1 dari 8 total kematian dunia- disebabkan oleh terpapar polusi udara. Kondisi ini dua kali lebih besar dari perkiraan sebelumnya dan menyatakan bahwa polusi udara menjadi faktor resiko terbesar bagi kesehatan lingkungan. Dengan mengurangi polusi udara maka dapat menjaga kehidupan jutaan manusia.

Negara belanda sebagai salah satu negara dengan berbagai inovasi yang menakjubkan memberikan berbagai hasil penelitiannya untuk mengatasi dan menjaga kualitas udara agar tetap sehat bagi kelangsungan hidup umat manusia. Berbagai teknologi inovasi mengenai penanganan polusi udara yang diciptakan negara belanda telah banyak membantu untuk mengatasi setiap permasalahan tidak hanya untuk negara itu sendiri tapi juga bagi negara lain. Tahun 2013 yang lalu, sejumlah ilmuwan dari Eindhoven University of Technology, Belanda menemukan bahwa pemasangan paving block (bata beton) untuk jalan dan trotoar dapat mengurangi hampir setengah dari polusi udara yang terjadi. Cara ini telah diuji coba pada sebuah blok jalan di kota Hengelo, Belanda. Hasilnya, setelah dilakukan pengukuran selama satu tahun, paving block atau yang disebut juga photocatalytic pavement, diklaim mampu mengurangi nitrogen oksida sampai 45% dalam cuaca ideal dan 19% sepanjang hari. Nitrogen oksida (NOx) adalah sebutan umum untuk mono-nitrogen oksida NO dan NO2 (nitrogen monoksida dan nitrogen dioksida) yang merupakan kelompok gas beracun yang dihasilkan dari reaksi antara nitrogen dan oksigen saat proses pembakaran dalam mesin mobil atau kendaraan bermotor. Gas ini juga yang berperan dalam terciptanya hujan asam serta ozon troposfer.

image001
Photo courtesy of Science Direct/Los Angeles Times

Walaupun inovasi ini memerlukan biaya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan penggunaan paving berbahan beton saja namun diharapakan bisa menjadi satu terobosan baru dalam merancang kota masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Referensi:
1. http://www.who.int/phe/health_topics/outdoorair/database/en/
2. http://www.who.int/topics/air_pollution/en/
3. http://m.tempo.co./read/news/2013/07/13/09749600/Paving-Jalan-Ini-Bisa-Serap-Polusi
4. http://q13fox.com/2013/07/06/to-clean-air-dutch-scientists-invent-pavement-that-eats-smog/